Manfaat Minum Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh

Kebaikan AirHidup Sehat | 20 Maret 2021
Manfaat Minum Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh

Salah satu kunci untuk menjaga tubuh terhidrasi dengan baik adalah dengan mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Pada pria dewasa, 55%-60% berat tubuhnya adalah air. Sedangkan pada perempuan dewasa 50%-60% berat tubuhnya adalah air. Dengan komponen air sebanyak itu, tentunya cairan tubuh memiliki berbagai macam fungsi penting agar organ tubuh dapat berfungsi optimal.

Untuk air putih, pilihlah air yang murni atau tidak mengandung senyawa apapun. Minuman jenis lain, misalnya soft drink, tergolong tinggi gula dan kalori sehingga dapat menambah berat badan Kamu. Ada juga minuman berenergi yang sering dipilih sebagai sumber cairan, minuman ini juga mengandung gula dan kafein. Demikian juga dengan jus buah kemasan, Anda perlu memperhatikan label produknya terlebih dahulu sebelum mengkonsumsinya.

Pilihlah air mineral yang murni tanpa zat yang ditambah, seperti gula. Minuman jenis lain, misalnya soft drink, tergolong tinggi gula dan kalori sehingga dapat menambah berat badan Anda. Ada juga minuman berenergi yang sering dipilih sebagai sumber cairan, minuman ini juga mengandung gula dan kafein. Demikian juga dengan jus buah kemasan, Anda perlu memperhatikan label produknya terlebih dahulu sebelum mengkonsumsinya.

Apa saja manfaat mengonsumsi air putih bagi kesehatan tubuh? Berikut penjelasannya:

1. Membantu memaksimalkan performa tubuh

Tubuh kita harus tetap terhidrasi agar seluruh fungsi organ di tubuh kita dapat berjalan dengan baik. Saat Anda berolahraga tubuh akan lebih banyak kehilangan cairan melalui keringat. Untuk jangan lupa untuk sedia air untuk mengisi cairan yang hilang sehabis berolahraga.

2. Meningkatkan energi dan fungsi otak

Dalam sebuah penelitian pada wanita muda, para peneliti menemukan bahwa kehilangan cairan sebesar 1,4% setelah olahraga mengganggu suasana hati dan konsentrasi. Hal ini juga meningkatkan frekuensi sakit kepala.

3. Menjaga kecantikan dan menurunkan berat badan

Beberapa orang percaya dengan rajin mengkonsumsi air putih dapat mengendalikan asupan kalori tubuh. Secara tidak langsung ini dapat mencegah naiknya berat badan. Rajin minum air juga dapat menjaga kesegaran kulit dengan cara mengecilkan pori, melembabkan dan menambah kekencangan pada kulit.

4. Memelihara fungsi ginjal

Saat cairan tubuh mencukupi, urine yang normal akan mengalir bebas, jernih, dan bebas bau. Ketika cairan tubuh tidak cukup, konsentrasi urine, warna, dan baunya akan lebih kentara karena ginjal harus menyerap cairan ekstra untuk menjalankan fungsinya.

Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk memperoleh manfaat minum air putih, yaitu:

  • Cobalah untuk membiasakan minum air putih tiap waktu makan atau setelah makan.
  • Sediakan gelas atau botol berisi air minum di meja atau tas yang Anda bawa saat aktivitas tiap hari. Dengan demikian, Anda akan teringat untuk mengkonsumsinya.
  • Anda bisa menambahkan rasa pada air putih agar terasa lebih enak. Salah satunya dengan menambahkan irisan buah-buahan seperti pada minuman infused water.
  • Coba konsumsi sparkling water jika Anda bosan dengan air putih. Pastikan sparkling water yang tidak mengandung asam sitrat, natrium, gula, dan pemanis buatan.

Setelah mengetahui banyaknya manfaat yang bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi air putih. Ini saatnya Anda cermat dalam memilih sumber air putih yang akan Anda minum. Pilihlah air minum yang sudah terjamin kualitas, kandungan dan sumbernya. Salah memilih air yang akan diminum akan berdampak pada kesehatan Anda bahkan keluarga Anda.

Air minum yang tercemar dapat menimbulkan penyakit seperti diare dan keracunan. Sebab air minum tercemar, bisa jadi dalam prosesnya tidak bersih dan tidak sesuai dengan anjuran. Anda bisa memilih AQUA yang selama lebih dari 48 tahun mampu memproduksi air mineral berkualitas yang berasal dari proses alami. Untuk menjaga kualitasnya, AQUA langsung mengambil air dari sumber air pegunungan terpilih dengan melewati 400 uji kelayakan sebelum sampai ke konsumen.

Air mineral berkualitas tersedia untuk melindungi tubuh kita agar senantiasa sehat. Sumber air yang terlindungi akan melindungi kesehatan tubuh kita, sehingga dengan asupan mineral berkualitas untuk kesehatan tubuh dapat dengan mudah kita dapatkan melalui AQUA.

Jangan ragu lagi, sedia AQUA dimanapun Anda berada.

 

Sumber:

  1. https://www.alodokter.com/jangan-remehkan-manfaat-air-putih
  2. https://www.healthline.com/nutrition/7-health-benefits-of-water#1.-Helps-maximize-physical-performance
  3. https://www.sehataqua.co.id/kandungan-air-putih-yang-bermanfaat-bagi-tubuh-anda/
  4. Air Bagi Kesehatan, Santoso B., Hardinsyah, Siregar P, Pardede S. 2017
Pesan sekarang