Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.

Menu Diet Sehat dan Sederhana yang Bisa Dimasak di Rumah

Kebaikan AirHidup Sehat | 05 November 2021
Menu Diet Sehat dan Sederhana yang Bisa Dimasak di Rumah

Bagi Anda yang sedang menjalankan program diet, mungkin kerap merasa kebingungan dengan menu yang akan dinikmati. Pasalnya menu makanan bagi pelaku diet tidak bisa sembarangan, baik jumlah kalori maupun kandungan nutrisinya harus diperhatikan. Banyak orang yang mencari referensi menu diet sehat yang bisa dimasak di rumah karena dinilai lebih higienis dan hemat. Bagi Anda yang sedang menjalankan program diet, simak contoh 5 menu diet sehat nan sederhana yang mudah dimasak berikut.

Overnight Oats

Bahan :

  • Oatmeals
  • Yogurt
  • Madu
  • Aneka topping seperti buah pisang, berry, almond, chia seed, granola dan sebagainya.

Cara Membuat :

  1. Campurkan semua bahan ke dalam mangkuk menjadi satu, lalu aduk hingga merata
  2. Tutup dan diamkan selama 4 jam di dalam kulkas. Lebih disarankan untuk mendiamkan semalaman dan dikonsumsi pagi harinya.

Green Smoothies

Bahan :

  • Sawi
  • Nanas
  • Pisang
  • Madu
  • Topping biji-bijian.
  • Air secukupnya

Cara Membuat :

  1. Potong nanas, pisang dan sawi dengan ukurang sedang
  2. Masukan hasil potongan ke blender, lalu tambahkan madu dan air secukupnya
  3. Haluskan semua bahan dan tambahkan topping lalu nikmati ketika perut kosong.

Pancake Sehat

Bahan :

  • 300 gram tepung oats
  • 180 ml susu almond
  • Topping (madu atau potongan buah)

Cara Membuat :

  1. Campur tepung oats dan susu almond. Lalu masak di atas api medium kecil hingga muncul gelembung, pipihkan memakai spatula.
  2. Nikmati bersama dengan topping potongan buah segar atau kacang-kacangan.

Fresh Salad

Bahan :

  • Selada
  • Kentang kukus
  • Jagung manis
  • Wortel potong tipis dan rebus
  • Tomat cherry
  • Apel
  • Telur rebus
  • Ayam dada rebus
  • Saus wijen

Cara Membuat :

  1. Campurkan semua bahan, aduk rata bersama saus wijen. Nikmati bersama ayam dada rebus dan telur rebus.

Sandwich Sehat

Bahan :

  • Roti tawar gandum
  • Selada
  • Tomat
  • Timun
  • Keju
  • Telur
  • mayonnaise

Cara Membuat :

  1. Goreng atau rebus telur sesuai selera lalu sisihkan.
  2. Ambil roti tawar, lalu tumpuk dengan irisan tomat, irisan mentimun, selada, keju lembaran,, telur, dan mayonaise. Susun semua bahan lalu tambahkan saus.
  3. Potong roti dan sajikan diatas piring saji.

Alasan Seseorang Melakukan Diet

Diet dilakukan dengan membatasi asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh. Pada umumnya, hal ini dilakukan karena masalah berat badan yang berlebih atau ingin mendapatkan tubuh yang sehat. Mungkin, Anda juga salah satu termasuk dari mereka yang melakukan diet dengan alasan dibawah ini:

Diet untuk Menjaga Berat Badan

Adalah alasan kebanyakan orang memutuskan untuk melakukan program diet. Selain meningkatkan rasa percaya diri, memiliki berat badan ideal juga menjaga tubuh dari berbagai penyakit.

Agar Tubuh Tetap Bugar

Salah satu hal yang kerap dikeluhkan oleh pemilik bobot berlebih antara lain tubuh yang kurang lincah, tidak bugar, mudah lelah atau begah. Agar terhindar dari ketidaknyamanan tersebut akhirnya banyak orang yang melakukan program diet.

Memiliki Sensitivitas pada Makanan Tertentu

Tidak hanya soal penampilan, diet juga dilakukan seseorang karena tubuhnya memiliki sensitivitas terhadap jenis makanan tertentu. Misal menghindari makanan manis karena dapat menimbulkan peradangan dalam bentuk jerawat. Hal ini dikarenakan kandungan glukosa yang cukup tinggi dapat memicu peningkatan insulin dan menyebabkan jerawat [5].

Menghindari Risiko Penyakit Tertentu

Beberapa ancaman penyakit seperti diabetes memang rentan menyerang seseorang yang mengalami obesitas. Oleh sebab itu, banyak orang melakukan diet dengan menerapkan menu diet sehat ini demi alasan kesehatan [2].

Tips Sukses Diet dari Rumah

Menjalankan program diet memang tidak mudah karena Anda harus membatasi asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh Anda. Dalam menu diet sehat, selain memperbanyak sayur, buah atau makanan sumber protein dan lemak baik. Anda bisa dapatkan bahan-bahan tersebut di toko terdekat atau supermarket, pastinya tetap taat protokol kesehatan saat diluar rumah. Anda juga bisa pantau penyebaran virus di daerah Anda dengan aplikasi PeduliLindungi.

Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan kebutuhan cairan dalam tubuh. Penuhi kebutuhan cairan Anda dengan air mineral AQUA karena kesegarannya tetap terjaga, setiap tetes kemurniannya melalui lebih dari 400 cek kualitas, dan dikemas langsung dari sumbernya. AQUA juga terpercaya lebih dari 48 tahun menghadirkan kesehatan dari tiap tetes air mineral gunung vulkanik.

AQUA juga memiliki Tiga Perlindungan, yaitu; melindungi ekosistem sumber airnya, menjaga kealamian mineralnya, serta diproses secara saksama untuk menjaga keasliannya sampai ke tangan Anda.

Melakukan program diet memang penuh tantangan. Anda harus mengkonsumsi makanan dalam jumlah dan nutrisi seimbang agar goal berat badan ideal tercapai. Salah satu trik mengatasinya adalah dengan menyantap beragam menu diet sehat nan sederhana yang bisa dimasak di rumah dengan warna-warna yang menggugah selera.

 

Referensi :

https://www.halodoc.com/kesehatan/diet-dan-nutrisi [1]
https://www.google.com/amp/s/www.sehatq.com/artikel/manfaat-diet-untuk-tubuh-sehat-tak-sekadar-soal-penampilan/ [2]
https://www.sehataqua.co.id/aqua-galon/
https://www.google.com/amp/s/hellosehat.com/nutrisi/resep-sehat/4-resep-overnight-oatmeal/
https://www.alodokter.com/empat-jenis-makanan-penyebab-jerawat