Logo AQUA

9 Macam-Macam Senam Energik yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Hidup Sehat | 06 Juni 2024

Bagikan:

9 Macam-Macam Senam Energik yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Senam menjadi salah satu jenis aktivitas fisik yang menyenangkan dan jadi favorit banyak orang. Tahukah Anda bahwa ada macam-macam senam yang bisa dicoba!

Jenis-jenis senam ini punya metode, gerakan, hingga manfaat yang beraneka ragam. Anda bisa memilihnya berdasarkan minat dan tujuan olahraga.

Mau tahu apa saja jenis-jenis senam yang baik untuk kebugaran tubuh? Yuk, simak daftarnya di artikel ini!

Macam-Macam Senam untuk Kesehatan

Senam yang energik dapat membantu Anda menjadi lebih semangat lagi dalam menjalani rutinitas sehari-hari. Berikut ini adalah beberapa jenis senam serta penjelasannya.

1. Senam Aerobik

Senam aerobik menjadi salah satu jenis olahraga yang banyak diminati orang. Pernapasan Anda akan dilatih melalui gerakan berulang yang dilakukan secara berpola.

Senam aerobik dilakukan dengan melakukan gerakan energik dan aktif serta diiringi irama musik yang bertempo cepat.

Untuk melakukan senam aerobik, Anda bisa bergabung dengan tim yang berisi dua, tiga, hingga enam orang atau bisa juga secara individu.

Gerakan yang ada di dalam senam aerobik berfokus pada kekuatan, fleksibilitas, dan kebugaran tubuh.

Meski begitu, jenis senam ini tidak begitu membutuhkan keahlian akrobatik atau keseimbangan seperti macam-macam senam lainnya.

Lakukan senam aerobik dengan durasi 20 hingga 30 menit baik secara individu ataupun berkelompok demi mendapatkan hasil yang efektif.

2. Senam Akrobat

Salah satu diantara macam-macam senam yang ekstrem adalah senam akrobatik.

Jenis senam ini menampilkan beberapa gerakan yang level kesulitannya cukup tinggi seperti berputar di udara atau melakukan salto.

Senam ini menitikberatkan pada kelenturan dan keseimbangan karena dua hal ini akan memengaruhi gerakan yang dilakukan oleh pesenam.

Tingkat kesukaran dan kerumitan dari senam akrobat membuat setiap orang yang ingin melakukannya harus dilatih dengan instruktur profesional.

Meski begitu, jenis-jenis senam seperti ini tetap baik untuk kesehatan tubuh.

Anda yang ingin bisa melakukan senam akrobatik perlu latihan secara rutin demi meningkatkan kelenturan, keseimbangan, dan kekuatan sistem motorik.

3. Senam Kegel

Jenis senam selanjutnya yang bisa Anda coba dan sangat bermanfaat adalah senam kegel.

Senam ini bertujuan untuk melatih dan mengencangkan otot yang ada di panggul bawah.

Karena hanya berfokus pada dasar panggul saja, bagian tubuh lain tidak perlu digerakkan.

Biasanya, wanita yang telah melahirkan dan mengalami gangguan kontrol kandung kemih disarankan melakukan senam kegel sebagai metode terapi.

Tidak hanya itu, senam kegel juga sering dipraktekkan orang-orang untuk mengatasi masalah terkait dengan panggul dan organ intim. 

4. Senam Ritmik

Senam ritmik, seperti namanya, memiliki berbagai jenis gerakan mulai dari melompat, memutar, dan lainnya dengan menggunakan beragam alat bantu senam.

Seorang pesenam ritmik harus melakukan beberapa gerakan yang memanfaatkan peralatan seperti tali, bola, palang sejajar, gelang-gelang, pita, gada, dan sebagainya.

Semua peralatan yang digunakan akan terus digerakkan, entah dengan mengayunkannya di udara atau memutarkannya di sekeliling tubuh.

Sebagai bagian dari macam-macam senam yang ditandingkan di Olimpiade, senam ritmik memerlukan ketangkasan dan daya tahan tubuh yang baik.

5. Senam Rematik

Macam-macam senam yang selanjutnya bermanfaat bagi penderita rematik.

Senam rematik adalah metode penyembuhan dengan latihan gerakan ringan untuk mengurangi nyeri dan kaku pada sendi serta menjaga kesehatan tubuh.

