10 Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Hidup Sehat | 09 Agustus 2022

Bagikan:

10 Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Siapa sangka, buah naga yang memiliki bentuk unik berwarna ungu kemerahan ini ternyata menyimpan segudang khasiat bagi tubuh, lho! Yup, selain lezat, manfaat buah naga juga sangat baik untuk kesehatan.

Salah satu khasiat buah naga tersebut adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Simak penjelasan lebih lengkapnya berikut ini.

Kandungan Buah Naga

Buah naga atau pitaya terdiri dari beberapa jenis. Di Indonesia, jenis buah yang umum ditemukan ialah buah naga merah dan buah naga putih. Meski jenisnya berbeda, namun kandungan di dalamnya hampir sama.

Menurut Data Komposisi Pangan Indonesia, dalam 100 gram buah naga merah mengandung zat gizi sebagai berikut:

  • Air 85,7 gr
  • Energi 71 kal
  • Protein 1,7 gr
  • Lemak 3,1 gr
  • Karbohidrat 9,1 gr
  • Serat 3,2 gr
  • Abu 0,4 gr
  • Kalsium 13 mg
  • Natrium 10 mg
  • Kalium128 mg
  • Fosfor 14 mg
  • Zat besi 0,4 mg
  • Zinc 0,4 mg
  • Vitamin B1 0,5 gr
  • Vitamin B2 0,3 mg
  • Niasin atau vitamin B3 0,5 mg
  • Vitamin C 1 mg
  • Vitamin E dan Magnesium

Selain itu, buah naga juga mengandung likopen, di mana merupakan senyawa dari kelompok karotenoid yang memberikan warna merah pada buah. Likopen ini bersifat antioksidan sehingga dapat membantu menangkal radikal bebas yang menjadi penyebab munculnya berbagai penyakit.

Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan

Nah, beragam kandungan di atas bisa memberikan manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Adapun deretan manfaat buah naga antara lain sebagai berikut.

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat buah naga merah untuk kesehatan adalah bisa meningkatkan imun tubuh lantaran buah naga mengandung vitamin C dan senyawa antioksidan. Senyawa tersebut dapat membantu mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas.

2. Membuat Kulit Kencang dan Elastis

Tak hanya berperan mencegah kerusakan sel, antioksidan yang ada di dalam buah naga juga turut berperan dalam membuat kulit Anda kencang dan elastis. Ditambah vitamin C di dalamnya mampu meningkatkan produksi kolagen. Sehingga manfaat buah naga untuk kesehatan bisa membantu menjaga kulit Anda terlihat sehat dan muda.

3. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Manfaat buah naga selanjutnya yaitu dapat menjaga kesehatan pencernaan. Pasalnya, buah naga termasuk buah yang kaya akan serat sehingga mengonsumsinya bisa membantu tubuh mengontrol gerakan usus dan mencegah terjadinya sembelit atau konstipasi.

Selain itu, buah naga juga memiliki kandungan oligosakarida, salah satu jenis prebiotik yang baik untuk pencernaan Anda.

Baca juga: 8 Cara Merawat Organ Pencernaan Secara Alami, Praktikkan Yuk!

4. Menjaga Kesehatan Tulang

Jenis mineral dalam buah naga seperti magnesium, kalsium, dan fosfor sangat bermanfaat guna menjaga kepadatan tulang. Selain itu, kalsium juga diperlukan oleh organ, otot, dan saraf supaya bisa berfungsi dengan baik.

Dilansir dari Food Revolution Network, secangkir buah potongan buah naga yang mengandung 80 mg magnesium mampu memenuhi seperempat dari rekomendasi harian minimum [1].

5. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Meningkatkan kesehatan jantung juga termasuk manfaat buah naga putih maupun merah yang sayang dilewatkan. Sebab kandungan likopen, betalain, serta serat di dalamnya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik yang mencegah pembentukan plak pada pembuluh darah yang menyebabkan stroke.

Selain itu, biji buah naga juga kaya akan lemak omega-3 dan omega-9 yang baik untuk menjaga kesehatan jantung.

