8 Menu Sahur untuk Penderita Asam Lambung, Aman dan Sehat!

Tips Ramadhan | 19 April 2023

Bagikan:

8 Menu Sahur untuk Penderita Asam Lambung, Aman dan Sehat!

Memperhatikan pilihan menu sahur untuk asam lambung merupakan hal yang wajib dilakukan agar ibadah puasa dapat berjalan lancar.

Pasalnya, terdapat sejumlah makanan yang dapat memicu asam lambung naik hingga membuat Anda merasa kurang nyaman atau bahkan nyeri di dada.

Tentu Anda tidak ingin mengalami hal tersebut saat sedang berpuasa, bukan?

Nah, artikel berikut memiliki beberapa rekomendasi makanan sahur untuk penderita asam lambung yang bisa Anda jadikan pilihan. Yuk, simak!

Tips Memilih Menu Sahur untuk Penderita Asam Lambung

Sumber nutrisi bagi tubuh saat puasa didapatkan dari menu sahur sehat. Oleh sebab itu, Anda perlu berhati-hati dalam memilih menu makanan sahur, terutama bagi penderita asam lambung.

Penderita asam lambung umumnya memiliki sejumlah pantangan terhadap makanan. 

Demi mencegah hal buruk terjadi saat puasa, Anda perlu mengetahui tips memilih menu sahur untuk asam lambung, antara lain yaitu:

  • Pilih menu sahur dengan bumbu sederhana. Anda bisa menggunakan bawang putih, garam, dan merica. Selain itu, hindari penggunaan bumbu pedas dan asam untuk mencegah kenaikan asam lambung.
  • Pilih menu makanan dengan kandungan karbohidrat kompleks, seperti oatmeal, nasi merah, atau granola.
  • Konsumsi menu sahur yang memiliki kadar air tinggi dan mudah dicerna, seperti sop atau sayur bayam.
  • Konsumsi makanan yang tidak menimbulkan gas, seperti wortel dan labu siam.
  • Hindari konsumsi makanan pedas dan minuman bersoda karena dapat memicu refluks asam lambung.

8 Makanan Sahur untuk Penderita Asam Lambung

Selain tips memilih makanan, terdapat beberapa rekomendasi menu sahur untuk penderita asam lambung yang bisa Anda jadikan pilihan, yaitu sebagai berikut.

1. Teh Jahe

Menu sahur untuk asam lambung yang pertama adalah teh jahe. Teh jahe dikenal sebagai minuman saat sahur yang baik untuk meredakan nyeri pada lambung.

Berdasarkan data penelitian pada Holistik Jurnal Kesehatan, disebutkan bahwa jahe mengandung Atsiri Zingiberen, Zingiberol, Kurkumen, Bisabilena, Gingerol, dan Flandrena.

Sejumlah kandungan tersebut dapat membuat perut merasa nyaman, hangat, dan membantu mengatasi tekanan pada sfingter esofagus yang menyebabkan kenaikan asam lambung. 

Baca juga: 10 Ide Menu Halalbihalal Lebaran yang Lezat untuk Keluarga

2. Pisang

Jenis makanan sahur untuk penderita asam lambung berikutnya adalah pisang. Siapa yang tidak mengenal pisang?

Yup, selain mudah didapatkan, pisang juga memiliki rasa manis dan cepat membuat perut kenyang, sehingga banyak disukai oleh masyarakat.

Pisang diketahui memiliki kandungan pH tinggi (5,4)  dan mampu menetralisir keasaman getah lambung. 

Oleh sebab itu, buah satu ini cocok menjadi pilihan makanan sahur untuk asam lambung. 

Anda bisa mengolah pisang menjadi smoothie, roti, atau bubur oat untuk digunakan sebagai santapan saat sahur.

3. Alpukat

Buah alpukat juga bisa diolah menjadi menu sahur untuk asam lambung yang lezat. 

Alpukat adalah buah rendah kalori, tinggi serat, vitamin, dan mineral, sehingga bagus untuk dikonsumsi oleh penderita asam lambung.

Sejumlah menu makanan sahur untuk penderita asam lambung yang terbuat dari alpukat juga beraneka ragam dan bisa diolah dengan cepat, seperti toast, jus, salad, atau spring roll.

