7 Menu Makan Malam Untuk Diet yang Sehat dan Tips Makannya

Hidup Sehat | 24 Juni 2022

Bagikan:

7 Menu Makan Malam Untuk Diet yang Sehat dan Tips Makannya

Ketika Anda ingin menurunkan berat badan, pasti Anda mengira bahwa makan malam merupakan hal yang wajib dihindari. Padahal, makan malam tetap dianjurkan meski Anda sedang menjalani program diet sekalipun. Hanya saja, Anda tidak bisa sembarangan memilih menu makan malam untuk diet tersebut dan harus mencermati berapa banyak kalori yang sudah dikonsumsi setiap harinya.

Ya, ada begitu banyak orang mengatakan bahwa makan pada malam hari dapat meningkatkan berat badan. Hal ini karena setiap kandungan nutrisi dalam makanan dicerna dengan cara berbeda-beda ketika telah diserap oleh usus. Sehingga, sejumlah makanan yang dapat berpengaruh terhadap sistem hormon dan pencernaan untuk meningkatkan rasa lapar sebaiknya dihindari di malam hari.

Maka dari itu, terdapat beberapa menu makan sehat dan bergizi yang direkomendasikan khusus jika Anda sedang menjalani diet.

Apa saja itu? Yuk, langsung saja simak berbagai rekomendasi makan malam untuk diet di bawah ini lengkap dengan tipsnya!

Rekomendasi Menu Makan Malam Untuk Diet

Makan malam untuk diet biasanya dianjurkan menggunakan menu yang kaya nutrisi dan membuat Anda tidak mudah merasa lapar. Hal tersebut ditujukan untuk mencegah kebiasaan makan berlebih.

Adapun rekomendasi makan malam untuk sehat yang dapat Anda coba ialah sebagai berikut.

1. Tahu dan Tempe

Menu makan malam untuk diet yang pertama adalah tahu tempe. Ya, dua makanan berbahan dasar kedelai ini terkenal sebagai sumber protein nabati yang sangat cocok digunakan jika Anda ingin makan pada malam hari di tengah program diet.

Pasalnya, tahu dan tempe dipercaya mampu mengendalikan nafsu makan hingga membuat Anda merasa kenyang lebih lama dibandingkan jika mengkonsumsi terlalu banyak karbohidrat.

Berikut kandungan gizi tahu dalam 1 porsinya.

  • Kalori 94 g
  • Lemak 5.2g
  • Karbo 2.3g
  • Prot 9.5g

Sedangkan, kandungan gizi tempe per porsi, yaitu:

  • 90 kkal
  • Lemak 12.4 g
  • Karbo 12.6 g
  • Prot 4.8 g

Baca juga: 12 Makanan Tinggi Serat, Bikin Kenyang dan Pencernaan Sehat!

2. Telur Rebus

Menu makan malam untuk diet selanjutnya adalah telur rebus. Seperti kita ketahui, telur mengandung protein dan lemak yang menyehatkan. Anda tak perlu khawatir mengonsumsinya pada malam hari sebab pada satu telur besar hanya mengandung 72 kalori [2]. Selain itu, dalam 1 buah telur juga mengandung beberapa hal di bawah ini.

  • Karbo 0.5 g
  • Lemak 5.2
  • Protein 6.2

Telur bisa membuat Anda merasa kenyang lebih cepat sehingga mencegah Anda dari kebiasaan makan berlebih. Hal menarik lainnya adalah hampir seluruh kandungan bagian kuning telur merupakan jenis zat gizi. Bahkan, saking padatnya gizi tersebut, telur bisa memenuhi kebutuhan harian Anda yang sedang menjalani diet rendah kalori [1].

3. Salad

Salad merupakan menu makan malam untuk diet yang sudah terkenal sehat dan kaya akan nutrisi. Makanan ini sering kali menjadi pilihan favorit banyak orang ketika ingin menurunkan berat badan. Bukan hanya karena kandungan kalorinya yang sedikit, namun juga lantaran sangat mudah dibuat.

Adapun kandungan dalam 1 mangkok salad ialah sebagai berikut.

