Kebaikan AirKemurnian Air

Cara Praktis Mengetahui Kualitas Air Minum yang Baik

kualitas air minum

Mengadopsi gaya hidup sehat, sesederhana dengan mulai minum air secara cukup. Karena otak kita terdiri dari 75% air, dehidrasi karena kurang minum air putih dapat menyebabkan kesulitan konsentrasi, gemetar berlebihan, mengantuk, muntah, dan ketidakstabilan emosi (5). Kehilangan cairan dan elektrolit juga dapat menyebabkan kram otot yang menghambat kinerja tubuh. Karena itu, kita perlu mengkonsumsi air yang cukup setiap hari dan menjadikannya sebuah kebiasaan.

Untuk itulah minum air secara cukup sesuai kebutuhan tubuh memang sangat penting. Selain memerhatikan kuantitasnya, memilih kualitas air minum juga tidak kalah penting penting bagi kesehatan tubuh. Data dari The Water Project menunjukkan bahwa 80 persen penyakit di negara berkembang biasanya berkaitan dengan kualitas air minum dan sanitasi yang buruk (1). Artinya, hanya air mineral berkualitas yang memberikan manfaat optimal bagi tubuh kita. 

Cara untuk memastikan kualitas air bisa dilakukan dengan serangkaian tes di laboratorium. Melakukannya setiap kali kita akan minum tentu kurang praktis. Namun ada sejumlah langkah mudah untuk mengetahui kualitas air minum yang baik. Inilah beberapa caranya.

CEK TINGKAT KEKERUHAN

Kualitas air minum yang baik sebenarnya bisa terlihat dengan mudah. Hal pertama untuk mengetahuinya hanya dengan melihat tingkat kekeruhan air. Jika air keruh, hampir dipastikan kualitas air buruk (2).

Kekeruhan air berpengaruh terhadap kualitas air minum karena menandakan terdapat sejumlah partikel dalam konsentrasi tinggi di air. Partikel-partikel tersebut bisa berupa material hasil sedimentasi, berbagai jenis polutan, hingga tanda keberadaan bakteri (3).

Tidak heran, air keruh memastikan kualitas air minum yang buruk. Bahkan, air keruh bisa membahayakan kesehatan manusia. Air seperti itu berpotensi mengandung patogen dan mikroba yang dapat memicu sejumlah penyakit.  

Untuk itu, pastikan untuk meminum air yang jernih. Lagi pula, selain menjadi tanda kualitas air minum yang buruk, air yang keruh juga pasti akan menghilangkan selera minum.

LIHAT WARNA AIR

Kualitas air minum bisa pula terlihat dari warna air. Tentunya Anda disarankan untuk memilih air dengan warna yang tidak terlalu pekat.

Selama ini, air yang baik dipersepsikan sebagai air yang tidak berwarna sama sekali. Padahal, belum tentu. Air mineral berkualitas apik juga bisa mengandung warna tertentu (3). Warna mengindikasikan kandungan partikel yang ada di dalamnya. Bisa jadi kandungannya justru bermanfaat, sehingga kerap kali air mineral memiliki warna tertentu.

Namun, untuk memastikan kualitas air minum tetap baik, pilih air yang tidak berwarna kuat dan pekat. Meski ada warna lain yang menyertai, air harus tetap terlihat bening.

Baca Juga: Fakta Air Mineral yang Perlu Anda Ketahui

COBA CIUM BAUNYA

Langkah lain untuk menilai kualitas air minum ialah dengan mencoba mencium aromanya. Pastikan air tidak berbau. Aroma tidak sedap yang keluar bisa menjadi tanda air terkontaminasi beragam hal.

Untuk melakukan pengujian sangat mudah. Coba ambil satu gelas air. Lalu gerakkan tangan di atasnya sembari mencium baunya. Jika tercium ada bau mengganggu, besar kemungkinan air sudah tercemar (4).

Oleh karenanya, disarankan untuk memilih air yang tidak berbau. Usahakan tidak ada aroma sama sekali di air yang hendak diminum.

KETAHUI SUMBERNYA

Jika memungkinkan, cari tahu sumber air yang hendak diminum karena kondisi lingkungan di sekitar sumber air akan berpengaruh terhadap kualitas air. Lingkungan yang buruk rawan mencemari sumber air. Polutan bisa masuk dan mengontaminasi kualitas air. 

Oleh karena itu, pastikan air berasal dari sumber terbaik. Seperti AQUA. Sumber air AQUA berasal 17 sumber air pegunungan terpilih Indonesia yang membentang dari Sabang hingga Merauke.

AQUA memilih sumber air pegunungan terbaik, dari sumber air lapisan tanah dalam. AQUA juga merawat lingkungan sekitar untuk menjaga kelestarian sumber air, seperti penanaman lebih dari 2 juta pohon dan perlindungan 10 hektar tanah di sekitar sumber air, agar alam dapat terus mengalirkan kebaikan untuk kita. 

Kebaikan dari alam dibotolkan langsung di sumbernya, melalui cara yang intensif namun efektif dengan pengawasan secara real time untuk menjaga kualitas terbaik saat produksi dan pengemasan hingga kebaikannya sampai di tangan Anda. 

Setelah mengetahui ciri kualitas air minum yang baik, sekarang menerapkan gaya hidup sehat dengan cukup minum air sesuai kebutuhan tubuh pun semakin mudah dilakukan. Pilih AQUA, karena hanya AQUA lebih dari 45 tahun murni langsung dari sumbernya. Kesegarannya tetap terjaga di setiap tetes kemurniannya melewati lebih dari 400 cek kualitas.

Sudah minum kebaikan AQUA hari ini?

 

Referensi:

  1. https://thewaterproject.org/water-scarcity/water_stats
  2. https://www.medicaldaily.com/testing-water-quality-4-signs-your-drinking-water-contaminated-421251
  3. https://www.usgs.gov/special-topic/water-science-school/science/water-color?qt-science_center_objects=0#qt-science_center_objects
  4. https://www.usgs.gov/special-topic/water-science-school/science/turbidity-and-water?qt-science_center_objects=0#qt-science_center_objects
  5. Santoso B., Hardinsyah, Siregar P, Pardede S. 2017