10 Makanan yang Baik untuk Memelihara Kesehatan Mata

Hidup Sehat | 08 Agustus 2022

Bagikan:

10 Makanan yang Baik untuk Memelihara Kesehatan Mata

Mata merupakan salah satu organ tubuh yang memegang peran sangat vital dalam kehidupan, yaitu memungkinkan Anda mampu melihat berbagai hal.

Agar penglihatan tersebut tetap berfungsi baik, Anda wajib menjaga kesehatan mata, misalnya dengan mengonsumsi makanan bernutrisi.

Adapun jenis-jenis makanan untuk kesehatan mata yang biasanya direkomendasikan ialah buah atau sayuran dengan kandungan antioksidan tinggi.

Pasalnya, seiring bertambah usia, mata akan mengalami penurunan fungsi karena berbagai faktor risiko, seperti paparan sinar UV atau blue light, radikal bebas, dan lain sebagainya.

Untuk mengetahui apa saja makanan untuk kesehatan mata, yuk langsung saja intip rekomendasi selengkapnya di artikel berikut ini!

Rekomendasi Makanan untuk Kesehatan Mata

Salah satu cara menjaga kesehatan mata adalah dengan mengonsumsi makanan tinggi antioksidan untuk mencegah AMD (age macular degeneration) dan katarak.

Antioksidan yang dimaksud terdiri dari mineral maupun vitamin, seperti beta karoten, seng, asam lemak omega-3, lutein, zeaxanthin, serta vitamin A, C, dan E.

Lantas, apa saja makanan untuk kesehatan mata dengan berbagai kandungan nutrisi tersebut? Berikut beberapa contohnya yang bisa Anda coba.

1. Telur

Selama ini, telur dikenal sebagai makanan tinggi protein yang baik bagi kesehatan tubuh.

Namun, di samping itu, telur juga termasuk salah satu makanan untuk kesehatan mata karena memiliki kandungan lutein, zeaxanthin, seng, dan juga vitamin A.

Lutein dan zeaxanthin sendiri dapat mengurangi risiko mata rabun seiring bertambah usia.

Sementara, seng berfungsi menjaga kesehatan mata dan membantu penglihatan Anda jadi lebih baik pada malam hari [1].

Mengonsumsi satu telur selama 5 minggu diketahui dapat meningkatkan kadar serum lutein sebanyak 28% dan zeaxanthin 36%.

Baca juga: 8 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal Agar Fungsinya Tetap Optimal

2. Ikan

Makanan untuk kesehatan mata lainnya adalah ikan, seperti ikan asin, sarden, tuna, dan salmon.

Sejumlah jenis ikan ini mengandung asam lemak omega-3 yang berfungsi menjaga fungsi air mata sehingga mencegah Anda mengalami mata kering.

Tetapi bukan cuma itu, omega-3 ternyata juga bermanfaat baik bagi kesehatan tubuh, mulai dari memelihara sel dan sistem saraf, hingga meningkatkan imunitas.

3. Wortel

Jika berbicara tentang makanan untuk kesehatan mata, wortel adalah salah satu yang tak pernah dilewatkan.

Namun sebetulnya, apa saja nutrisi dan manfaat wortel? Sayur oranye satu ini ternyata memiliki kandungan beta karoten, yakni jenis vitamin A yang berguna menjaga kesehatan retina dan berbagai fungsi mata lainnya.

Cara menyajikannya pun sangat mudah, Anda bisa menggunakannya pada menu makan siang ataupun malam, entah itu sebagai sup, salad, jus, ditumis, dan semacamnya.

4. Sayuran Hijau

Siapa sangka jika sayuran hijau merupakan makanan untuk kesehatan mata. Mungkin selama ini Anda mengira bahwa sayuran hanya digunakan sebagai cara defisit kalori.

Padahal, sayuran hijau menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh secara menyeluruh, termasuk mata.

Sebab, sayuran memiliki kandungan antioksidan yaitu lutein dan zeaxanthin yang memang dikenal bisa membantu mencegah risiko kerusakan pada mata.

Adapun jenis-jenis sayur untuk kesehatan mata antara lain bayam, brokoli, kangkung, kacang panjang, selada, dan lain sebagainya.

Baca juga: 9 Cara Menjaga Kesehatan Jantung, Bisa Dilakukan Sejak Dini!

5. Tomat

Selain bagus untuk menjaga elastisitas kulit, tomat juga menyimpan manfaat baik bagi mata.