  • Kalori 12 kkal
  • lemak 0.1 g
  • Karbo 2.7
  • Protein 0.6

Untuk membuatnya, Anda bisa menggunakan sayuran hijau, wortel, sekaligus tambahan buah-buahan seperti alpukat. Lalu, jika ingin menjadikan salad tersebut kaya akan protein, tambahkan saja telur rebus atau kacang-kacangan di dalamnya. Sebagai pelengkap, Anda dapat menggunakan minyak zaitun dan air perasan lemon secukupnya.

4. Daging Panggang

Daging panggang yang kaya protein dan rendah lemak juga patut Anda coba sebagai pilihan menu makan malam untuk diet. Selayaknya tahu, tempe, dan telur rebus, daging ayam maupun sapi juga mampu mengenyangkan serta membakar lebih banyak kalori dalam tubuh.

Tipsnya, Anda harus cermat memilih bagian daging yang rendah lemak, yaitu dengan ciri tidak ada atau sedikit serat putih pada daging. Anda bisa tambahkan brokoli atau jamur agar menu diet sehat Anda menjadi lebih lezat dan sehat.

Ini kandungan daging sapi panggang tanpa lemak setiap porsinya.

  • Kalori 168 kkal
  • Lemak 7.2 g
  • Karb 0 g
  • Protein 24 g

Baca juga: 5 Rekomendasi Menu Makan Siang untuk Diet Sehat, Enak & Mudah

5. Sup Ayam

Ketika malam hari suhu terasa lebih dingin, sehingga sering kali membuat Anda membutuhkan makanan berkuah hangat. Nah, sup ayam sangat cocok untuk dijadikan sebagai pilihan menu makan malam untuk diet lainnya.

Sup adalah salah satu makanan rendah kalori yang mengandung begitu banyak gizi dan air, sehingga bukan cuma sekadar membantu menurunkan berat badan tetapi juga sekaligus menyehatkan tubuh.

Selain ayam, Anda bisa memilih secara bebas jenis sayuran apa pun ke dalam sup. Namun, disarankan menggunakan kuah benih berbahan kaldu dan hindari terlalu banyak lemak seperti cream soup atau dengan tambahan santan.

Di bawah ini ialah kandungan gizi sup ayam per porsi.

  • 75 kkal
  • Lemak 2.4 g
  • Karbo 9.3 g
  • Protein 4 g

6. Cap Cay

Tak berbeda jauh dari sup, cap cay yang berisikan beragam jenis sayuran tentu mengandung banyak nutrisi baik untuk kesehatan tubuh, termasuk bagi Anda yang sedang ingin menurunkan berat badan. Agar membuat makanan ini tetap rendah kalori, Anda sebaiknya menghindari penggunaan minyak dan bahan makanan berlemak.

Adapun kandungan gizi capcay setiap porsinya adalah sebagai berikut.

  • 60 kkal
  • Lemak 2.3
  • Karbo 8.7
  • Protein 1.4 g

7. Kentang kukus

Menu makan malam untuk diet yang terakhir adalah kentang kukus. Salah satu sumber karbohidrat ini memang kerap digunakan sebagai makanan pengganti nasi bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Di samping banyaknya kandungan nutrisi dan zat besi di dalamnya, kentang dapat membuat Anda kenyang lebih cepat

Berikut kandungan gizi kentang kukus per 100 gram.

  • Kalori 87 kkal
  • Lemak 0.1 g
  • Karbo 20 g
  • Protein 1.8 g

Ketika ingin menyajikannya sebagai menu makan malam untuk diet, cobalah biarkan kentang yang telah dikukus hingga dingin terlebih dahulu. Hal ini mendorong pembentukan serat atau pati tahan cerna yang membantu manahan rasa lapar [1].

Tips Makan Malam Untuk Diet

Setelah mengetahui beragam rekomendasi makan malam untuk diet di atas, berikut ini terdapat sejumlah tips yang bisa membantu program penurunan berat badan Anda.

1. Makan Porsi Ringan

Saat malam hari, Anda disarankan mengonsumsi makanan porsi ringan. Hal ini ditujukan agar tubuh tidak membakar terlalu banyak kalori ketika aktivitas fisik Anda sedang beristirahat ketika malam. Sesuaikan porsi makan malam untuk diet dengan kebutuhan kalori harian Anda dan jangan sampai berlebih karena justru akan membuat berat badan naik.

