5 Manfaat Liburan Bersama Teman & Ide Kegiatannya yang Seru

Hidup Sehat | 27 Oktober 2022

Bagikan:

5 Manfaat Liburan Bersama Teman & Ide Kegiatannya yang Seru

Liburan bersama teman mungkin bisa jadi salah satu ide yang tepat untuk menghilangkan stres dan mencari suasana baru di tengah rutinitas sehari-hari.

Jangan salah, menghabiskan waktu dengan teman-teman ternyata memiliki sejumlah manfaat, lho.

Selain membuat momen liburan jadi menyenangkan, hal tersebut juga mendorong Anda mengenal diri satu sama lain lebih jauh melalui berbagai obrolan sepanjang perjalanan.

Nah, jika Anda berencana melakukannya, berikut ini terdapat sejumlah ide kegiatan dan rekomendasi tempat liburan bersama teman yang bisa Anda coba kunjungi. Yuk simak!

Manfaat Liburan Bersama Teman

Menghabiskan waktu dengan orang terdekat dengan berlibur dan melakukan kegiatan menyenangkan bersama tentu akan menjadi pengalaman yang berkesan.

Bukan hanya tentang tempat yang dikunjungi, banyak juga keuntungan yang bisa diperoleh dengan liburan bersama teman, di antaranya yaitu:

1. Menemukan Suasana Baru

Liburan bersama teman dapat membawa Anda pada ketenangan pikiran dan melepaskan penat yang mengganggu.

Berwisata dan menikmati keindahan alam dapat membuat pikiran menjadi lebih ringan dan mengembalikan lagi semangat untuk menjalani hari.

Terlebih, jika melakukannya bersama teman. Selain bisa membantu membuat pikiran menjadi lebih segar, Anda juga bisa berbagi kebahagiaan dengan mereka.

2. Mengenali dan Memahami Satu Sama Lain

Berlibur di wisata alam atau sekedar staycation di dalam kota bisa membuat Anda lebih mengenal karakter satu sama lain.

Termasuk pada saat mempersiapkan rencana liburan bersama teman, kalian tentu akan banyak berdiskusi dan membuat perencanaan untuk menghabiskan waktu bersama.

Bisa jadi, masih banyak hal yang belum diketahui di antara kalian dan liburan serta diskusi bersama dapat menjadi momen untuk saling mengetahui karakter asli. 

Setelah itu, tentu kalian akan saling memahami serta pertemanan menjadi semakin erat dan akrab. 

Baca juga: Ini Dia 8 Manfaat Liburan untuk Kesehatan Mental dan Fisik

3. Berbagi Pengalaman Hidup

Seiring bertambahnya usia, Anda tentu akan semakin disibukkan oleh berbagai rutinitas yang membuat semakin sulit untuk bertemu dengan orang terdekat.

Anda dapat mengganti waktu yang telah berlalu untuk menghabiskan waktu dengan merencanakan liburan bersama teman.

Melalui liburan, Anda dan teman bisa menghabiskan waktu bersama dengan saling berbagi pengalaman hidup. Dengan begitu, pertemanan akan kembali terjalin erat serta hangat. 

4. Mempererat Solidaritas dan Kekompakan

Liburan bersama teman di lingkungan baru tentu membuat Anda harus lebih berhati-hati.

Banyak hal perlu dipersiapkan untuk menghadapi kondisi serta situasi yang tidak dapat diperkirakan.

Saat melakukannya bersama teman, Anda bisa saling berkoordinasi untuk menemukan jalan yang tepat agar tidak tersesat.

Selain itu, bagi Anda yang sering melupakan sesuatu, bepergian bersama teman yang teliti dan hati-hati akan sangat bermanfaat untuk menjadi pengingat serta memastikan agar tidak ada barang tertinggal.

5. Lebih Hemat Budget

Selain bisa menjadi ajang untuk reuni, liburan bersama teman juga membuat Anda lebih hemat biaya daripada pergi sendiri.

Anda dan teman bisa membagi rata seluruh pengeluaran selama liburan, mulai dari biaya transportasi, tiket masuk, serta penginapan.

Dengan begitu, pengeluaran yang dibutuhkan lebih sedikit dan Anda bisa menghabiskan waktu bersama orang terdekat.

Baca juga: 7 Rekomendasi Tempat Liburan Keluarga yang Seru, Wajib Coba!

Ide Liburan Bersama Teman & Rekomendasi Tempatnya

Berlibur dan bersantai sejenak dengan orang terdekat bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin mengambil jeda dari rutinitas padat sehari-hari.

Meskipun waktunya terbatas, Anda masih bisa memanfaatkan berbagai ide liburan bersama teman secara maksimal, lho.

Berikut ide liburan bersama teman yang asyik dan menyenangkan, di antaranya:

1. Keliling Kota

Berkutat dengan kesibukan sehari-hari mungkin membuat Anda tidak memiliki waktu untuk sekedar mengunjungi tempat-tempat menarik.

Berkeliling kota bisa menjadi pilihan untuk menghabiskan waktu bersama teman. Anda bisa mengunjungi kota-kota wisata seperti Bandung, Yogyakarta, Malang, dan sebagainya.

