7 Manfaat Squat Jump Bagi Kesehatan dan Panduan Melakukannya

Hidup Aktif | 05 September 2022

Bagikan:

7 Manfaat Squat Jump Bagi Kesehatan dan Panduan Melakukannya

Latihan squat terdiri dari banyak varian, salah satunya yaitu squat jump. Tahukah Anda, manfaat squat jump bagi tubuh di antaranya dapat mengencangkan otot paha dan bokong serta memperkuat otot inti.

Jadi, baik wanita maupun pria yang ingin memiliki otot paha kencang dan bagus guna meningkatkan rasa percaya diri, ada baiknya Anda coba latihan ini. Berikut akan dijelaskan mengenai tujuan squat jump yang lain beserta panduan melakukannya.

Manfaat Squat Jump bagi Tubuh

Squat jump adalah jenis latihan yang akan melibatkan banyak otot. Namun tak hanya melatih otot, gerakan ini juga baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Penasaran apa saja manfaat squat jump tersebut? Berikut daftarnya.

1. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Salah satu manfaat squat jump adalah bisa meningkatkan metabolisme tubuh. Hal ini penting terutama bagi Anda yang pekerjaan sehari-harinya banyak duduk dan kurang bergerak. Oleh karenanya, luangkan waktu untuk melakukan squat jump di sela-sela Anda bekerja. Lakukan gerakan ini sebanyak 20 kali.

Apabila metabolisme tubuh baik, maka proses pencernaan dan pembuangan zat-zat tak berguna maupun zat beracun dalam tubuh pun bisa berjalan lancar.

2. Membakar Kalori

Manfaat squat jump selanjutnya yaitu membantu Anda membakar kalori dan lemak dalam tubuh. Pasalnya, gerakan squat jump tergolong ke dalam latihan aerobik. Untuk itu, guna menjaga berat badan tetap ideal atau menurunkan berat badan, lakukan latihan ini secara rutin.

3. Melatih Otot Paha dan Bokong

Memiliki otot paha dan bokong yang kencang adalah impian setiap wanita maupun pria. Jika Anda juga menginginkannya, maka Anda bisa memasukkan latihan squat jump dalam daftar latihan Anda.

Hal tersebut dikarenakan latihan ini menargetkan otot gluteus, quadricep, hamstring, dan pinggul di mana baik guna melatih otot paha dan bokong.

4. Memperkuat Otot Inti

Di samping melatih otot paha dan bokong, manfaat utama gerakan squat jump adalah melatih kekuatan otot inti. Otot inti meliputi otot perut, panggul, dan punggung. Apabila otot-otot ini kuat, maka Anda akan lebih mudah dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

5. Baik untuk Kesehatan Jantung

Manfaat squat jump berikutnya ialah meningkatkan denyut jantung sehingga jantung makin kuat. Meski termasuk latihan aerobik, namun squat jump bukanlah gerakan yang berat. Itulah mengapa latihan ini cocok bagi Anda yang ingin berolahraga tanpa terlalu membebani jantung.

6. Mencegah Cedera Lutut

Mungkin awalnya Anda berpikir bahwa gerakan squat jump bisa berbahaya bagi lutut. Padahal sebaliknya, latihan ini justru baik dijadikan gerakan dasar pemanasan untuk penguatan lutut. Dengan pemanasan yang baik, ditambah kuatnya otot-otot yang mendukung lutut, maka risiko cedera pun dapat dihindari.

7. Baik untuk Postur Tubuh

Perlu diketahui bahwa postur tubuh yang baik bisa berpengaruh terhadap keseimbangan tubuh. Selain itu, hal tersebut juga dapat mencegah nyeri punggung bagian bawah.

Manfaat squat jump secara rutin di antaranya bisa melatih otot inti Anda sehingga lebih kuat. Kekuatan otot inti nilah yang akan membantu Anda memberikan postur tubuh yang baik.

Baca juga: 10 Cara Memperbaiki Postur Tubuh Agar Tegak dan Ideal, Catat!

Panduan Cara Melakukan Squat Jump

 

Nah, setelah mengetahui berbagai manfaat squat jump bagi tubuh, yuk coba praktikkan gerakan ini dengan cara mengikuti panduan berikut.

1. Pemanasan

Selalu lakukan gerakan pemanasan sebelum berolahraga. Hal ini penting guna menyiapkan tubuh ketika akan melakukan aktivitas fisik. Pemanasan bertujuan untuk meningkatkan suhu tubuh sebelum olahraga sehingga tubuh akan beradaptasi dengan peningkatan intensitas gerakan fisik yang akan dilakukan.

Selain itu, pemanasan juga penting untuk mencegah cedera serta meningkatkan performa ketika berolahraga.

2. Mencari Tempat yang Aman

Sebelum latihan, pastikan perlengkapan olahraga Anda sudah tepat. Seperti pemakaian sepatu olahraga maupun baju olahraga yang nyaman. Kemudian, carilah tempat yang aman. Bagi pemula sebaiknya hindari melakukan squat jump di aspal, lantai beton, karpet atau rumput.

Hal tersebut dikarenakan sepatu Anda bisa selip dan mengakibatkan cedera. Pilih permukaan di mana ketika melakukan pendaratan, Anda merasa nyaman. Misalnya Anda dapat berlatih di atas lantai kayu atau matras khusus untuk olahraga.

3. Lakukan dengan Gerakan yang Benar

Selanjutnya cara melakukan squat jump adalah menerapkan teknik yang benar. Ikuti panduan berikut:

  • Berdiri dengan kaki terbuka lebar.
  • Letakkan kedua tangan di belakang kepala dan siku menghadap luar.
  • Tekuk lutut hingga paha sejajar dengan lantai.
  • Dorong ujung kaki ke lantai sekaligus angkat tubuh dan loncat setinggi yang Anda mampu.
  • Mendarat secara perlahan dengan posisi jongkok. Usahakan jari-jari kaki yang terlebih dulu menyentuh tanah, kemudian diikuti tumit.
  • Ulangi beberapa kali sesuai kemampuan Anda.

4. Peregangan

Selesai melakukan gerakan squat jump, tak lupa mengakhiri latihan dengan gerakan peregangan guna mengembalikan fleksibilitas otot setelah olahraga. Peregangan dilakukan sebagai upaya pendinginan sebab bisa membantu otot menjadi lebih rileks setelah terlalu lama berkontraksi selama berolahraga.

5. Jangan Berlebihan

Saat menemukan olahraga yang menyenangkan dan dirasa memberikan banyak manfaat, biasanya muncul kecenderungan untuk melakukannya lebih sering. Nah, Anda sebaiknya berhati-hati, pasalnya sesuatu yang berlebihan juga tidak baik.

Melakukan squat jump secara berlebihan dinilai tidak baik untuk sendi dan tulang. Sehingga, lakukan latihan ini sewajarnya saja, ya. Idealnya squat jump adalah latihan yang dilakukan tidak lebih dari dua kali dalam seminggu.

Baca juga: 5 Manfaat Push Up untuk Kesehatan Tubuh yang Perlu Diketahui

Demikian penjelasan seputar manfaat squat jump dan panduan melakukannya. Latihan ini memang baik untuk tubuh, namun ada baiknya jika Anda memiliki riwayat penyakit tertentu, konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum melakukannya.

Nah, setelah berolahraga squat jump pastinya tubuh akan kehilangan banyak cairan dari keringat. Oleh sebab itu, Anda perlu segera mengganti cairan tersebut agar tubuh tidak dehidrasi.

Pilih AQUA untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh Anda. Hanya AQUA yang mampu menghadirkan air minum kemasan dengan kemurnian 100%. Pengemasan AQUA juga telah melalui ratusan uji kualitas sebelum sampai ke tangan Anda.

Air minum AQUA diambil dari sumber mata air pegunungan terpilih yang ekosistemnya lingkungannya terjaga. Oleh karena itu, yuk #AQUADULU setelah berolahraga agar tubuh kembali bugar!

Referensi:

  1. Ragam Manfaat Squat Jump, Bisa untuk Pria dan Wanita! - Buka
  2. Panduan Melakukan Squat Jump yang Baik dan Benar - Buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.