2. Perhatikan Jam Makan Malam

Jam makan malam untuk diet perlu diperhatikan, karena ada efek samping bagi kesehatan tubuh kita apabila Anda makan terlalu malam. Adapun beberapa di antaranya ialah memicu timbulnya penyakit asam lambung dan peningkatan gula darah [4].

Selain itu, Anda sebaiknya memberi jarak antara waktu makan dan tidur, yakni sekitar 2 sampai 3 jam. Hal ini bertujuan agar makanan yang Anda konsumsi dapat dicerna dengan sempurna dan mencegah naiknya kembali makanan ke kerongkongan saat Anda dalam posisi tidur.

Selain itu, makan terlalu dekat dengan waktu tidur bisa mengganggu ritme sirkadian hingga akhirnya membuat Anda mengonsumsi makanan kurang sehat pada malam hari.

3. Konsumsi Makanan Tinggi Serat

Bagi Anda yang sedang diet, makanan tinggi serat sangat dianjurkan karena hanya mengandung sedikit kalo sehingga membantu menurunkan berat badan Anda. di samping itu, serat juga membuat perut kenyang lebih lama sehingga Anda pun terhindar dari kebiasaan makan berlebih di malam hari.

4. Konsumsi Protein Tanpa Lemak

Makanan tinggi protein juga sangat baik dalam program diet seimbang. Namun, Anda disarankan memilih sumber protein rendah lemak, misalkan ikan atau daging ayam fillet. Hindari pula makanan pedas dan asam untuk mencegah gangguan pencernaan selama Anda tidur.

Baca juga: 7 Ide Menu Sarapan Pagi untuk Diet yang Sehat & Rendah Kalori

Itulah deretan menu makan malam untuk diet yang sehat dan aman. Selain makanan tersebut, penting juga bagi Anda minum air putih yang cukup selama program diet. Bukan cuma sekadar membantu menghidrasi tubuh, minum air sebelum makan atau ngemil berguna memberikan rasa kenyang meski Anda hanya mengonsumsi porsi kecil, sebab volume lambung telah terisi oleh air terlebih dahulu.

Sama halnya dengan menu makan malam, memilih air mineral untuk dikonsumsi ketika sedang menurunkan berat badan juga tidak boleh sembarangan. Perlu diperhatikan juga kandungan, kualitas dan sumbernya.

Seperti AQUA yang berasal dari pegunungan di Indonesia yang murni dan alami. Kandungan mineral pun tidak akan berkurang ataupun hilang karena AQUA langsung mengambil air dari sumbernya. Dari atas pegunungan vulkanik, air mengalami penyaringan dari pasir dan batuan vulkanis secara alami [5].

Proses dan teknologi tinggi dalam pengemasan memungkinkan segala kebaikan air mineral berkualitas tetap terjaga hingga ke tangan konsumen. AQUA juga melakukan sekitar 400 cek kualitas untuk memastikan mutu air tetap baik.

Berkat semua langkah tersebut, air mineral berkualitas tersedia untuk memenuhi kebutuhan hidrasi harian Anda agar senantiasa sehat. 

Sumber air yang terlindungi akan melindungi kesehatan tubuh kita, sehingga dengan asupan mineral berkualitas yang mempunyai peranan penting dalam mendukung kesehatan tubuh dapat dengan mudah kita dapatkan melalui AQUA.

Jadi, jangan lupa minum #AQUADULU hari ini ya!

Referensi:

  1. 8 Menu Makan Malam untuk Diet yang Tidak Bikin Gemuk - Buka
  2. Jangan Takut, 8 Makan Malam untuk Diet Ini Aman Dikonsumsi - Buka
  3. 6 Metode Puasa Intermiten, Solusi Baru Turunkan Berat Badan - Buka
  4. Makan Tengah Malam, Ini 8 Dampak Buruknya Terhadap Tubuh - Buka
  5. Minum Air Mineral Berkualitas Dari AQUA Untuk Jaga Kesehatan

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.