8 Manfaat Kurma untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

Tips Ramadhan | 25 April 2022

Bagikan:

8 Manfaat Kurma untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

Selama ini, kurma mungkin lebih banyak dikenal sebagai salah satu pilihan takjil buka puasa dengan rasanya yang manis legit, sehingga cocok menjadi menu buka puasa didampingi dengan AQUA. Namun sebenarnya, adakah manfaat kurma untuk kesehatan? Ya, di balik kelembutan dagingnya, kurma menyimpan sejumlah nutrisi penting yang baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh serta mencegah berbagai penyakit.

Kali ini, AQUA akan merangkum beberapa manfaat kurma untuk puasa maupun bagi kesehatan secara umum. Jadi bagi Anda yang penasaran apa manfaat kurma, simak terus artikel berikut hingga akhir, ya!

8 Manfaat Kurma untuk Kesehatan Tubuh

Dilihat dari berbagai kandungan gizinya, sebaiknya jangan lewatkan beberapa manfaat kurma untuk kesehatan, seperti:

1. Merupakan sumber nutrisi yang baik

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, kurma mengandung sejumlah nutrisi baik [1]. Salah satu faktor penyebabnya yaitu karena saat dikeringkan, kurma memiliki kandungan kalori yang lebih tinggi daripada kebanyakan buah segar lainnya.

Perlu diketahui, sebagian besar kalori dalam kurma berasal dari karbohidrat. Sementara sisanya berasal dari jumlah protein yang sangat kecil. Namun terlepas dari kalorinya, manfaat kurma mengandung beberapa vitamin dan mineral penting selain sejumlah besar serat. Sebagai catatan, 100 gram kurma menyediakan sejumlah nutrisi seperti [1]:

  • Kalori: 277 kkal
  • Karbohidrat: 75 gram
  • Serat: 7 gram
  • Protein: 2 gram
  • Kalium: 20% dari AKG
  • Magnesium : 14% dari AKG
  • Tembaga: 18% dari AKG
  • Mangan: 15% dari AKG
  • Zat besi: 5% dari AKG
  • Vitamin B6: 12% dari AKG

2. Mengandung antioksidan tinggi

Kurma mengandung berbagai antioksidan yang memiliki sejumlah manfaat kesehatan, termasuk pengurangan risiko beberapa penyakit. Antioksidan adalah senyawa pelindung sel dari radikal bebas. Bahkan dibandingkan dengan jenis buah serupa seperti buah ara dan plum kering, kandungan antioksidan dalam kurma merupakan yang tertinggi [1].

Maka dari itu, ditemukan bahwa salah satu manfaat kurma untuk buka puasa yaitu dapat membantu meningkatkan energi sekaligus menjaga sistem pencernaan tubuh. Hal tersebut tak mengherankan sebab kurma menyediakan antioksidan berupa [1]:

  • Flavonoid: Merupakan antioksidan kuat yang dapat membantu mengurangi peradangan dan mengurangi risiko diabetes, penyakit alzheimer, dan beberapa jenis kanker tertentu.
  • Karotenoid: Sejenis antioksidan yang telah terbukti mampu meningkatkan kesehatan jantung dan juga dapat menurunkan risiko gangguan terkait mata, seperti degenerasi makula.
  • Asam fenolik: Antioksidan yang banyak dikenal karena sifat anti-inflamasinya. Secara lebih lanjut, asam fenolik dapat membantu menurunkan risiko kanker dan penyakit jantung.

3. Memiliki serat yang tinggi

Dengan kandungan serat sebesar 7 gram per 100 gram-nya, tak mengherankan jika kurma menjadi salah satu sumber serat yang cukup direkomendasikan oleh para ahli kesehatan. Dalam hal ini, manfaat kurma untuk kesehatan pencernaan adalah bagi kesehatan pencernaan adalah mencegah sembelit [1].

Akibatnya, proses buang air besar (BAB) Anda pun semakin lancar. Fakta tersebut juga didukung oleh sebuah penelitian pada 21 orang yang mengonsumsi 7 buah kurma per hari selama 21 hari mengalami peningkatan frekuensi BAB yang signifikan dibandingkan dengan mereka yang tidak makan kurma [1].

Baca juga: 12 Makanan Tinggi Serat, Bikin Kenyang dan Pencernaan Sehat!

4. Meningkatkan kesehatan otak

Dalam sebuah studi laboratorium yang dilakukan peneliti, ditemukan bahwa salah satu manfaat kurma yaitu untuk menurunkan penanda inflamasi, seperti interleukin 6 (IL-6), di otak [1]. Dimana tingkat IL-6 yang tinggi dikaitkan dengan risiko penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer.

Manfaat kurma yang berkaitan dengan peningkatan kesehatan otak ini berhubungan dengan adanya kandungan antioksidannya yang diketahui dapat mengurangi peradangan, termasuk flavonoid [1].

5. Merupakan sumber pemanis alami

Kurma adalah sumber fruktosa yaitu sejenis gula alami pada buah. Itulah sebabnya, kurma sangat manis dan terasa seperti karamel yang halus. Dalam hal ini, manfaat kurma yaitu sebagai alternatif gula putih yang sehat karena kandungan nutrisi, serat dan antioksidannya [1].

6. Melancarkan persalinan

Hingga kini, manfaat kurma juga telah dipelajari untuk membantu meringankan persalinan terlambat pada wanita hamil. Diketahui, konsumsi kurma selama beberapa minggu terakhir kehamilan dapat meningkatkan pelebaran serviks dan menurunkan kebutuhan akan persalinan yang diinduksi [2].

Dalam sebuah penelitian, 69 wanita yang mengonsumsi 6 kurma per hari selama 4 minggu lebih mungkin untuk melahirkan secara alami dan dalam waktu lebih cepat daripada mereka yang tidak memakannya [1].

Sebagai catatan, oksitosin adalah hormon yang menyebabkan kontraksi persalinan saat melahirkan. Selain itu, kurma juga mengandung tanin, yaitu senyawa yang telah terbukti membantu proses kontraksi [1].

Kurma juga merupakan sumber gula dan kalori alami yang diperlukan untuk mempertahankan tingkat energi selama persalinan [1]. Di sisi lain, dapat dikatakan pula bahwa salah satu manfaat kurma untuk buka puasa yaitu mengembalikan tingkat energi Anda.

7. Mengontrol kadar gula darah

Belum banyak diketahui, manfaat kurma juga berpotensi membantu pengaturan gula darah dalam tubuh karena kandungan indeks glikemik, serat, dan antioksidannya yang tinggi. Dengan demikian, manfaat kurma saat puasa maupun hari biasa akan sangat berguna bagi para penderita diabetes.

Baca juga: Ini Cara Menurunkan Gula Darah dengan Air Putih Secara Alami

8. Menguatkan tulang

Tahukah Anda, kurma mengandung beberapa mineral, termasuk fosfor, kalium, kalsium, dan magnesium yang diketahui dapat membantu menguatkan tulang. Oleh karena itu, manfaat kurma saat puasa ataupun di waktu lain sering dikaitkan dengan pencegahan yang berhubungan dengan tulang seperti osteoporosis [1].

Kini, Anda sudah tahu bukan apa manfaat kurma untuk kesehatan tubuh? Kesimpulannya, berkat kandungan sejumlah nutrisi pentingnya, kurma menyimpan berbagai manfaat yang baik untuk kondisi kesehatan. Namun pastinya, hal tersebut juga harus diimbangi dengan terpenuhinya kebutuhan cairan tubuh sehari-hari.

Nah untuk itu, pastikan untuk selalu minum #AQUADULU minimal 2 liter atau sebanyak 8 gelas per hari untuk menjaga cairan tubuh. Pilihlah air mineral berkualitas seperti AQUA dengan 3 perlindungan yang telah terjaga kemurniannya selama lebih dari 48 tahun. Akhir kata, semoga artikel tentang manfaat kurma ini dapat menambah wawasan Anda, ya!

Referensi:

  1. 8 Proven Health Benefits of Dates - Buka
  2. Effect of Dates in Late Pregnancy on the Duration of Labor in Nulliparous Women - Buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.