10 Makanan Indonesia untuk Diet, Sehat dan Bergizi!

Hidup Sehat | 21 September 2022

Bagikan:

10 Makanan Indonesia untuk Diet, Sehat dan Bergizi!

Anda yang sedang menerapkan pola hidup sehat mungkin pernah melakukan diet sesekali, sehingga makanannya perlu dijaga. Jika ingin memvariasikan menu diet, Anda bisa coba  berbagai macam makanan Indonesia untuk diet.

Walaupun kaya akan rasa, ternyata ada beberapa makanan Indonesia yang rendah kalori dan menyehatkan! Apa saja? 

Cek daftar makanan Indonesia untuk diet selengkapnya di bawah ini, ya!

10 Daftar Makanan Indonesia untuk Diet

Makanan Indonesia yang kaya akan rasa menjadikannya sebagai sajian favorit banyak orang. 

Untuk Anda menggemari makanan khas Indonesia namun dalam masa diet, tidak perlu khawatir. 

Lantaran, ada beberapa makanan Indonesia untuk diet yang tetap bisa Anda konsumsi, seperti gado-gado, karedok, hingga soto ayam tanpa lemak.

1. Gado-Gado

Daftar makanan Indonesia untuk diet yang pertama adalah gado-gado. 

Makanan khas Betawi satu ini terbuat dari campuran sayuran hijau, tauge, kentang rebus, telur rebus, tahu, dan lain sebagainya.

Kemudian, campuran bahan utama tersebut diaduk hingga merata ke dalam saus kacang.

Gado-gado biasanya disajikan dengan lontong untuk tambahan karbohidratnya. 

Bagi yang menjadikan gado-gado sebagai menu diet, tambahan lontong tersebut bisa Anda kecualikan, ya.

2. Karedok

Karedok merupakan makanan Indonesia untuk diet yang cara pembuatannya mirip dengan gado-gado. 

Bedanya, karedok menggunakan sayuran segar sebagai bahan utamanya, bukan sayur yang sudah direbus seperti pada gado-gado.

Untuk memperkaya rasa, olahan karedok umumnya ditambahkan dengan bumbu oncom bakar.

Baca juga: 10 Makanan Tradisional Indonesia dengan Cita Rasa Khas

3. Pepes Tahu

Jika bosan dengan menu rendah kalori berupa sayuran, Anda bisa memilih makanan Indonesia untuk diet satu ini, yaitu pepes tahu. 

Pepes tahu merupakan makanan Indonesia rendah kalori yang dibuat dengan cara mengukus campuran tahu dan bumbu rempah di dalam bungkusan daun pisang.

4. Plecing Kangkung

Plecing kangkung merupakan makanan Indonesia untuk diet berikutnya. 

Sajian khas Bali dan Lombok satu ini terbuat dari kangkung rebus yang dipadukan dengan sambal Lombok, terbuat dari campuran tomat, cabai rawit, terasi, garam, serta perasan jeruk limau.

Selain itu, plecing kangkung juga biasa ditambahkan dengan rebusan kecambah atau tauge, kacang panjang, serta kacang tanah goreng. 

Karena itulah, plecing kangkung termasuk ke dalam makanan Indonesia rendah kalori.

5. Tinutuan

Makanan Indonesia rendah kalori selanjutnya berasal dari Manado, yaitu tinutuan. 

Tinutuan adalah makanan khas Indonesia untuk vegetarian yang dibuat dengan mencampurkan bubur nasi serta beberapa sayuran, yaitu bayam, kangkung, jagung, labu kuning, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, Tinutuan juga sering dikenal dengan nama bubur manado.

Tidak heran, bubur tinutuan ini sering dijadikan sebagai menu sarapan untuk diet yang sehat.

6. Pecel Sayur

Hampir serupa dengan gado-gado, pecel sayur disajikan dengan menyiram beberapa macam sayuran rebus menggunakan bumbu kacang.

Namun, hal yang membedakan pecel sayur dengan dengan gado-gado adalah proses pembuatan bumbu kacangnya. 

Kacang yang digunakan untuk membuat bumbu pecel sayur tidak digoreng atau terlebih dahulu seperti pembuatan bumbu kacang pada gado-gado.

Selain itu, sayuran pada gado-gado dicampurkan dengan bumbu kacang secara merata. Di sisi lain, bumbu kacang dalam olahan pecel hanya disiramkan pada sayuran rebus tersebut.

Baca juga: 8 Menu Sarapan Sehat di Pagi Hari, Enak dan Bergizi!

7. Tumis Tahu

Setelah pepes tahu, rekomendasi makanan Indonesia rendah kalori selanjutnya yaitu tumis tahu. Yup, tumis tahu ini bisa Anda jadikan sebagai variasi menu diet.

Biasanya, tumis tahu dibuat dengan mencampurkan potongan tahu, tauge, serta daun bawang sehingga kandungan nutrisinya baik untuk tubuh namun tidak membuat tubuh menjadi gemuk.

Agar semakin menyehatkan, Anda dapat menumis bahan-bahan tersebut menggunakan minyak goreng sedikit mungkin atau menggantinya dengan minyak zaitun.

8. Urap

Urap merupakan makanan Indonesia untuk diet yang dibuat dengan mencampurkan beberapa sayuran rebus, seperti bayam, kangkung, kacang panjang, tauge, hingga daun singkong, dengan kelapa parut serta bumbu rempah lainnya.

Bagi Anda yang vegetarian, urap menjadi makanan Indonesia yang cocok untuk dikonsumsi sehari-hari.

9. Soto Ayam Tanpa Lemak

Soto ayam dibuat menggunakan daging ayam yang direbus pada kuah dengan bumbu rempah, seperti kunyit, jahe, bawang putih, dan lain-lain.

Anda bisa menggunakan daging ayam bagian dada yang rendah lemak namun berprotein tinggi jika ingin menjadikan sajian ini sebagai menu diet.

10. Sayur Asam

Sesuai dengan namanya, sayur asam adalah olahan sayur khas Indonesia yang terbuat dari beberapa sayuran, yaitu potongan labu siam, kacang panjang, jagung, daun melinjo, bumbu asam serta rempah lainnya.

Selain mengontrol berat badan, bumbu asam yang digunakan ini diketahui baik untuk tubuh karena mampu mengontrol kadar gula darah [4].

Nah, itulah tadi beberapa rekomendasi makanan Indonesia untuk diet yang bisa Anda jadikan variasi menu sehat sehari-sehari.

Tidak lupa, diet yang baik juga perlu dibarengi dengan mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh lain, salah satunya yaitu air minum berkualitas.

Maka dari itu, Anda dapat memilih AQUA untuk peneman program diet Anda.

Telah melalui proses pengemasan berstandar tinggi, AQUA menjadi air mineral yang kesterilan dan kualitasnya terjaga hingga ke tangan Anda.

Jadi, jangan lupa #AQUADULU untuk melengkapi menu diet Anda, ya!

Baca juga: 7 Menu Makan Malam Untuk Diet yang Sehat dan Tips Makannya

Referensi:

  1. Lezat dan Bergizi, Ini Rekomendasi Makanan Tradisional yang Sehat - Buka
  2. Perlu Tahu, 7 Menu Makanan Sehat Tradisional - Buka
  3. Tidak Hanya Enak, Makanan Khas Jawa Tengah Ini Juga Kaya Manfaat - Buka
  4. Sayur Asam, Sayur Lezat Banyak Manfaat - Buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.