12 Manfaat Buah Anggur untuk Kesehatan, Jangan Lewatkan!

Hidup Sehat | 11 Mei 2022

Bagikan:

12 Manfaat Buah Anggur untuk Kesehatan, Jangan Lewatkan!

Di Asia, buah anggur sering kali menjadi pilihan favorit dalam berbagai macam hidangan pencuci mulut. Bukan hanya karena rasanya yang manis dan lezat, makanan yang mengandung vitamin C satu ini juga cocok dijadikan sebagai camilan sehat. Ya, ada begitu banyak manfaat buah anggur untuk kesehatan mengingat kandungannya sangat kaya akan nutrisi.

Sebagai tanaman buah tunggal terbesar yang ditanam di dunia, anggur merupakan sumber asam fenolik, flavonoid, dan resveratrol yang baik, dimana hal ini telah diakui memiliki efek positif terhadap kesehatan tubuh.

Lantas, apa manfaat buah anggur tersebut? Yuk ketahui selengkapnya di artikel berikut!

Manfaat Buah Anggur untuk Kesehatan

Mulai dari buah anggur merah, hitam, maupun hijau menyimpan berbagai khasiat bagi kesehatan. Di bawah ini ialah sejumlah manfaat buah anggur yang harus Anda ketahui.

1. Sumber Nutrisi Penting

Manfaat buah anggur hitam, merah, ataupun hijau adalah sebagai sumber nutrisi dan vitamin yang sangat baik bagi kesehatan Anda. Adapun kandungan nutrisi dari secangkir buah anggur (151 gram) menurut Department of Agriculture Amerika Serikat ialah sebagai berikut [2].

  • 104 Kal Kalori
  • 1.4 g Serat
  • 1.09 g Protein
  • 0.24g Lemak
  • 27.33 g Karbohidrat
  • 23.37 g Gula
  • 288 mg Kalium
  • 4.8 mg Vitamin C
  • 22 mikrogram Vitamin K

Selain itu, buah anggur juga mengandung sejumlah vitamin B, mulai dari B6, riboflavin, tiamin yang bermanfaat untuk perkembangan maupun pertumbuhan.

2. Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut

Buah anggur diketahui mengandung senyawa resveratrol yang memiliki peran dalam melindungi kulit maupun rambut Anda. Oleh karena itu, senyawa tersebut kerap digunakan dalam berbagai produk kosmetik karena mampu memberikan efek perlindungan dari kerusakan UV akibat paparan sinar matahari [1]. Kandungan Vitamin E di dalamnya juga mampu menjaga kulit Anda tetap halus dan terhidrasi.

Lalu, suatu penelitian mengatakan bahwa senyawa resveratrol dalam buah anggur bisa membantu meningkatkan pertumbuhan rambut Anda [1]. Meski demikian, penelitian akan hal ini belum begitu banyak.

Baca juga: 12 Cara Meningkatkan Imun Tubuh Agar Tidak Mudah Sakit

3. Meredakan Peradangan dan Gejala Alergi

Jarang diketahui, salah satu manfaat buah anggur ialah untuk mengatasi gejala alergi maupun peradangan yang disebabkan oleh infeksi, bahan kimia beracun, atau semacamnya. Sebab, buah ini memiliki sifat anti-inflamasi dan antihistamin lantaran senyawa resveratrol dan juga antosianin yang terkandung di dalamnya.

4. Melindungi dari Bakteri dan Jamur

Manfaat buah anggur berikutnya ialah melindungi dari mikroorganisme berbahaya, seperti bakteri dan jamur. Ya, bukan cuma sekadar memberikan perlindungan pada kulit ataupun rambut, senyawa resveratrol dalam anggur juga bersifat antimikroba yang mampu mencegah pertumbuhan bakteri ataupun jamur [1].

Di samping itu, buah mungil satu ini juga dikenal sebagai makanan penambah imun yang mampu menjaga kekebalan tubuh karena kaya akan vitamin C.

5. Membantu Tidur Nyenyak

Tahukah Anda, buah anggur merupakan salah satu makanan sumber alami melatonin, yakni suatu hormon dalam tubuh yang bisa membantu Anda tidur dan mengatur siklusnya. Kandungan melatonin ini sendiri umumnya lebih banyak ditemukan pada bagian kulit anggur. Anda bisa mengonsumsinya pada awal malam bila ingin memperoleh khasiat tersebut.