4. Kurma

Kurma adalah buah andalan yang identik dengan bulan Ramadan. Meski begitu, tidak banyak yang tahu jika buah kurma ternyata bisa dijadikan menu sahur untuk asam lambung, lho.

Biasanya, kurma kerap disajikan sebagai menu buka puasa. Namun, bagi penderita asam lambung, Anda juga bisa menyantap kurma saat sahur.

Kurma dikenal memiliki kandungan gula tinggi, kaya akan serat, magnesium, dan kalium, sehingga cocok dijadikan sebagai menu sahur untuk penderita asam lambung.

Selain langsung dikonsumsi, Anda juga bisa membuat olahan kurma, seperti wedang, smoothie, susu, atau jus.

5. Roti Gandum

Roti gandum dikenal sebagai salah satu menu sahur untuk asam lambung yang baik karena mengandung serat tinggi sehingga membantu mengurangi keasaman lambung dan memberikan rasa kenyang tanpa harus makan dengan porsi yang banyak.

Pada umumnya, roti gandum tidak menggunakan ragi, sehingga aman dikonsumsi bagi penderita asam lambung.

Untuk membuat olahan roti gandum sebagai makanan sahur untuk penderita maag, Anda bisa menyiapkannya dengan mudah dan cepat. 

Misalnya dengan langsung mengonsumsi roti gandum, diolah menjadi roti lapis alpukat atau memanggangnya bersama keju dan telur.

Baca juga: 10 Ide Kado Lebaran untuk Keluarga, Berkesan dan Bermanfaat!

6. Sayur Bayam

Rekomendasi menu sahur untuk asam lambung berikutnya bisa dibuat dari sayur bayam. 

Bayam memiliki kandungan gula dan lemak yang rendah, sehingga dapat membantu menurunkan asam lambung.

Anda bisa mengolah bayam dengan cepat menjadi sayur bening atau ditumis bersama daging ayam dengan minyak zaitun untuk mengurangi kadar lemaknya.

7. Pakcoy

Makanan sahur untuk penderita asam lambung berikutnya adalah pakcoy. Pakcoy masih satu famili dengan sawi, sehingga keduanya memiliki bentuk yang mirip.

Sayuran hijau ini kaya akan kandungan serat, protein, karbohidrat, magnesium, dan beberapa jenis vitamin, sehingga baik jika diolah sebagai makanan sahur untuk penderita asam lambung. 

Ada banyak jenis olahan pakcoy yang bisa Anda hidangkan kurang dari 30 menit sebagai menu sahur untuk penderita asam lambung, seperti sop, ditumis bersama jamur atau telur, capai, dan sate bola kentang.

8. Oatmeal

Oatmeal atau sereal gandum dikenal sebagai makanan yang baik untuk kesehatan, salah satunya bagi penderita asam lambung.

Oatmeal mengandung serat yang tinggi, sehingga mampu mengatasi gejala asam lambung apabila dikonsumsi secara rutin.

Ada banyak rekomendasi menu sahur untuk asam lambung yang terbuat dari sereal gandum, seperti pisang oat, bubur, smoothie, sandwich, toast, atau diolah bersama alpukat.

Demikian sejumlah informasi seputar menu sahur untuk asam lambung agar puasa Anda berjalan lancar.

Selain memperhatikan makanan sahur untuk penderita asam lambung, Anda juga perlu meningkatkan asupan mineral dengan minum AQUA DULU setiap hari.

AQUA adalah produk air minum yang terjaga kualitasnya setelah melewati tahap uji klinis dan perlindungan, sehingga kandungan mineralnya di dalamnya tak perlu Anda ragukan.

Untuk itu, selalu sediakan #AQUADULU setiap berbuka puasa dan sahur. Diciptakan oleh alam,100% MURNI air mineral untuk bulan yang suci!

Baca juga: 8 Aneka Takjil Kekinian 2023, Paling Populer saat Ramadan!

Referensi:

  1. 8 Menu Sahur yang Aman untuk Penderita Maag, Cegah Kambuh - Buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Pesan AQUA, kami antar. Belanja sekarang!

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut .