9 Olahraga yang Membantu Menambah Tinggi Badan di Rumah

Hidup Aktif | 06 Juni 2022

Bagikan:

9 Olahraga yang Membantu Menambah Tinggi Badan di Rumah

Meski banyak ditentukan oleh genetik (potensi pertumbuhan tinggi badan dipengaruhi oleh tinggi badan orang tua), sebenarnya tinggi badan juga dapat dipengaruhi berbagai faktor eksternal seperti nutrisi, diet sehat, dan latihan fisik. Maka dari itu, tak mengherankan bila ada beberapa gerakan olahraga peninggi badan untuk remaja yang dianggap bisa membantu merangsang pertumbuhan tulang.

Perlu diketahui bahwa rapid bone growth dan peningkatan kepadatan serta kekuatan tulang berlaku selama masa kanak-kanak dan remaja. Olahraga tertentu selama periode ini dapat memaksimalkan massa tulang.

Sedangkan pertumbuhan dan perkembangan tulang terjadi selama masa janin dan berlanjut hingga menutupnya lempeng epifisis atau sekitar akhir usia 20 tahun. Sehingga, melakukan olahraga untuk menambah tinggi badan pada usia anak-anak dan remaja juga dapat membuat tulang menjadi lebih kuat.

Jadi, apabila Anda ingin memperkuat tulang sekaligus mengoptimalkan tinggi badan, khususnya jika Anda masih dalam masa pertumbuhan, berikut beberapa gerakan yang bisa dicoba. 

9 Olahraga Peninggi Badan untuk Remaja

Sebelum masa pertumbuhan usai, beberapa gerakan olahraga peninggi badan untuk remaja berikut dinilai cukup efektif, yaitu:

1. Berenang

Di samping mampu membantu meningkatkan tinggi badan, berenang ternyata juga dapat menguatkan tulang belakang dan mendorong Anda untuk memiliki postur tubuh yang baik. Sebab berenang mengharuskan tubuh untuk mengeluarkan usaha lebih besar agar dapat menggerakkan seluruh otot Anda di air.

Selain itu, Anda juga melawan gravitasi dengan mengambang secara horizontal. Hal tersebut tentu akan membuat tubuh bagian atas mengalami kontraksi dan peregangan yang bisa memicu pertumbuhan jaringan otot. Bahkan, olahraga ini juga mampu meminimalisir tekanan yang disebabkan oleh berat tubuh sehingga sangat baik untuk persendian.

2. Lompat tali

Sesuai namanya, latihan ini tentu mengharuskan Anda untuk melompat secara konstan. Itu artinya, tubuh akan membuat banyak otot berkontraksi dan meregang sehingga sangat membantu memicu peningkatan tinggi badan. Lompat tali juga termasuk olahraga peninggi badan sebelum tidur yang dapat Anda lakukan secara mudah di rumah.

3. Basket

Saat bermain basket, seseorang harus melompat, berlari, melempar, dan mengambil bola dari lawan. Permainan bola basket membuat tubuh Anda melawan gaya gravitasi dengan “terbang” di udara secara vertikal. Alhasil, otot mengalami peregangan dan tubuh pun berkontraksi saat mendarat menyentuh tanah. Inilah yang mendorong tulang tumbuh lebih tinggi.

Tak hanya itu, ketika Anda konsisten melompat dan berlari, maka lempeng pertumbuhan akan merasakan beberapa guncangan. Akibatnya, tubuh secara otomatis mengalirkan banyak darah ke lempeng tersebut yang nantinya dapat memicu pertumbuhan dengan maksimal.

4. Bersepeda 

Bersepeda termasuk olahraga peninggi badan di rumah yang bisa Anda lakukan setiap hari. Di samping menyenangkan, bersepeda membuat tubuh semakin berstamina sekaligus terpacu pertumbuhannya.

Pasalnya dengan bersepeda, tubuh bagian bawah Anda otomatis akan bekerja lebih keras karena harus mengayuh pedal. Alhasil secara otomatis, aliran darah pada otot paha dan lutut meningkat sehingga pertumbuhan tubuh bagian bawah pun dapat dirangsang. 

