Hidup Aktif

Masalah Kesehatan Jika Tubuh Kurang Cairan

By Hidup Aktif | January 30, 2019 No Comments

Tanpa air, kehidupan tidak akan berlangsung seperti sekarang ini. Kira-kira, apa saja efeknya jika tubuh manusia kekurangan air?

Air merupakan salah satu komponen utama pembentuk komposisi tubuh manusia. Pada orang dewasa, sejumlah 50-60% berat tubuh terdiri dari air.

Jumlah ini lebih tinggi lagi pada anak kecil. Karena itu, tidak heran jika kekurangan cairan dapat menimbulkan berbagai keluhan pada tubuh.

Berikut ini lima masalah kesehatan yang dapat muncul akibat kekurangan cairan :

1. Masalah ginjal dan saluran kemih
Saat kekurangan cairan, produksi urin (air seni) otomatis akan berkurang. Urin yang sedikit ini akan lebih lama diam dalam tubuh sebelum dikeluarkan. Hal ini menjadi sarana yang baik bagi bakteri untuk berkembang, dan dapat menimbulkan infeksi pada saluran kemih.
Gejala-gejalanya antara lain rasa panas dan nyeri saat berkemih. Selain itu, kekurangan cairan berat dapat menyebabkan gagal ginjal. Gagal ginjal mengakibatkan zat pembuangan menumpuk dalam tubuh. Kondisi ini pada akhirnya dapat memicu mual, muntah, bahkan kejang hingga koma.

2. Konstipasi
Saat BAB, tubuh akan mengeluarkan feses yang merupakan pembuangan sisa pencernaan. Untuk pembentukan feses yang sehat diperlukan cukup serat dan cairan.
Kurangnya asupan cairan dan serat dapat mengakibatkan feses menjadi kering, keras, dan sulit dikeluarkan. Usaha berlebih untuk mengeluarkan feses bisa menimbulkan masalah seperti ambeien pada kemudian hari.

3. Kulit kering
Kulit yang kering dan kusam dapat timbul karena kekurangan cairan. Hal ini disebabkan karena kulit menjadi dehidrasi. Ingatlah bahwa walaupun dehidrasi, kulit tetap bisa tampak berminyak karena masalah utamanya adalah kekurangan cairan, bukan kurang produksi minyak.

4. Sakit kepala
Sakit kepala, terutama tanpa penyebab yang jelas, dapat disebabkan oleh kekurangan cairan. Salah satu alasannya adalah karena tekanan darah yang rendah, yang diakibatkan oleh kurangnya volume darah. Kekurangan cairan juga dapat menyebabkan kelelahan dan sulit berkonsentrasi.
Sebenarnya, masih banyak lagi masalah yang dapat timbul karena kekurangan cairan. Karena itu, biasakanlah untuk minum secara teratur, jangan menunggu sampai merasa haus. Dengan minum secara cukup, Anda akan melindungi tubuh dari berbagai macam gangguan kesehatan.

[RS/RH]

Sumber:
http://www.medicaldaily.com/pulse/lack-drinking-water-deteriorates-human-body-adverse-effects-dehydration-329640
http://healthyeating.sfgate.com/problems-associated-low-fluid-intake-2731.html