8 Manfaat Buah Apel untuk Kesehatan yang Patut Anda Ketahui

Hidup Sehat | 30 Mei 2022

Bagikan:

8 Manfaat Buah Apel untuk Kesehatan yang Patut Anda Ketahui

Buah apel merupakan salah satu buah paling populer dan kerap dipilih sebagai bagian dari menu sarapan sehat dan bergizi. Bagaimana tidak, manfaat buah apel untuk kesehatan diketahui dapat mencegah berbagai serangan penyakit karena segudang nutrisi yang dikandungnya. Maka dari itu, jangan heran jika ketika sakit Anda dianjurkan mengonsumsi buah satu ini.

Lantas, apa manfaat buah apel bagi tubuh? Untuk selengkapnya, yuk simak sampai habis ulasan di bawah ini!

Kandungan Nutrisi Buah Apel

Apel pada dasarnya bukan hanya berwarna merah, namun ada pula yang memiliki warna hijau atau sedikit kekuningan. Tiap apel tersebut mengandung sejumlah nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Adapun kandungan nutrisi tersebut dalam setiap 100 gram apel ialah sebagai berikut.

  • 58 Kalori
  • 84,1 gr air
  • 14,9 gr karbohidrat
  • 2,6 gr serat
  • 0,3 gr protein
  • 90 mg vitamin A
  • 0,04 mg vitamin B1
  • 0,03 mg vitamin B2
  • 5 mg vitamin C
  • 130 mg kalium
  • 10 mg fosfor
  • 6 mg kalsium
  • 2 mg natrium
  • 0,3 mg zinc
  • 124,2 mg tembaga

Manfaat Buah Apel untuk Kesehatan

Melihat sederet nutrisi di atas, berikut berbagai manfaat buah apel bagi tubuh yang bisa Anda peroleh apabila mengonsumsinya secara rutin.

1. Menurunkan Berat Badan

Manfaat buah apel merah yang pertama ialah membantu menurunkan berat badan. Seperti Anda lihat sebelumnya, apel memiliki kandungan serat dan air yang diketahui berfungsi menjaga kesehatan pencernaan sekaligus membuat Anda lebih cepat merasa kenyang. Oleh karena itu, buah apel cocok Anda jadikan sebagai camilan diet sehat untuk menurunkan berat badan.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Di samping manfaat buah apel bagi pencernaan tersebut, buah ini juga berkhasiat mencegah risiko penyakit jantung. Pasalnya, apel mengandung serat larut yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah [1]. Hal tersebut pada akhirnya akan menjaga kesehatan jantung Anda dengan lebih baik.

Bahkan buka cuma itu, senyawa polifenol di dalam apel yang bekerja sebagai antioksidan juga diketahui dapat menurunkan tekanan darah [1]. Biasanya, kandungan ini diperoleh dari bagian kulit apel. Sehingga ada baiknya Anda tidak mengupas bagian kulit melainkan langsung saja memakannya dalam keadaan bersih.

Baca juga: 12 Manfaat Buah Anggur untuk Kesehatan, Jangan Lewatkan!

3. Mencegah Diabetes

Senyawa polifenol yang terkandung di dalam apel juga diketahui mampu menurunkan risiko diabetes tipe 2 [1]. Kandungan tersebut secara efektif membantu mencegah terjadinya kerusakan jaringan dan juga sel beta di pankreas Anda. Selain itu, polifenol memiliki efek anti inflamasi yang berperan mengurangi resistensi insulin penyebab diabetes.

Sedangkan, kandungan serat di dalamnya membantu penyerapan gula di usus yang kemudian berkontribusi dalam menurunkan gula darah hingga akhirnya mencegah diabetes.

4. Mencegah Kanker

Tahukah Anda, salah satu manfaat buah apel merah ialah membantu menurunkan berbagai risiko kanker, mulai dari kanker payudara, paru-paru, bahkan hingga pencernaan. Sebab, apel memiliki kandungan antosianin yang berperan sebagai antiradang dan juga antikanker. Kandungan ini pula yang menyebabkan apel didominasi warna merah.