6. Menurunkan Berat Badan

Serat yang terkandung dalam buah naga baik dikonsumsi untuk membantu Anda menurunkan berat badan. Pasalnya, buah kaya serat akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama sehingga mampu menekan nafsu makan. Anda bisa menjadikan buah naga sebagai camilan sehari-hari yang menyehatkan.

7. Mengurangi Risiko Kanker

Senyawa antioksidan memang memiliki banyak khasiat, termasuk membantu mengurangi risiko kanker. Beberapa penelitian menyatakan bahwa mengonsumsi makanan mengandung likopen dapat mengurangi risiko kanker paru, kanker payudara, dan kanker prostat. Hal ini menjadi khasiat buah naga yang sayang dilewatkan.

Baca juga: 8 Manfaat Buah Apel untuk Kesehatan yang Patut Anda Ketahui

8. Mencegah Anemia

Manfaat buah naga untuk kesehatan berikutnya yaitu mencegah anemia. Ini dikarenakan kandungan zat besi di dalamnya yang berperan dalam proses produksi sel darah merah. Jika tubuh kekurangan zat besi, maka produksi sel darah merah dapat terganggu sehingga menyebabkan Anda mengalami anemia.

9. Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

Buah naga juga baik dikonsumsi oleh ibu hamil lantaran saat mengandung, seorang ibu membutuhkan berbagai nutrisi, mulai dari zat besi, kalsium, vitamin B, vitamin C, dan sebagainya.

Zat besi berfungsi membantu sel darah merah untuk mengalirkan oksigen ke janin. Sementara vitamin C dan kalsium bermanfaat dalam memperkuat gigi dan tulang, serta vitamin B dapat mencegah bayi cacat lahir. Di samping itu, manfaat buah naga pada ibu hamil juga bisa membantu mengatasi sembelit.

10. Mengurangi Jerawat

Selain mencegah tanda-tanda penuaan, manfaat buah naga lainnya yaitu mengurangi jerawat. Anda bisa mendapatkan manfaat ini dengan menjadikannya sebagai masker.

Caranya, hancurkan buah naga menjadi bentuk pasta. Lalu oleskan pada wajah yang terdapat jerawat. Diamkan beberapa saat kemudian bilas dengan air. Agar hasilnya optimal, gunakan dua kali sehari sampai radang berkurang.

Itu dia sejumlah manfaat buah naga untuk kesehatan yang penting Anda ketahui. Bila ingin mendapatkan semua manfaat tersebut, Anda bisa memasukkannya ke dalam menu harian Anda. Namun, tetap batasi konsumsinya agar tidak berlebihan, ya.

Di samping makan buah naga, cara lain untuk menjaga kesehatan tubuh ialah dengan minum air putih secara rutin. Pasalnya, air putih juga memiliki peran penting bagi tubuh di antaranya menjaga suhu tubuh tetap optimal, menjaga kesehatan kulit, melancarkan sistem pencernaan, dan masih banyak lagi.

Yuk bijak dalam memilih air minum yang dikonsumsi dengan menjadikan AQUA sebagai teman aktivitas Anda. AQUA adalah pelopor air mineral berkualitas di Indonesia yang sudah lebih dari 49 tahun menjaga kemurniannya sampai ke tangan Anda.

AQUA hadir dalam berbagai macam kemasan, mulai dari gelas plastik 220 ml, botol plastik 330 ml, 600 ml, 750 ml, dan 1500 ml yang mudah dibawa ke mana saja. Serta kemasan galon 19 liter untuk mencukupi kebutuhan hidrasi Anda dan keluarga di rumah.

Rasakan kesegaran air mineral terbaik pegunungan pilihan dengan minum #AQUADULU setiap hari!

Baca juga: 9 Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan Tubuh, Mata & Kulit

Referensi:

  1. What is Dragon Fruit? 9 Reasons to Eat This Fascinating Tropical Fruit - Buka
  2. 15 Manfaat Buah Naga yang Mungkin Belum Anda Ketahui - Buka
  3. Ini Dia Segudang Manfaat Buah Naga - Buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.