Hidup Sehat

Manfaat Minum Air Putih di Pagi Hari Ketika Perut Kosong

By Hidup Sehat | February 6, 2020 No Comments

Air merupakan komponen utama dalam tubuh manusia. Sekitar 50% hingga 60% berat tubuh manusia dewasa adalah air. Begitu juga dengan organ-organ penting di dalam tubuh. Seperti paru-paru yang mengandung 90% air, otot 75%, otak 70%, dan kulit 80%, darah 82% dan tulang 22%[1]. Hal ini menyebabkan seluruh organ tubuh membutuhkan air dalam jumlah yang cukup untuk menunjang berbagai aktivitas yang manusia lakukan.

Air juga memiliki berbagai manfaat untuk tubuh. Misalnya, untuk mengatur suhu dalam tubuh, sebagai pembentuk sel dan cairan tubuh, mengangkut nutrisi ke seluruh bagian tubuh melalui darah (media transportasi), membantu melumasi sendi-sendi tulang, media eliminasi toksin dan sisa metabolisme, dan sebagai pelarut.[1, 2] Oleh karena itu, tidak heran bahwa anjuran untuk minum air 8 gelas dalam sehari (untuk dewasa sehat) merupakan salah satu anjuran yang cukup sering Anda dengar.

Namun barangkali, masih banyak orang yang belum mengetahui bahwa dengan mengonsumsi air putih di pagi hari secara langsung setelah bangun tidur memberikan berbagai khasiat. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa manfaat minum air di pagi hari ketika perut kosong memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Namun yang jadi pertanyaan, apa saja manfaat-manfaat tersebut? Temukan jawabannya di artikel ini.

  • Membersihkan usus[6]

Dengan mengonsumsi air ketika perut pada keadaan kosong, dapat membantu membersihkan organ usus besar pada tubuh secara lebih efisien. Dengan proses pembersihan di usus besar ini, dapat meningkatkan efisiensi usus dalam menyerap nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Hal ini juga berfungsi untuk menstimulasi proses detoksifikasi yang menyebabkan terjadinya pembuangan racun dari dalam tubuh Anda.

  • Meningkatkan efisiensi sistem kekebalan tubuh[3]

Tubuh manusia dibekali dengan sistem kekebalan yang memiliki fungsi untuk melawan banyak infeksi dan sel jahat. Menurut sebuah penelitian, minum air putih di pagi hari ketika perut kosong akan membuat tubuh Anda lebih efisien dalam menyembuhkan berbagai penyakit seperti sakit kepala, radang sendi,  epilepsi, kelebihan lemak, bronkitis, TB, meningitis, diare, diabetes, sembelit, gangguan menstruasi dan berbagai penyakit lainnya.

  • Menjaga kondisi organ internal tubuh[3]

Telah disebutkan sebelumnya bahwa sebagian besar tubuh kita mengandung air. Hal ini menyebabkan asupan air yang masuk ke dalam pun harus cukup agar kondisi organ tubuh tetap terjaga dengan baik. Kondisi ini menyebabkan sangat penting bahwa Anda mendapatkan asupan air secara cukup karena air bersifat penting untuk menjaga organ pada bagian dalam tubuh tetap terjaga dengan baik. Yang akan menjadi lebih baik lagi apabila asupan air dalam tubuh kita dibantu dengan konsumsi air putih pada pagi hari ketika perut kosong. Karena dengan kondisi seperti akan meningkatkan efisiensi dalam perawatan organ internal tubuh. 

  • Membantu menurunkan berat badan lebih efisien

Saat Anda minum air putih di pagi hari ketika perut kosong, tubuh akan melepaskan racun- racun dan ini akan memperbaiki sistem pencernaan Anda. Akibatnya Anda akan merasa tidak terlalu lapar dan keinginan untuk makan akan berkurang. Hal ini pada akhirnya dapat mencegah kenaikan berat badan akibat konsumsi makan yang berlebih.[4]

Hal ini disebabkan minum air putih pada saat perut kosong akan membuat Anda merasa kenyang, padahal kalori yang masuk ke dalam tubuh pun tidak ada karena air putih memiliki kadar kalori sebesar 0 persen.[5] Dengan kondisi tubuh yang merasa kenyang, akan mengurangi nafsu makan Anda sehingga dapat membantu turunnya berat badan.

  • Menjaga kondisi rambut

Pada bagian rambut manusia, terdapat sepertempat kandungan air. Hal ini menyebabkan asupan air secara cukup diperlukan untuk menjaga kondisi rambut yang baik. Dengan konsumsi air putih setiap hari, pada saat pagi hari dengan kondisi perut yang kosong, dapat meningkatkan efisiensi dalam menjaga kondisi rambut secara lebih maksimal.[6]

Untuk memaksimalkan hidrasi pagi hari anda, pilih air putih dengan kualitas terbaik pada AQUA yang dapat menjaga dan meningkatkan kondisi tubuh yang sehat. Sebab hanya AQUA yang melindungi keseimbangan alami ekosistem di sekitar sumber airnya, untuk melindungi kekayaan dan kealamian mineral di setiap tetes AQUA, sehingga asupan air mineral anda di pagi hari berkualitas.

 

Referensi

  1. Santoso B., Hardinsyah, Siregar P, Pardede S. 2017

  2. WHO. Nutrients in Drinking Water. 2005

  3. https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4528646/manfaat-minum-dua-gelas-air-putih-setelah-bangun-tidur

  4. https://lifestyle.kompas.com/read/2017/07/04/090338420/8.manfaat.minum.air.setelah.bangun.tidur.

  5. https://www.fatsecret.co.id/kalori-gizi/umum/air?portionid=36941&portionamount=1,000

  6. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20180306162205-255-280887/10-manfaat-minum-air-putih-saat-perut-kosong