Manfaat Push Up Bagi Pria dan Wanita

Kebaikan AirHidup Sehat | 25 Maret 2022

Bagikan:

Manfaat Push Up Bagi Pria dan Wanita

Push up merupakan olahraga yang baik untuk dilakukan pria dan wanita yang ingin menguatkan otot-otot tubuh. Olahraga ini sangat cocok bagi mereka yang ingin menguatkan setiap bagian otot tubuh mereka, terutama di daerah dada, trisep, dan bahu.

Push up menjadi salah satu olahraga yang digemari sebagian orang karena untuk melakukan push up hampir bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja tanpa memerlukan alat pendukung. Jika dilakukan secara rutin, push up dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh mulai dari menguatkan massa otot hingga membentuk tubuh.

Kenali Manfaat Push Up untuk Laki-laki dan Wanita

Agar dapat manfaat yang maksimal, Anda harus melakukan push up dengan rutin dan konsisten. Selain itu, posisi push up juga perlu diperhatikan agar terhindar dari resiko cidera. Jika belum menguasai tata cara push up, Anda bisa mengikuti arahan dari ahlinya. Namun, jika Anda sudah mahir melakukan push up maka bisa melakukan sendiri di rumah. Berikut beberapa manfaat olahraga push up bagi laki-laki maupun wanita:

Menyeimbangkan Keseimbangan Tubuh

Push up diminati banyak orang karena lebih aman dilakukan kaum laki-laki maupun wanita serta kemudahannya untuk dilakukan dimanapun dan kapanpun. Gerakan push up yang dilakukan dalam posisi tubuh sejajar dapat membantu Anda untuk melatih keseimbangan tubuh [4].

Menyehatkan Tulang

Manfaat push up selanjutnya adalah menyehatkan tulang karena termasuk jenis latihan resistensi yang memanfaatkan berat tubuh. Seperti latihan resistensi pada umumnya, push up dapat menguatkan tulang sehingga lebih kuat dan padat, khususnya bagian pergelangan tangan sampai bahu.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Push up dan latihan resistensi lain mungkin takkan membakar kalori sebanyak latihan aerobik, namun karena olahraga ini membangun otot, maka kalori akan lebih cepat terbakar. Push up juga dapat meningkatkan massa otot, sehingga metabolisme tubuh berjalan lebih cepat. kecepatan tubuh dalam bermetabolisme sehingga Hal ini dapat membantu menurunkan berat badan [1].

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Menurut studi yang dilakukan para ahli selama 10 tahun, peneliti berhasil menemukan bahwa laki-laki yang rutin push up sebanyak 40 kali per harinya bisa mengurangi resiko penyakit jantung. Hebatnya lagi, penurunan risiko penyakit jantung mencapai 96% dibandingkan orang yang tidak melakukan push up [2].

Meningkatkan Kekuatan dan Massa Otot

Manfaat push up bisa Anda rasakan jika dilakukan secara rutin dan konsisten. Anda bisa melakukan variasi push up sesuai kemampuan dan keinginan, dengan begitu kekuatan dan massa otot semakin meningkat. Berikut ada variasi push up yang bisa dicoba, yaitu:

  • Push up sempit
    Variasi push up sempit adalah varian push up yang mengharuskan kedua tangan Anda berada di bawah tulang dada. Sementara ibu jari dan telunjuk kedua tangan saling menyentuh.

  • Backward push up
    Untuk variasi backward push up mengharuskan tangan Anda terpisah selebar bahu, tetapi peletakan tangannya harus sekitar 20 cm di depan bahu.

  • Push up standar
    Anda pasti mengenal varian standar karena seperti push up di televisi atau di gym. Varian push up tersebut mengharuskan kedua tangan Anda menyentuh lantai dan sejajar dengan bahu. Lalu, tubuh harus bergerak ke atas dan ke bawah.

  • Push up lebar
    Sementara varian push up lebar mengharuskan kedua tangan tidak sejajar dengan bahu. Untuk itulah posisi kedua tangan harus lebar seperti nama varian push upnya.

Anda bebas memilih varian push up diatas sesuai kemampuan. Pastinya setiap varian manfaat push up diatas bisa didapatkan laki-laki dan wanita, baik kesehatan tubuh maupun pembentukan tubuh lebih kekar maupun berisi [2].
Barengi Aktivitas Olahraga dengan Konsumsi AQUA

Sesudah push up, tubuh Anda pasti dehidrasi dan membutuhkan air mineral untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang. Anda bisa membawa AQUA saat olahraga sehingga hidrasi tubuh tetap terjaga setiap saat. AQUA dipercaya sebagai pelopor air mineral berkualitas karena kesegarannya tetap terjaga, setiap tetes kemurniannya melalui lebih dari 400 cek kualitas, dan dikemas langsung dari sumbernya. AQUA juga terpercaya lebih dari 48 tahun menghadirkan kesehatan dari tiap tetes air mineral gunung vulkanis.

AQUA juga memiliki Tiga Perlindungan, yaitu; melindungi ekosistem sumber airnya, menjaga kealamian mineralnya, serta diproses secara saksama untuk menjaga keasliannya sampai ke tangan Anda.

Yuk, mulai rutin push up dan jaga hidrasi dengan AQUA!

Sumber:

  1. 16 Manfaat Push Up Untuk Pria dan Wanita - buka
  2. 10 Manfaat Push Up yang Baik untuk Kesehatan Tubuh - buka
  3. SehatAQUA, Bijak Berplastik
  4. Manfaat Push Up untuk Wanita Beserta Varian Gerakannya - buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.