4 Manfaat Lari Sore bagi Kesehatan Tubuh yang Perlu Diketahui

Kebaikan AirHidup Sehat | 22 Maret 2022

Bagikan:

4 Manfaat Lari Sore bagi Kesehatan Tubuh yang Perlu Diketahui

Banyak orang menyukai olahraga lari karena menyenangkan dan praktis dilakukan. Nah biasanya, ada dua waktu yang disukai oleh para pelari, yaitu saat pagi dan sore. Anda mungkin penasaran apa manfaat lari sore rutin bagi kesehatan tubuh. Sebenarnya, adakah bedanya dengan manfaat lari pagi?

Secara umum, lari memang mampu meningkatkan pembakaran kalori dalam tubuh dan mempertahankan kesehatan jantung. Kenali apa manfaat lari sore rutin selengkapnya dalam artikel berikut ini.

Perbedaan Manfaat Lari Sore, Pagi, dan Malam

Anda mungkin pernah bertanya-tanya tentang perbedaan manfaat lari sore, pagi, dan malam. Berikut penjelasan tentang perbedaan manfaat lari sore bila dibandingkan waktu-waktu lain

Malam

Beberapa orang biasanya hanya memiliki waktu senggang di malam hari, tepatnya setelah seharian bersekolah atau bekerja. Berlari di malam hari bisa membantu Anda untuk mengurangi stres dan mengatasi masalah tidur dengan cara yang lebih positif. 

Selain itu, hormon tirotropin yang bertanggung jawab untuk metabolisme energi akan diproduksi tubuh secara maksimal di malam hari dan juga hormon kortisol yang diproduksi maksimalnya beberapa menit sebelum tidur. Jadi dengan berlari di malam hari, tubuh Anda akan meresponnya secara lebih energik dan reaktif.

Sore

Ini merupakan salah satu waktu lari paling populer yang disukai banyak orang. Tak hanya itu, sore hari juga termasuk masa di mana paru-paru bekerja enam persen lebih baik dibandingkan waktu lainnya [1].

Selain suhu yang lebih sejuk untuk memaksimalkan proses evaporasi pada tubuh (proses kehilangan panas tubuh akibat menguapnya keringat di kulit atau pakaian), sinar matahari sore juga dianggap bisa membuat otot-otot merasa lebih hangat sehingga Anda pun semakin berenergi dan mudah untuk lari dengan cepat.

Pagi

Mengawali hari dengan berlari telah menjadi rutinitas bagi banyak orang. Nah apa mungkin Anda salah satunya? Selain hawa sejuk dan udara lebih segar, lari pagi juga dinilai dapat membantu melatih kekuatan mental yang membuat Anda lebih siap untuk menjalani aktivitas selama satu hari penuh.

Dengan lari pagi, Anda akan lebih waspada dan bisa fokus sepanjang hari. Alhasil, produktivitas pun dapat meningkat. Kemampuan bangun lebih pagi juga menunjukkan bahwa Anda memiliki kualitas tidur yang lebih baik di malam hari.

Baca juga: Yuk, Rutin Lari Pagi dan Rasakan Manfaatnya Untuk Tubuh!

Manfaat Lari Sore Rutin

Banyak manfaat lari sore yang bisa Anda peroleh bila dilakukan secara rutin. Beberapa manfaat lari sore antara lain yaitu

1. Membantu menurunkan stres

Rutinitas aktivitas sehari-hari memang seringkali menguras emosi dan pikiran. Maka dari itu, tak mengherankan jika Anda akan merasa sangat lelah setelah pulang kerja. Bahkan perasaan lelah ini pun bukan hanya berdampak ke fisik, namun juga pada mental Anda.

Walau secara perhitungan lari memang akan membuat Anda mengeluarkan lebih banyak energi, sejatinya ini juga bisa menjadi sarana untuk melepas penat sejenak. Di samping itu, lari juga mampu memicu produksi hormon endorfin yang berperan penting untuk membuat pikiran menjadi lebih positif sehingga kemungkinan stres pun dapat berkurang.

2. Meningkatkan kualitas tidur

Berlari di sore hari bisa menjadi salah satu jawaban atas permasalah sulit tidur yang mungkin Anda alami. Pada dasarnya, seluruh jenis latihan fisik memang dapat membantu peningkatan kualitas tidur. Namun manfaat ini akan terasa lebih optimal pada aktivitas lari sore. Mengapa demikian?

Alasannya karena setelah lari sore dan juga pengaruh dari endorfin yang dihasilkan ketika olahraga, tubuh Anda menjadi lebih segar. Saraf-saraf yang sebelumnya tegang pun menjadi lebih rileks dan peredaran darah semakin lancar. Alhasil, tubuh akan berada di kondisi prima sehingga siap untuk beristirahat dengan nyenyak.

3. Membakar kalori makan siang

Makan siang kerap membuat beberapa orang menjadi kalap sehingga secara tak sadar mengambil porsi makanan secara berlebihan. Akibatnya, tubuh akan menimbun lebih banyak kalori dan berpotensi untuk membuat berat badan naik. Untuk mengatasinya, Anda bisa berlari sore demi membakar kelebihan kalori tersebut dan mengubahnya menjadi energi.

Baca juga: Tips Turunkan Berat Badan Secara Alami

4. Meningkatkan performa dalam berolahraga

Sebuah penelitian menemukan bahwa performa tubuh akan menjadi jauh lebih baik saat di sore hari, tepatnya pada jam 2 hingga 6 petang [2]. Artinya, di saat inilah seluruh fungsi tubuh termasuk otot berada dalam level yang cukup optimal.

Akibatnya, Anda pun bisa menjadi lebih efektif dalam menggunakan energi berkat adanya peningkatan kemampuan tubuh dalam menerima oksigen. Dengan demikian, seluruh aktivitas fisik yang Anda lakukan termasuk lari juga dapat dilakukan secara lebih maksimal.

5. Menghindari heat stroke

Pada sore hari tubuh akan terhindar dari suhu yang pas seperti siang hari. Hal ini dapat membantu tubuh mengeluarkan panas akibat olahraga sehingga tidak terjadi heat stroke.

Demikian pembahasan mengenai apa manfaat lari sore yang telah AQUA rangkum. Setelah membaca penjelasan manfaat lari sore di atas, apakah Anda semakin tertarik untuk mencoba lari di sore hari?

Intinya, apapun jenis aktivitas fisik pilihan Anda, pastikan #AQUADULU sebelum dan setelah berolahraga agar tetap mencukupi kebutuhan air minum ya. Salam sehat!

Referensi:

  1. Morning, Afternoon, and Evening Runs: The Different Benefits During Each Time Of The Day - Buka
  2. Manfaat Lari Sore bagi Kesehatan Tubuh - Buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.