Manfaat Air Mineral pH Tinggi Yang Baik Untuk Tubuh

Kebaikan AirHidup Sehat | 23 Maret 2022

Bagikan:

Manfaat Air Mineral pH Tinggi Yang Baik Untuk Tubuh

Belakangan air alkali mendadak populer. Meski masih menjadi perdebatan, banyak yang yakin banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Terlepas dari itu, manfaat air mineral pH tinggi tersebut sebenarnya sudah bisa diperoleh dengan meminum AQUA.

Air alkali merupakan sebutan yang mengacu terhadap air yang memiliki pH tinggi. Biasanya pH air normal ada di level pH 7, namun pH air alkali berada di atasnya. Menurut standar Badan Pengawas Obat & Makanan dan Standar Nasional Indonesia, Air Minum Dalam Kemasan yang bisa disebut alkali harus memiliki pH antara 8,5 hingga 9,97 (1).

Orang-orang kini banyak yang mengonsumsinya. Mereka percaya bahwa terdapat manfaat air alkali bagi tubuh. Padahal, keampuhannya sesungguhnya masih menjadi perdebatan.

Menurut ahli kesehatan dari University of Calgary di Kanada, Dr Tanis Fenton, dari segi sains, manfaat air mineral pH tinggi sebenarnya belum terbukti nyata. Dikatakannya, riset tentang kegunaan air alkali masih sedikit dan belum dapat dijadikan acuan (2).

Selain itu, air alkali atau pH tinggi tidak bisa meningkatkan pH darah. Konsumsi air alkali atau asam tidak akan mampu mengubah pH darah kecuali jika terdapat gangguan pada ginjal atau paru-paru. Hal yang mungkin berubah hanya pH urin (1).

Meski begitu, memang ada penelitian yang memperlihatkan manfaat air mineral pH tinggi. Namun, kegunaannya hanya spesifik terhadap kondisi tubuh tertentu atau berkaitan dengan masalah fisik khusus (3).

Sebagai contoh berkaitan acid reflux. Pada 2012, ada riset yang menunjukkan manfaat air mineral pH tinggi bagi para penderitanya. Air alkali dengan pH 8,8 ternyata bisa menonaktifkan pepsin, sebuah enzim yang memicu acid reflux (4).

Lalu, ada pula kegunaan yang berkaitan dengan tekanan darah tinggi. Riset di Shanghai (Cina) pada 2016 menunjukkan terdapat penurunan kekentalan darah bagi 100 orang objek penelitian sesudah meminum air pH tinggi. Ini dipercaya bisa berdampak positif bagi penurunan risiko gangguan kardiovaskular (3).

Meski begitu, sejumlah manfaat air mineral pH tinggi tersebut belum dapat dijadikan acuan pasti. Para ahli menyebutkan bahwa masih perlu dilakukan kajian lebih lanjut untuk membuktikannya. Untuk itu, demi menjaga kesehatan tubuh, disarankan untuk minum air putih saja (5).

Perlu diketahui, tubuh memerlukan asupan air demi memperoleh hidrasi sehat. Untuk mendapatkannya, konsumsi air putih sangatlah vital. Sekitar 80 persen cairan tubuh harus didapatkan dari air. Nantinya air akan berguna untuk banyak hal, mulai dari membantu tubuh membentuk sel, mengatur suhu tubuh, melarutkan makanan yang dicerna, melumasi sendi dan bantalan tulang, hingga membuang sisa metabolisme (1).

PILIH AQUA

Agar hidrasi sehat bisa diperoleh, tidak perlu mengeluarkan dana besar untuk mengkonsumsi air alkali yang mahal. Cukup minum AQUA saja. Kecukupan cairan tubuh bisa dijaga dari mengkonsumsi AQUA.

Penting diketahui, kadar pH air AQUA sudah sesuai rekomendasi BPOM dan SNI sehingga aman untuk tubuh(1). Lalu air mineral AQUA berasal dari 17 sumber air pegunungan terpilih di Indonesia. Sumber airnya tersebar dari Sabang hingga Merauke. Dari situlah kebaikan air alami diperoleh bersamaan dengan asupan mineral yang diperlukan tubuh (6).

Karena berasal dari sumber air pegunungan, air AQUA mendapatkan mineral secara alami yang tersaring dari batuan vulkanis. Manfaat mineral bagi tubuh sangat besar. Sebagai contoh magnesium dan kalium akan membantu fungsi kardiovaskuler. Lalu kalium penting bagi sistem saraf dan otot. Sedangkan zinc berguna untuk pembentukan sel dan enzim (1).

Kebutuhan mineral tubuh tersebut dapat dipenuhi dengan meminum air mineral AQUA. Sejumlah mineral bermanfaat akan diperoleh tubuh dan hidrasi sehat juga mampu diraih. Untuk itu, daripada mencari manfaat air mineral pH tinggi yang belum terbukti, lebih baik minum air AQUA.

 


Referensi:

  1. Is alkaline water a miracle cure – or BS? The science is in - buka
  2. Is alkaline water good for you? - buka
  3. Potential benefits of pH 8.8 alkaline drinking water as an adjunct in the treatment of reflux disease - buka
  4. Is alkaline water better for you than plain water? - buka
  5. Kisah Kemurnian Air Dibalik Logo Baru AQUA

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.