Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.

Manfaat Minum Air Putih untuk Mewujudkan Berat Badan Ideal

Kebaikan AirHidup Sehat | 13 Agustus 2020
Manfaat Minum Air Putih untuk Mewujudkan Berat Badan Ideal

Anda tentu tidak asing lagi dengan anjuran untuk minum air putih sebanyak 8 gelas per harinya. Anjuran kesehatan ini barangkali merupakan salah satu anjuran yang cukup sering kita dengar.

Hal tersebut tentu tidak mengherankan, sebab diketahui kandungan air dalam tubuh kita adalah sekitar 60% - 70% dari berat tubuh.

Oleh karena itu, air merupakan salah satu komponen yang penting bagi organ dalam tubuh untuk dapat bekerja dengan baik.

Tubuh yang mengalami kekurangan cairan akan menyebabkan berbagai masalah dehidrasi, seperti pengentalan darah, terhambatnya sirkulasi oksigen dan zat-zat makanan terganggu, serta berbagai dampak negatif lainnya.

Jadi sangat penting bagi kita semua untuk selalu memenuhi asupan air putih, agar mendapatkan manfaat air putih sehingga kesehatan tubuh pun tetap terjaga.

Namun tahukah Anda bahwa selain menjaga berbagai organ pada tubuh bekerja dengan baik, mengkonsumsi air putih juga dapat membantu proses penurunan berat badan?

Rutin minum air putih, dapat melancarkan kerja organ ginjal untuk membuang berbagai limbah dan kandungan berbahaya yang ada di dalam tubuh. 

Baca Juga:

Air putih juga dapat membantu kerja sistem pencernaan agar lebih efisien dalam mengolah makanan, sehingga permasalahan pencernaan seperti sembelit dapat dihindari.

Air putih juga sangat bermanfaat dalam membantu metabolisme tubuh bekerja dengan lebih cepat dalam proses pembakaran lemak. Sebagai contoh, bila Anda rutin minum air putih sebanyak 2 liter (sekitar 8 gelas) dapat membakar hingga 100 kalori per harinya. 

Proses tersebut akan bertambah bila Anda meningkatkan asupan air putih perharinya hingga 4 liter per harinya. Sebab selain dapat melarutkan lemak dan racun yang menempel dalam tubuh, mengkonsumsi air putih juga dapat mengurangi rasa lapar.

Namun perlu diingat, bukan berarti dengan mengkonsumsi air putih dalam takaran yang cukup banyak Anda tidak mengkonsumsi makanan sama sekali,  sebab tubuh kita tetap membutuhkan gizi yang ada pada makanan.

Minum air putih juga diketahui dapat membantu Anda dalam mengendalikan nafsu makan. Dengan mengonsumsi air putih sebelum makan, Anda akan cenderung lebih mudah merasa kenyang dan porsi makan yang dikonsumsi pun akan menjadi berkurang.

Untuk menurunkan berat badan dengan air putih, direkomendasikan untuk mengkonsumsi 2 gelas air putih setelah bangun tidur di pagi.

Saat bangun tidur, perut masih berada dalam keadaan kosong karena makan malam sudah diserap oleh tubuh. Selain makanan yang telah dicerna tubuh juga kekurangan banyak cairan. 

Dengan begitu minum 2 gelas air putih setelah bangun tidur di pagi hari dapat menjadikan kita terasa kenyang.

Selain dapat menurunkan berat badan, mengkonsumsi air putih dipagi hari dapat membuat kulit lebih cerah dan segar, membersihkan usus, ginjal lebih sehat dan melancarkan buang air besar. Jadi dengan meminum air putih di pagi hari menghindarkan kita dari penyakit sembelit.

Saat merasa lapar di malam hari, air putih juga bisa jadi solusi yang tepat menghindari rasa lapar. Biasanya saat lapar ada kecenderungan pada diri kita untuk mengonsumsi makanan berat atau berbagai macam cemilan. 

Namun jika Anda telah memiliki niatan untuk menurunkan berat badan, hindarilah konsumsi makanan dan alihkan ke konsumsi air putih sebanyak 3 gelas secara bertahap untuk membuat perut terasa kenyang.

Itulah tadi beberapa manfaat minum air putih untuk membantu Anda dalam mewujudkan berat badan yang ideal.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, maka tentunya menjadi penting juga bagi Anda untuk memilih pilihan air minum berkualitas, seperti AQUA yang terpercaya lebih dari 45 tahun menyediakan air mineral murni langsung dari sumbernya.

Kesegarannya tetap terjaga di setiap tetes kemurniannya melewati lebih dari 400 cek kualitas.

AQUA juga melindungi ekosistem di sekitar sumber mata air. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk melindungi kealamian mineral dan keberlangsungan sumber air. Dengan demikian, AQUA bisa mengantarkan kebaikan air mineral kepada masyarakat Indonesia.

Referensi:

https://blog.tempo.co/read/1151056/tips-diet-dengan-air-putih-biar-berat-badan-cepat-turun/full&view=ok
https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/cara-diet-air-putih-aman/
https://www.theshonet.com/articles/4-manfaat-minum-air-putih-untuk-kecantikan-kulit