5. Menjaga Kesehatan Tulang

Menjaga kesehatan tulang merupakan manfaat buah apel bagi tubuh selanjutnya. Berbagai jenis mineral seperti kalium dan zat besi yang terkandung dalam buah apel berguna dalam menjaga kepadatan serta kekuatan tulang Anda.

Tak hanya itu, seiring bertambahnya usia, massa tulang Anda tetap akan terjaga karena peran dari senyawa anti inflamasi dan antioksidan di dalam apel.

6. Mengatasi Penyakit Asma

Jika Anda merupakan penderita penyakit asma, mungkin buah satu ini bisa Anda masukkan dalam daftar menu makan harian Anda. Pasalnya, kandungan antioksidan dan juga anti inflamasi di dalam buah apel mampu melindungi tubuh dari reaksi alergi seperti serangan asma. 

Antioksidan pada apel juga berfungsi menangkal efek buruk radikal bebas yang mengakibatkan kerusakan sel dalam tubuh. Hal ini pada akhirnya melindungi paru-paru Anda dari kerusakan oksidatif penyebab penyakit asma.

7. Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

Manfaat buah apel untuk kesehatan lainnya adalah meningkatkan sistem imunitas tubuh. Ya, sebagian dari Anda pasti sering melihat orang-orang diberikan sebungkus buah apel ketika sedang sakit. Ini karena apel dipercaya mampu meningkatkan kekebalan tubuh karena efek anti inflamasi serta kandungan vitamin C yang dimilikinya.

Baca juga: 8 Manfaat Kacang Almond untuk Kesehatan yang Kaya Antioksidan

8. Mencegah Penyakit Alzheimer

Jarang diketahui, manfaat buah apel hijau ialah mencegah gangguan kognitif seperti alzheimer. Tak dapat dipungkiri, apel mengandung flavonoid yang berguna mencegah terjadinya kerusakan oksidatif. Di samping itu, apel juga diketahui mengandung sifat anti alzheimer lainnya [3].

Demikianlah sederet manfaat buah apel bagi tubuh yang perlu Anda ketahui. Bukan hanya karena khasiatnya semata, buah ini menjadi favorit banyak orang juga karena rasanya yang lezat, manis, dan tentunya cocok untuk diet.

Nah, di samping itu, jangan lupa imbangi konsumsi buah sehat satu ini dengan rutin minum air putih yang cukup. Sebab, walaupun buah apel dapat menjaga kesehatan, namun tentu saja hal tersebut tak akan berarti apabila asupan cairan tubuh Anda tidak terpenuhi dengan baik.

Jangan salah, rutin mengonsumsi air putih nyatanya juga menyimpan segudang manfaat yang tak kalah penting dari jenis makanan lainnya, mulai dari menjaga kesehatan ginjal, jantung, serta organ tubuh lainnya. Maka dari itu, pastikan selalu sediakan #AQUADULU di rumah agar kesehatan dan fungsi tubuh tetap optimal setiap hari.

AQUA sendiri merupakan air mineral berkualitas yang berasal dari sumber air pegunungan pilihan dan telah melalui proses penyaringan alami oleh lapisan batuan vulkanis. Kemurnian air AQUA diketahui selalu terjaga karena proses pengemasannya melewati 400 tahap uji sebelum didistribusikan hingga ke tangan Anda.

Nah, untuk mendapatkan AQUA pun sangat mudah. Anda tinggal mengunjungi minimarket terdekat atau memesannya melalui layanan AQUA Home Service (AHS). Dengan harga terjangkau yaitu Rp1.000 per liter, Anda sudah bisa mengonsumsi air mineral berkualitas seperti AQUA setiap hari!

Referensi:

  1. 8 Impressive Health Benefits of Apples - Buka
  2. Buah Apel, Si Manis Dengan Segudang Manfaat Mengejutkan - Buka
  3. Nutritional benefits of apples - Buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.