Terdapat delapan gerakan yang ada di dalam senam rematik.

Kedelapan gerakan tersebut adalah koordinasi tubuh, postur badan, keseimbangan tubuh, peregangan otot, gerak sendi, ketahanan otot, serta penguatan jantung dan paru.

6. Senam Artistik

Macam-macam senam lainnya yang dilombakan dalam kompetisi seperti Olimpiade adalah senam artistik.

Gerakan yang dilakukan pada senam ini akan memadukan akrobatik serta tumbling atau serangkaian gerak cepat dan eksplosif di dalam satu garis lurus.

Hal yang berbeda dari senam artistik dibandingkan macam-macam senam kompetisi lainnya adalah dari gerakannya yang melibatkan objek sesuai ketentuan pertandingan.

Misalnya saja seperti balok keseimbangan, palang sejajar, kuda-kuda pelana, serta peralatan lainnya.

Senam artistik memiliki kompetisi yang pesertanya dapat berupa kelompok atau individu. Tentu, keduanya akan memiliki aturan dan sistem penilaian yang berbeda.

7. Senam Zumba

Dari beberapa macam senam, manfaat senam zumba bisa dijadikan metode untuk membakar kalori dan menurunkan berat badan.

Senam ini memiliki sejumlah gerakan yang diatur agar bisa senada dan seirama dengan musik pengiring selama durasi tertentu.

Senam zumba merupakan salah satu olahraga aerobik yang mengandalkan ketahanan atau resistensi tubuh sehingga dapat memperkuat otot, melatih jantung, dan kelenturan.

Cobalah untuk melakukan senam zumba dalam waktu satu jam. Setidaknya, Anda akan membakar antara 360 sampai 532 kalori.

8. Senam Tumbling

Senam tumbling atau power tumbling merupakan jenis olahraga trampolin yang memadukan kecepatan dan gerakan akrobatik.

Ada perbedaan mendasar dengan dengan senam trampolin biasa, yaitu penggunaan beberapa trampolin berukuran lebih kecil dan tersusun dalam sebuah trek lurus sepanjang 25 meter.

Pesenam yang melakukan power tumbling akan melakukan senam dalam dua set. Masing-masing set tersebut akan menampilkan delapan keterampilan.

Jika ingin melakukan power tumbling, Anda perlu melatih koordinasi, kesadaran spasial, kekuatan, dan keseimbangan tubuh dengan sangat baik.

9. Senam Trampolin

Macam-macam senam lainnya yang bisa dicoba adalah senam trampolin.

Jenis senam ini memanfaatkan trampolin untuk melakukan gerakan berupa lompatan ke atas hingga mencapai ketinggian 9 meter.

Terdapat kompetisi dalam senam trampolin yang melombakan lompatan dasar sampai kombinasi gerakan yang rumit demi menghasilkan manuver dan poin.

Pertama kalinya olahraga trampolin dilombakan adalah saat Olimpiade Sydney di tahun 2000 yang menampilkan pertandingan individu putra dan putri.

Nah, itu dia macam-macam senam dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Ada banyak metode yang bisa dicoba.

Sudah tahu jenis senam apa yang sesuai dengan minat Anda? Apapun pilihannya, jangan lupa untuk penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih.

Air putih bermanfaat kesehatan tubuh Anda seperti memelihara ginjal, menurunkan berat badan, hingga mencegah dehidrasi.

Percayakan kebutuhan cairan tubuh Anda dengan AQUA yang telah 49 tahun memproduksi air mineral melalui proses alami dan langsung dari sumber mata airnya.

Gunakan AQUA kemasan 600 ml karena praktis dan mudah dibawa ke mana saja, terutama jika ingin pergi berolahraga dan melaksanakan senam.

Oleh karena itu, selalu ingat untuk #AQUADULU di setiap aktivitas Anda sehari-hari. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa!

Baca juga: Pengertian Senam Lantai, Ini Manfaat & Macam-Macam Gerakannya

Referensi:

  1. 6 Jenis Senam dan Manfaatnya bagi Kesehatan yang Penting Anda Ketahui - Buka
  2. Perlu Keseimbangan dan Fleksibilitas, Ini 6 Macam-Macam Senam - Buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Pesan AQUA, kami antar. Belanja sekarang!

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut .