15 Manfaat Minum Air Hangat Rutin untuk Kesehatan Tubuh

Kebaikan AirHidup Sehat | 17 Maret 2022

Bagikan:

15 Manfaat Minum Air Hangat Rutin untuk Kesehatan Tubuh

Tahukah Anda bahwa ada banyak manfaat minum air hangat? Apalagi seperti yang kita ketahui, air putih hangat merupakan senjata andalan orang Indonesia untuk mengatasi rasa tak enak badan. Bahkan, mengkonsumsi air hangat juga dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan dan mempercepat proses pembuangan racun dalam tubuh.

Nah jika masih penasaran apa manfaat minum air hangat lainnya, sebaiknya jangan lewatkan pembahasan dalam artikel berikut ya. Jadi, simak baik-baik sampai habis!

Manfaat minum air hangat di pagi hari

Setelah bangun tidur, ada baiknya jika Anda memulai hari dengan hal-hal baik. Misalnya saja dengan minum air putih hangat. Berikut adalah beberapa manfaatnya

1. Meningkatkan sirkulasi darah

Setelah meminum air putih hangat, tubuh Anda akan mulai meresponnya dengan melebarkan aliran pembuluh darah. Hasilnya, peredaran darah pun semakin lancar. Jadi dapat disimpulkan bahwa inilah manfaat minum air putih untuk jantung yang lebih sehat.

2. Menyehatkan saraf

Kurangnya cairan dalam tubuh ternyata dapat berakibat buruk bagi kinerja fungsi otak. Artinya, peningkatan suasana hati juga termasuk manfaat minum air hangat setiap hari yang bisa Anda peroleh [1]. Hal tersebut juga didukung oleh manfaat air hangat yang bisa memberikan efek relaksasi kepada tubuh.

3. Mengatasi sembelit

Jika Anda memiliki masalah dengan pencernaan di pagi hari, minum segelas air putih hangat mungkin bisa jadi solusinya. Sebab cairan tubuh yang cukup akan sangat membantu untuk merangsang pergerakan usus, melunakkan konsistensi tinja, dan meredakan nyeri perut sehingga lebih mudah dikeluarkan.

4. Membantu menurunkan berat badan

Dengan mengonsumsi air, lambung kita akan terisi dan bisa menunda rasa lapar. Sehingga keinginan untuk makan akan berkurang. Dengan demikian, asupan nutrisi pun berkurang yang menyebabkan penurunan BB. Perlu diketahui, hal ini tidak spesifik pada air hangat saja, ya. Air putih bersuhu normal juga bisa, lho.

Namun, penelitian tahun 2003 menyebutkan bahwa air hangat mampu membantu penurunan berat badan [2]. Di mana, meminum air sebanyak 500 ml sebelum makan dapat meningkatkan metabolisme hingga 30%. Sedangkan jika air putih tersebut dihangatkan menjadi 98,6 derajat, mampu meningkatkan metabolisme sebanyak 40%.

5. Mencegah terbentuknya batu ginjal

Manfaat minum air hangat di pagi hari yang juga tak boleh Anda lewatkan yaitu larutnya batu ginjal dalam tubuh. Alhasil, kemungkinan risiko pengendapan kalsium oksalat di dalam tubuh dan mencegah penumpukan bakteri di sel kencing. Manfaat ini juga dapat kamu peroleh dengan minum air bersuhu normal, lho.

6. Meredakan nyeri saat menstruasi

Kebanyakan wanita merasakan nyeri haid (dysmenorrhea) selama masa menstruasi. Nah ternyata, segelas air putih hangat mampu menurunkan tingkat rasa sakit yang dialami. Selain itu, gejala kram otot juga dapat diredakan secara perlahan dengan meminum air hangat.

7. Mengurangi gejala akalasia esofagus

Akalasia adalah kondisi menyempitnya kerongkongan sehingga membuat proses pencernaan makanan ke lambung menjadi terhambat. Walau pada kondisi tertentu, Anda tetap harus mengkonsultasikannya dengan dokter, minum air putih hangat bisa jadi salah satu dapat membantu penderita akalasia esofagus untuk membantu merelaksasikan otot sfingter esofagus bagian bawah sehingga.

8. Menyehatkan kulit dan rambut

Siapa sangka, ternyata kesehatan kulit dan rambut juga bergantung pada kandungan cairan dalam tubuh. Artinya, manfaat minum air putih di pagi hari mampu menjaga jaringan kulit dan rambut tetap terhidrasi.

Baca juga: Peran Air Mineral yang Bagus Untuk Kulit

9. Mengatasi nyeri pada radang sendi

Selain menghidrasi tubuh, konsumsi air putih hangat juga dapat menenangkan sistem saraf tubuh. Itu artinya, bagi Anda yang menderita radang sendi, kebiasaan kecil ini akan sangat membantu.

Apalagi mengingat 60% jaringan tulang rawan yang terdapat pada persendian terdiri dari air. Minum air putih dalam jumlah cukup akan sangat membantu menekan risiko penipisan bantalan tulang.

10. Memenuhi kebutuhan cairan harian

Ada manfaat minum air hangat setiap hari yang mungkin tidak bisa Anda rasakan secara langsung. Sebab tanpa disadari, terpenuhinya kebutuhan cairan mampu mendatangkan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh jangka panjang. Mulai dari perasaan bugar hingga meningkatnya imunitas.