Bagaimana tidak, tomat mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin E, serta likopen yang berperan penting terhadap kesehatan mata, seperti mencegah kerusakan retina, menangkal radikal bebas, hingga mempertahankan fungsi penglihatan.

6. Jagung

Rekomendasi makanan untuk kesehatan mata berikutnya adalah jagung. Ya, tak berbeda jauh dari tomat, jagung juga merupakan salah satu sumber zeaxanthin dan lutein yang baik bagi mata.

Bahkan, kandungan lutein pada jagung diketahui dapat meningkat setelah jagung dimasak. Anda bisa mengolahnya menjadi cemilan ataupun menu makan harian yang lezat.

7. Kacang dan Biji-Bijian

Kacang dan biji-bijian kaya akan vitamin E dan asam lemak omega-3, sehingga membuatnya kerap dijadikan sebagai pilihan makanan untuk kesehatan mata.

Vitamin E berfungsi mencegah kerusakan akibat serangan radikal bebas terhadap sel-sel mata yang berisiko menyebabkan gangguan seperti degenerasi makula.

Di sisi lain, vitamin E juga membantu proses pembentukan katarak menjadi lebih lambat.

Adapun jenis kacang atau bijian dengan kandungan vitamin E di antaranya ialah kacang tanah dan kedelai.

8. Pepaya

Apakah Anda pecinta pepaya? Jika iya, maka ini merupakan kabar baik, sebab pepaya merupakan buah untuk kesehatan mata yang direkomendasikan.

Pasalnya, pepaya memiliki semua antioksidan esensial beserta mineral dan vitamin yang baik bagi kesehatan tubuh, termasuk mata.

Adapun kandungan pepaya di antaranya vitamin A, B, dan C, kalium, kalsium, magnesium, flavonoid, beta karoten, serat, protein, likopen, serta karbohidrat.

Baca juga: 7 Cara Menjaga Kesehatan Paru-paru, Rutin Minum Air Putih!

9. Jeruk

Buah untuk kesehatan mata selanjutnya adalah jeruk. Kandungan vitamin C pada buah ini bukan cuma sekadar meningkatkan kekebalan tubuh, tetapi juga menyehatkan mata.

Ya, vitamin C ternyata berperan sebagai antioksidan yang membantu melawan pertumbuhan katarak ataupun degenerasi makula penyebab penurunan fungsi penglihatan.

10. Air Putih

Selain berbagai makanan di atas, air putih merupakan salah satu asupan lainnya yang tak kalah penting dan patut Anda perhatikan.

Anda dianjurkan untuk selalu minum air putih setiap harinya minimal 8 gelas atau setara 2 liter untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh sekaligus menunjang kesehatan mata.

Dengan cukup minum, mata Anda pun juga turut terhindar dari dehidrasi yang berisiko membuat mata kering.

Namun, tentu haruslah mengonsumsi air minum terbaik seperti AQUA yang kemurniannya selalu terjaga bahkan lebih dari 49 tahun.

AQUA merupakan air mineral berkualitas karena diproses melalui ratusan uji kualitas tanpa tersentuh tangan manusia.

Selain itu, AQUA juga selalu memastikan kebaikan alaminya dengan memberikan berbagai perlindungan terhadap sumber air.

Sehingga, kandungan air AQUA sudah pasti steril dari kontaminasi zat berbahaya. Bahkan, air mineral AQUA sudah sesuai dengan rekomendasi BPOM dan SNI. Jadi, jangan ragukan lagu kualitas dan keamanannya ya.

Itu dia berbagai rekomendasi makanan untuk kesehatan mata yang bisa Anda coba di rumah.

Di sisi lain, cobalah periksakan mata Anda secara berkala. Kurangi pula kebiasaan melihat layar gadget terlalu lama yang bisa menyebabkan mata lelah dan kering.

Barengi dengan pola hidup sehat dan minum air putih yang cukup sebagai cara menjaga kesehatan mata Anda.

So, sudah minum #AQUADULU hari ini?:

Referensi:

  1. Makanan yang Baik untuk Menjaga Kesehatan Mata - Buka
  2. 6 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata, Apa Saja? - Buka
  3. 6 Makanan Ini Punya Khasiat Menjaga Kesehatan Mata - Buka
  4. Abdel-Aal, e., Akhtar, H., Zaheer, K., & Ali, R. (2013). Dietary sources of lutein and zeaxanthin carotenoids and their role in eye health. Nutrients, 5(4), 1169–1185. - Buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.