Baca juga: Push up, olahraga yang bantu jaga kesehatan jantung

5. Pull up

Pull up atau bergelantungan di tiang tinggi ini merupakan olahraga peninggi badan untuk remaja maupun anak-anak yang cukup menyenangkan. Gerakan ini dapat meluruskan sekaligus memanjangkan tulang belakang selama masa pertumbuhan masih berlangsung.

6. Yoga

Beberapa gerakan yoga seperti triangle pose, mountain pose, tree pose yang dapat membantu Anda untuk meregangkan otot tubuh. Hal ini akan sangat bermanfaat guna menambah tinggi, memperbaiki postur tubuh, sekaligus mengurangi stres. Itulah sebabnya, yoga termasuk olahraga peninggi badan sebelum tidur yang direkomendasikan.

7. Sepak bola

Bermain sepak bola mengharuskan Anda untuk berlari yang dapat meregangkan otot paha dan lutut. Tak hanya itu, permainan ini juga membutuhkan banyak gerakan lompat guna menyundul serta menggerakkan bola. Hasilnya, banyak lempeng yang terbantu untuk menerima darah kaya oksigen dan hormon pendukung pertumbuhan.

8. Voli

Mirip seperti basket, voli memiliki gerakan utama berupa melompat serta merentangkan tangan ke atas untuk mengumpan maupun menerima bola. Hal ini dianggap mampu merangsang tulang punggung dan kaki agar tumbuh lebih tinggi.

9. Lari 

Olahraga peninggi badan terakhir ini dapat merangsang stimulus pertumbuhan tulang sekaligus memperkuat otot betis dan paha. Di samping itu, latihan ini juga dapat membantu membakar kalori dan menjaga kesehatan sistem kardiovaskuler [1].

Tips agar Olahraga Peninggi Badan Bisa Optimal

Selain melakukan 9 latihan di atas, Anda pun disarankan untuk menerapkan beberapa tips olahraga peninggi badan berikut ini agar hasilnya optimal.

1. Konsumsi makanan bergizi seimbang

Untuk merangsang pertumbuhan, asupan yang paling direkomendasikan adalah kalsium dan vitamin D. Hal ini dikarenakan untuk memfasilitasi penyerapan kalsium di usus membutuhkan bantuan dari vitamin D.

Nah, kedua zat tersebut dianggap mampu meningkatkan kepadatan sekaligus kesehatan tulang. Namun, tentunya Anda juga perlu mencukupi seluruh kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan tubuh dengan mengkonsumsi protein, buah, dan sayur agar tetap sehat.

2. Tidur yang cukup

Saat tidur, tubuh akan memproduksi hormon pertumbuhan bernama human growth hormone atau HGH. Itulah sebabnya, tidur yang cukup dan berkualitas akan sangat membantu anak-anak maupun remaja dalam masa pertumbuhan untuk meningkatkan produksi HGH [2]. 

Baca juga: 6 Manfaat Minum Air Putih Sebelum Tidur untuk Kesehatan

3. Gunakan suplemen dengan hati-hati

Bila perlu, Anda juga dapat memaksimalkan pertumbuhan dengan mengkonsumsi suplemen yang tepat. Namun perlu diingat, memilih suplemen pendukung ini juga harus dilakukan secara hati-hati sesuai kebutuhan. Pastikan Anda melakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi suplemen.

Itulah beberapa olahraga peninggi badan yang AQUA rekomendasikan untuk Anda. Sebagai catatan, latihan-latihan fisik tersebut akan sangat membantu bila Anda masih dalam masa pertumbuhan atau di bawah usia 20 tahun. Namun intinya, apapun jenis olahraga yang dipilih, pastikan untuk selalu #AQUADULU baik sebelum ataupun sesudah memulainya. Semoga bermanfaat!

Referensi:

  1. 7 Olahraga untuk Membantu Menambah Tinggi Badan - Buka
  2. 5 Olahraga yang Menambah Tinggi Badan - Buka
  3. Ingin Tumbuh Tinggi? Ikuti 5 Olahraga untuk Meninggikan Badan Ini - Buka
  4. How to Increase Your Height: Is There Anything I Can Do? - Buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.