Manfaat minum air hangat sebelum tidur

Apa yang Anda lakukan sebelum tidur? Sebaiknya jangan hanya bermain ponsel saja, mulai sekarang sempatkan juga untuk minum air putih hangat. Ini beberapa kebaikan di baliknya

1. Mengeluarkan racun tubuh

Suhu air yang sedikit lebih hangat tentu akan membuat tubuh Anda bereaksi dengan mengeluarkan keringat lebih cepat. Nah nantinya, sisa sodium dan zat-zat beracun akan menyatu dalam cairan keringat sehingga hilang dari tubuh dengan sendirinya.

Mekanisme ini disebut dengan drinking induced sweating [3]. Berkeringat adalah mekanisme tubuh untuk menyeimbangkan suhu tubuh agar normal setelah memperoleh paparan panas pada air hangat tersebut.

2. Meluruhkan lemak

Jika merasa memiliki lemak berlebih dalam tubuh, minum air putih hangat sesaat sebelum tidur merupakan cara yang patut dicoba. Hal ini dianggap mampu meningkatkan oksidasi jaringan lemak sehingga dapat mengurangi lemak tubuh [4].

3. Meredakan hidung tersumbat

Siapa yang bisa tidur nyenyak saat terserang flu? Untuk membantu mengatasinya, cobalah ambil segelas air putih hangat. Di samping uapnya mampu merilekskan saluran pernapasan, air hangat juga dapat melembabkan sekaligus mengencerkan dahak yang terdapat di tenggorokan.

4. Mengatasi kram perut

Manfaat minum air hangat sebelum tidur selanjutnya yaitu membantu mencegah kondisi kram perut yang mungkin Anda alami. Hal tersebut didukung dengan proses pengeluaran racun yang telah dijelaskan di poin sebelumnya.

5. Menurunkan stres dan membuat tidur lebih nyenyak

Bila mempunyai gangguan tidur, coba periksa apakah kebutuhan cairan harian Anda telah terpenuhi. Sebab kondisi dehidrasi akan membuat suasana hati memburuk sehingga menyebabkan istirahat menjadi tidak berkualitas.

Mitos terkait manfaat minum air hangat

Di balik berbagai manfaatnya, ternyata ada juga beberapa mitos yang berkembang di tengah masyarakat, yaitu:

1. Membakar lebih banyak kalori

Mengonsumsi air putih hangat lebih banyak bukan berarti membuat jumlah kalori yang terbuang dari tubuh juga meningkat. Bahkan sebaliknya, air dingin dinilai lebih mampu membakar kalori sedikit lebih efektif.

2. Membersihkan saluran pencernaan

Meski diyakini mampu merangsang gerakan usus dan mengatasi sembelit, nyatanya belum ada penelitian ilmiah yang dapat membuktikan secara pasti bahwa manfaat minum air putih hangat sebelum tidur ataupun di pagi hari bisa mendetoksifikasi saluran pencernaan secara menyeluruh [5].

Namun, meskipun begitu, air putih mampu mendetoks racun berupa senyawa-senyawa toxic di dalam tubuh yang nantinya akan diangkut dan diekskresikan ke organ-organ ekskretorik seperti ginjal (urine) dan kulit (keringat) atau dimetabolisme agar inaktif. Proses metabolisme tersebut terjadi di hepar.

Baca juga: Manfaat Minum Air Putih di Pagi Hari Ketika Perut Kosong

Efek samping minum air hangat berlebih

Manfaat minum air hangat setiap hari memang sangat banyak. Namun jika dilakukan secara berlebihan, inilah beberapa efek samping yang mungkin akan Anda rasakan:

  1. Jika suhu air terlalu panas, area rongga mulut dapat mengalami luka bakar ringan.
  2. Terlalu banyak mengonsumsi air putih hangat bisa mampu mengganggu keseimbangan elektrolit dalam tubuh sehingga mudah sakit kepala.
  3. Intensitas cairan dalam tubuh yang berlebih tentu mendorong peningkatan urine. Alhasil, Anda pun jadi merasa tidak nyaman karena harus buang air lebih sering.
  4. Bila dikonsumsi terlalu banyak dalam satu waktu, minum air putih hangat akan menyebabkan kerja ginjal semakin berat dari yang seharusnya.

Demikian pembahasan seputar manfaat minum air hangat untuk jantung, saraf, dan bagian tubuh lainnya. Jadi mulai sekarang ,tak ada alasan lagi untuk menunda minum air putih, terutama saat di pagi dan malam sebelum waktu tidur ya. Kapanpun dan dimanapun, biasakan #AQUADULU sebelum memulai aktivitas Anda!

Referensi:

  1. Manfaat Minum Air Hangat di Pagi Hari untuk Tubuh - buka
  2. What are the benefits of drinking hot water? - buka
  3. Hosseinlou, A., Khamnei, S., & Zamanlu, M. (2013). The Effect of Water Temperature and Voluntary Drinking on the Post Rehydration Sweating. International Journal of Clinical and Experimental Medicine, 6(8), 683–687.
  4. Does drinking hot water help with weight loss? - buka
  5. Mitos dan Fakta Terkait Manfaat Minum Air Hangat - buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.