Minuman Alami ini Bantu Kurangi Mual saat Hamil

Kebaikan AirHidup Sehat | 25 Maret 2022

Bagikan:

Minuman Alami ini Bantu Kurangi Mual saat Hamil

Kehamilan adalah salah satu anugerah terbesar Tuhan yang diberikan kepada kita. Pastinya semakin bertambahnya usia janin dari trimester satu sampai trimester tiga, tubuh Anda akan mengalami beberapa fase perubahan hormon yang kerap membuat Anda merasa mual saat hamil terutama di trimester pertama [1].

Mual selama hamil dikenal sebagai morning sickness yang memicu rasa malas beraktivitas dan menurunkan nafsu makan. Jika tidak diatasi, morning sickness menyebabkan Anda kekurangan nutrisi yang berbahaya untuk perkembangan janin. Sejatinya, Anda bisa mengatasinya dengan minuman alami sebagai berikut [1]:

Air Kelapa

Air kelapa dapat mengurangi rasa mual selama hamil karena kandungan didalamnya. Menurut penelitian, air kelapa seperti minuman elektrolit yang bisa menggantikan cairan tubuh yang hilang setelah muntah. Pastinya, air kelapa mengandung banyak mineral dan aman untuk wanita hamil [1].
Anda bisa minum air kelapa dicampur 1 sendok teh perasan lemon saat mual datang. Minumlah sekitar 15 menit setelah mual atau muntah, yang terpenting minum secukupnya sehingga tetap aman. Kandungan yang baik pada air kelapa mampu membersihkan saluran kemih sehingga menghindari persalinan prematur [1].

Teh Peppermint

Minuman alami mengatasi mual saat hamil selanjutnya adalah teh peppermint. Aroma teh peppermint dapat menenangkan pikiran sehingga membuat Anda lebih rileks saat mual. Bahkan teh tersebut bisa membantu mengatasi gangguan pencernaan seperti menenangkan otot perut, meredakan gejala sakit perut, diare dan iritasi usus [1].

Air Perasan Lemon

Air perasan lemon efektif mengatasi mual karena kehamilan lantaran lemon bisa menenangkan perut yang mual dan muntah. Apalagi lemon kaya vitamin C sehingga menjadi antioksidan dan bisa meningkatkan tubuh lebih maksimal menyerap zat besi dari makanan [1].

Anda bisa membeli buah lemon dan diperas sendiri di rumah karena kealamian nya terjamin. Air lemon yang diperas sendiri tanpa campuran perisa makanan maupun pengawet sehingga aman untuk janin dan tidak mengganggu kesehatan [1].

Cara membuat air perasan lemon mudah, cukup potong lemon setengah bagian. Lalu peras lemon sampai terdapat ekstrak, tambahkan air hangat secukupnya dan aduk sampai merata. Agar rasanya lebih nikmat, Anda bisa mencampurkan 2 atau 4 sendok madu dan minum selagi hangat [1].

Air Jahe

Air jahe menjadi cara mengatasi mual saat hamil sejak dahulu karena bisa menghangatkan tubuh. Jahe mampu menenangkan perut agar rasa mual berangsur-angsur hilang. Apalagi sudah bertahun-tahun jahe mampu mengatasi rasa tidak enak pada perut karena jahe mengandung bahan aktif, yaitu gingerol dan senyawa yang dikenal shogaol yang memberikan sensasi hangat [1].

Jahe membantu hormon pengatur tekanan darah optimal menenangkan tubuh dan mengurangi mual. Caranya, cukup potong jahe menjadi beberapa irisan dan masukkan dalam cangkir bersama air mendidih. Diamkan 5 menit dan tambahkan madu agar rasanya enak, Anda bisa minum air jahe 2 hari sekali atau 3 kali dalam seminggu setiap mual [1].

Mineral Alami Menunjang Kehamilan

Selain mengkonsumsi minuman alami untuk mengatasi mual akibat kehamilan, Anda bisa minum air mineral sehingga perkembangan janin terjaga. Selama kehamilan, harus minum air sebanyak 2 liter atau 8 gelas air putih agar kebutuhan cairan tubuh terpenuhi.

Penuhi kebutuhan cairan Anda dengan air mineral AQUA karena kesegarannya tetap terjaga, setiap tetes kemurniannya melalui lebih dari 400 parameter cek kualitas, dan dikemas langsung dari sumbernya. AQUA juga terpercaya lebih dari 48 tahun menghadirkan kebaikan air mineral pegunungan dari tiap tetes airnya.

AQUA juga memiliki Tiga Perlindungan, yaitu; melindungi ekosistem sumber airnya, menjaga kealamian mineralnya, serta diproses secara saksama untuk menjaga keasliannya sampai ke tangan Anda.

 

Sumber:

  1. Minuman yang Dapat Kurangi Mual dan Muntah pada Awal Kehamilan, Popmama
  2. Manfaat Rajin Konsumsi Air untuk Kehamilan
  3. Minum Air Mineral Berkualitas Dari AQUA Untuk Jaga Kesehatan

 

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.