Banyak tempat liburan bersama teman yang bisa dikunjungi di kota-kota tersebut, mulai dari museum, pantai, air terjun, dan lainnya. 

2. Wisata Kuliner

Wisata kuliner menjadi ide liburan bersama teman yang menyenangkan dan tidak memakan waktu lama. 

Anda bisa mengajak orang terdekat untuk menjelajahi kawasan kuliner, mencicipi berbagai jenis makanan, dan menghabiskan waktu bersama.

3. Piknik

Jika Anda hanya memiliki waktu singkat di akhir pekan dan ingin liburan bersama teman, piknik bisa menjadi pilihan tepat.

Tidak hanya makan bersama, Anda juga dapat mengunjungi tempat-tempat indah, seperti pantai, taman buah, ruang terbuka hijau, dan lainnya.

Anda bisa bercengkrama dan saling menceritakan pengalaman hidup sembari menikmati kudapan yang dibawa.

Meskipun simple, mengunjungi alam dan berpiknik bisa membantu pikiran menjadi lebih tenang.

4. Kemah

Membangun tenda di alam terbuka atau mencoba glamping alias camping dengan fasilitas mewah bisa menjadi ide liburan bersama teman.

Kegiatan ini cocok dilakukan untuk mengisi liburan akhir pekan yang singkat. Anda bisa melakukan berbagai aktivitas agar semakin meriah, mulai dari bakar-bakaran, bermain game, sampai menonton film.

Meskipun sederhana, berkemah bisa menjadi pilihan liburan yang mengesankan bersama teman terdekat.

5. Nonton Konser

Jika Anda dan teman memiliki selera musik yang sama, maka menonton konser bisa menjadi ide liburan menarik.

Jadi, selain bisa menghabiskan waktu bersama teman, Anda juga bisa mewujudkan impian untuk bertemu dengan idola. Menyenangkan, bukan?

Baca juga: 12 Tips Nonton Konser Musik Biar Seru, Pemula Wajib Tahu!

6. Wahana Bermain

Mengunjungi wahana bermain sangat cocok dilakukan untuk Anda yang ingin liburan bersama teman, tetapi hanya memiliki waktu singkat.

Bagi Anda yang senang memacu adrenalin, ada berbagai wahana yang bisa dicoba, seperti flying fox, rollercoaster, histeria, dan lain sebagainya.

Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi wahana bermain yang menantang, seperti rumah hantu jika menyukai sesuatu yang menegangkan.

Menghabiskan waktu singkat di wahana bermain bisa membantu Anda melepaskan penat serta quality time bersama teman.

Tips Liburan Bersama Teman

Sebelum memutuskan untuk liburan bersama teman, Anda harus membuat perencanaan secara matang agar bisa memanfaatkan waktu dengan baik.

Berikut beberapa tips liburan bersama teman yang bisa diterapkan.

  1. Tentukan tempat liburan yang ingin dituju sebelum memutuskan untuk berangkat. Jika ingin mengunjungi sebuah kota, buatlah daftar destinasi tujuan. 
  2. Anda harus memperkirakan pengeluaran selama liburan. Anda bisa membuat daftar seluruh kebutuhan dan perkiraan biaya agar bisa menentukan nominal yang perlu dipersiapkan.
  3. Meskipun bepergian bersama. Anda tetap harus membagi tugas dan tanggungjawab. Tentukan siapa yang akan menjadi pemimpin selama liburan.
  4. Hindari topik pembicaraan sensitif yang bisa menimbulkan pertengkaran. Saling berkompromi untuk membahas barang bawaan, titik kumpul, dan waktu keberangkatan.
  5. Jagalah barang bawaan Anda dan jangan sampai ada yang hilang atau tertinggal.
  6. Bawalah alat dokumentasi untuk mengabadikan momen liburan bersama teman.

Itulah berbagai manfaat beserta ide liburan bersama teman yang bisa Anda coba lakukan.

Selain membuat pengeluaran Anda lebih hemat, pergi berlibur dengan teman-teman juga sangat baik untuk mempererat hubungan satu sama lain.

Last but not least, jangan lupa untuk mempersiapkan diri dan memastikan selalu bawa air putih kapanpun dan kemanapun Anda pergi, ya.

Pasalnya, menghabiskan waktu di luar seperti keliling kota atau pergi berkemah akan cukup menguras tenaga dan membuat tubuh Anda kehilangan banyak cairan.

Jika dibiarkan, Anda berisiko mengalami dehidrasi. Maka dari itu, Anda dianjurkan minum air putih sesering mungkin atau setidaknya 2 liter dalam sehari.

Nah, agar lebih mudah dan praktis, siapkan #AQUADULU yang mempunyai berbagai jenis kemasan, mulai dari 220ml, 330ml, 600ml, hingga 1500ml.

Tak perlu khawatir, kemasan air mineral AQUA bersifat traveling friendly sehingga bisa Anda bawa untuk jenis kegiatan apapun dan tinggal disesuaikan dengan kebutuhan.

Akhir kata, semoga liburan Anda bersama teman menyenangkan dan berjalan lancar tanpa kendala, ya!

Baca juga: 8 Tips Solo Traveling & Alasan Kenapa Harus Dicoba Sesekali

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Pesan AQUA, kami antar. Belanja sekarang!

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut .