Hidup Sehat

Membiasakan Sarapan Pagi yang Sehat untuk Tubuh yang Sehat

By Hidup Sehat | January 23, 2020 No Comments

Sering melewatkan aktivitas sarapan di pagi hari? Sebaiknya mulai untuk hindari kebiasaan ini dan mulailah membiasakan diri untuk selalu sarapan. Sebab sarapan merupakan aktivitas yang sangat penting untuk memulai hari. Pada malam hari ketika terlelap tidur, tubuh Anda tidak mendapatkan asupan makanan atau minuman yang cukup lama, kira-kira sekitar tujuh hingga delapan jam.

Dengan adanya kekosongan asupan makanan dan minuman pada tubuh, maka Anda memerlukan energi untuk menjalani aktivitas selama seharian, dan solusi terbaik untuk mendapatkan energi untuk memulai hari Anda adalah dengan sarapan.

Sarapan memiliki fungsi layaknya alarm dari otak ke seluruh organ tubuh dan sistem metabolisme untuk mulai bekerja. Dan sama seperti layaknya sebuah mesin, tubuh manusia pun perlu “dipanaskan” agar dapat berfungsi secara optimal. (1)

Melalui sarapan di pagi hari, maka tubuh kita seakan mendapatkan “bahan bakar” untuk menjalani kegiatan selama seharian. Selain itu sarapan juga memberikan berbagai manfaat lainnya bagi kesehatan tubuh, Seperti meningkatkan berbagai fungsi dan kerja otak. 

Seperti meningkatkan memori, membuat tingkat konsentrasi lebih meningkat, serta juga meningkatkan mood positif sehingga terhindar dari stres (2). Menurut studi. Sarapan juga dapat melindungi tubuh dari berbagai macam jenis penyakit. Mereka yang membiasakan diri untuk sarapan juga cenderung mengkonsumsi lebih sedikit kalori dibandingkan mereka yang melewatkan sarapan. (3)

Risiko terkena penyakit diabetes juga akan semakin rendah dengan membiasakan diri sarapan pagi setiap hari. Hal ini disebabkan mereka  yang cenderung melewatkan sarapan pagi akan lebih resisten terhadap insulin. Resistensi insulin ini pada akhirnya dapat meningkatkan risiko terkenanya penyakit diabetes. (1)

Untuk urusan menu sendiri, sebaiknya diatur dengan sebaik mungkin. Upayakanlah agar menu sarapan Anda termasuk dalam kategori menu yang sehat seperti sayur-sayuran, buah-buahan, keju atau susu rendah lemak atau makanan yang mengandung  biji-bijian utuh (sereal gandum utuh), atau protein (selai kacang, daging tanpa lemak, ayam, ikan, telur rebus). (3)

Kombinasi dari karbohidrat kompleks, serat, protein, dan sedikit lemak, akan memberikan manfaat bagi kesehatan dan juga membuat Anda merasa kenyang untuk waktu berjam-jam. Selain menu makanan, yang tak kalah penting minuman yang wajib untuk dikonsumsi ketika sarapan pagi hari, yakni air putih. Minum air putih pada saat sarapan pagi hari diketahui sangat baik untuk kesehatan, apalagi ketika perut masih dalam keadaan kosong.

Seperti misalnya memperlancar proses detoksifikasi (pelepasan racun) dari dalam tubuh dan memperbaiki sistem pencernaan (4). Minum air putih ketika perut kosong setelah bangun di pagi hari juga penting untuk mencegah batu ginjal dan infeksi kandung kemih. Ini disebabkan minum air putih pada perut kosong mengencerkan asam yang menyebabkan batu di ginjal.  (4)

Semakin banyak air yang Anda minum (sampai batas yang dianjurkan), semakin Anda akan terlindungi dari berbagai jenis infeksi kandung kemih yang disebabkan oleh toksin (4). Minum air putih pada perut kosong membantu menyeimbangkan sistem limfatik yang dapat meningkatkan sistem imunitas pada tubuh.  Dengan sistem imunitas yang kuat akan membuat tubuh cenderung terlindungi dari berbagi serangan penyakit dan membuat aktivitas anda sehari-hari lebih efektif untuk dijalankan. (4)

Untuk memaksimalkan kebaikan air mineral ketika sarapan pagi, konsumsilah AQUA yang menghadirkan air mineral berkualitas dari sumber air pegunungan terpilih di Indonesia selama lebih dari 45 tahun. 

Pastikan konsumsi kemurnian dan kebaikan air mineral alami AQUA di pagi hari untuk tubuh yang sehat 

Referensi:

  1. https://www.honestdocs.id/pentingnya-manfaat-sarapan-pagi

  2. https://kumparan.com/@kumparanfood/mengapa-sarapan-itu-penting-1548028728050360641

  3. https://www.alodokter.com/manfaat-sarapan-yang-tidak-boleh-dilewatkan

  4. https://lifestyle.kompas.com/read/2017/07/04/090338420/8.manfaat.minum.air.setelah.bangun.tidur.?page=all