Bijak BerplastikKebaikan Air

Komitmen AQUA Menjaga Kebaikan Alam melalui GrabExpress Recycle

AQUA Grab

Situasi pandemi yang mengharuskan kita berdiam di rumah tidak harus menjadi halangan untuk kita menjaga kelestarian lingkungan. Seiring dengan kemajuan zaman, ada banyak cara baru agar kita bisa tetap mengelola sampah.

Sebagai air mineral Indonesia yang selalu mengalirkan kebaikan bagi masyarakat, Danone-AQUA kini bekerja sama dengan Grab untuk menghadirkan cara mudah kelola sampah dari rumah. GrabExpress Recycle merupakan fitur di mana kita dapat mengirimkan paket sampah untuk didaur ulang secara praktis.

Mengurangi Polusi dan Meningkatkan Ekonomi Sirkular Indonesia

Dengan menggunakan layanan GrabExpress Recycle, kita bisa memesan mitra pengemudi Grab untuk menjemput paket sampah agar diantarkan ke Lokasi Daur Ulang terdekat. Dari situ, sampah tersebut akan dikirim ke Recycling Business Unit (RBU) milik Danone-AQUA untuk diproses menjadi bahan baku yang nantinya akan dibuat menjadi produk baru untuk keperluan sehari-hari.

Sebagai contoh, botol air plastik bekas akan diubah menjadi botol baru AQUA Life, produk AQUA yang kemasannya 100% dibuat dari bahan daur ulang dan dapat didaur ulang lagi. Metode ini akan menjaga bahan plastik untuk selalu diperbaharui. Sehingga, selain kadar polusi yang berkurang, ekonomi sirkular Indonesia juga dapat terus ditingkatkan dengan memberdayakan jutaan masyarakat Indonesia yang bekerja di sektor tersebut.

Komitmen Dua Perusahaan Untuk Mendukung Program Pemerintah

Kerja sama antara Danone-AQUA dan Grab ini merupakan bagian dari komitmen keduanya dalam mendukung program pemerintah untuk mengurangi sampah plastik di laut hingga 70% pada 2025. Menurut laporan Indonesian Marine Debris Hotspots yang dirilis Bank Dunia, Indonesia kini menghasilkan 175.000 ton sampah di mana 14% di antaranya atau 24.500 ton per hari adalah sampah plastik. Sayangnya, 81% sampah di Indonesia belum dikelola dengan baik sehingga sulit untuk didaur ulang atau berakhir di Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Sampah tersebut justru terbuang ke sungai, laut, dan danau dengan jumlah yang cukup besar, yakni mencapai 15% hingga 30%.

“Sebagai pionir dalam memenuhi kebutuhan hidrasi masyarakat Indonesia dan pelestarian lingkungan, AQUA senang dapat bermitra dengan perusahaan terkemuka seperti Grab. Kami berharap dapat menjangkau lebih banyak audiens serta mengedukasi mereka tentang pentingnya mengelola sampah sejak dari rumah,” tutur Corine Tap selaku Presiden Direktur PT Tirta Investama Danone-AQUA. “Melalui kolaborasi ini, kami akan meningkatkan tiga komitmen #BijakBerplastik, yakni Pengumpulan Botol Plastik, Edukasi, dan Inovasi, dengan melibatkan masyarakat sebagai bagian dari solusi untuk Indonesia.”

Ridzki Kramadibrata selaku Presiden Grab Indonesia juga menambahkan, “Kami memiliki visi baru yang ambisius, yakni menggunakan teknologi untuk memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar. Oleh karena itu, kami senang dapat bekerja sama dengan AQUA, air mineral Indonesia yang memiliki komitmen jangka panjang dalam menghadirkan kebaikan bagi masyarakat dan lingkungan. Kolaborasi ini, bersama kampanye #LangkahHijau kami, dapat menjadi kekuatan yang kuat dalam menghadirkan solusi atas masalah yang mendesak di Indonesia.”

Penghargaan Bagi Masyarakat

GrabExpress Recycle memungkinkan mitra pengemudi Grab maupun pengguna layanan terlibat langsung dalam proses daur ulang sampah. Oleh karena itu, ada berbagai bentuk penghargaan yang sudah disiapkan untuk keduanya, seperti bonus promo, poin GrabRewards, hingga kesempatan untuk tur ke lokasi daur ulang untuk mendapatkan pengetahuan lebih dalam mengenai tata kelola sampah di Indonesia. Penghargaan ini bertujuan untuk memperkuat budaya daur ulang di Indonesia, serta memperkenalkan manfaat-manfaat ekonomi yang bisa didapat dari pengelolaan sampah.