6. Mengatasi Sembelit

Selain membantu Anda tidur nyenyak, manfaat buah anggur untuk kesehatan ialah mengatasi konstipasi atau sembelit. Kondisi ini umumnya disebabkan oleh dehidrasi, sehingga memerlukan makanan tinggi serat dan cairan untuk meredakannya. Nah, anggur bisa Anda pilih sebagai solusi mengingat buah ini mengandung serat serta 81% air [1].

7. Meningkatkan Kesehatan Otak dan Daya Ingat

Manfaat buah anggur hijau atau merah lainnya ialah meningkatkan kesehatan otak serta daya ingat. Bahkan bukan cuma itu, mengonsumsi buah anggur setiap harinya juga bisa membantu membangun suasana hati, perhatian, kemampuan bahasa dan kognitif.

Baca juga: 8 Menu Sarapan Sehat, Praktis, dan Enak Agar Tubuh Berenergi

8. Menjaga Kesehatan Mata

Menjaga kesehatan mata dan meningkatkan kinerja visual merupakan salah satu manfaat buah anggur merah. Pada sebuah penelitian, senyawa resveratrol yang ada dalam buah anggur dinilai mampu melindungi sel retina dari sinar UVA [1].

Sementara, lutein dan zeaxanthin yang ada pada buah anggur membantu menurunkan risiko terjadinya sejumlah penyakit mata terkait usia, seperti degenerasi makula dan katarak.

9. Memiliki Efek Antikanker

manfaat buah anggur untuk kesehatan lainnya ialah menurunkan risiko beberapa jenis kanker. Bagaimana tidak, buah ini sangat kaya akan antioksidan, mulai dari anthocyanin, quercetin, dan juga catechin  yang mampu mengatasi peradangan sekaligus mencegah pertumbuhan sel kanker.

10. Menjaga Kesehatan Jantung

Layaknya khasiat kacang almond, buah anggur juga bisa menjadi makanan sehat untuk jantung. Efek penghambatan fenolat anggur pada agregasi platelet adalah salah satu mekanisme yang diterima dalam perlindungan jantung.

Lalu, kandungan mineral dan antioksidan yang cukup tinggi di dalamnya mampu mengontrol tingkat tekanan darah sekaligus menurunkan kadar kolesterol tinggi. Hal ini tentu saja dapat membantu menjaga kesehatan jantung secara optimal.

11. Mengontrol Kadar Gula Darah

Di samping itu, manfaat buah anggur untuk kesehatan yang tak kalah penting ialah membantu mengontrol kadar gula darah. Oleh karenanya, jika Anda adalah penderita diabetes, buah ini bisa jadi pilihan menu sarapan sehat yang sempurna. Akan tetapi, disarankan untuk mengonsumsinya dalam jumlah sedang dan tidak berlebihan.

12. Sebagai Menu Diet Sehat

Manfaat buah anggur merah, hijau ataupun hitam yang terakhir ialah sebagai menu diet sehat dan sederhana. Ya, beragam kandungan nutrisi di dalam buah anggur tentu akan sangat sayang bila dilewatkan begitu saja. Apalagi buah mungil satu ini kaya akan serat yang bisa meningkatkan metabolisme sehingga membantu program diet sehat Anda.

Anda bisa mengonsumsinya sebagai jus atau bahkan dipadukan bersama hidangan penutup lainnya agar terasa lebih lezat dan menyehatkan.

Baca juga: 12 Sumber Makanan yang Mengandung Vitamin D Tinggi, Apa Saja?

Demikianlah pembahasan mengenai apa manfaat buah anggur untuk kesehatan yang patut Anda ketahui. Sangat banyak, bukan? Selain itu, perlu Anda pahami pula bahwa menjaga kesehatan tidak hanya sekedar dari makanan yang Anda konsumsi namun juga pola hidup sehat dengan rutin minum air putih.

Jangan salah, mencukupi kebutuhan air harian merupakan hal penting agar tubuh dapat bekerja secara optimal setiap harinya. Sebab, kekurangan cairan berisiko menyebabkan dehidrasi hingga masalah kesehatan lainnya. Oleh karena itu, yuk selalu seida #AQUADULU kapanpun dan dimanapun!

Referensi:

  1. The Top 16 Health Benefits of Grapes - Buka
  2. A Detailed Guide to Eating Grapes and Reaping Their Possible Health Benefits - Buka
  3. Yang, Jun; Xiao, Yang-Yu (2013). Grape Phytochemicals and Associated Health Benefits. Critical Reviews in Food Science and Nutrition, 53(11), 1202–1225. doi:10.1080/10408398.2012.692408

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.