Logo AQUA

8 Olahraga untuk Anak SD yang Baik Bagi Tumbuh Kembangnya

Hidup Sehat | 06 Juni 2022

Bagikan:

8 Olahraga untuk Anak SD yang Baik Bagi Tumbuh Kembangnya

Rutinitas berolahraga pada dasarnya tidak ditujukan terhadap orang dewasa semata, melainkan juga kepada segala usia termasuk anak sekolah dasar (SD). Bukan cuma sekadar sebagai kegiatan bermain, manfaat olahraga untuk anak SD ternyata sangat beragam, salah satunya ialah meningkatkan daya ingat dan melatih konsentrasinya.

Di samping itu, masih ada banyak manfaat olahraga lainnya bagi tumbuh kembang anak yang tidak sepatutnya dilewatkan begitu saja. Ingin tahu apa saja? Yuk simak ulasan mengenai berbagai jenis olahraga untuk anak SD lengkap dengan fungsinya berikut ini!

Manfaat Olahraga untuk Anak SD

Aktivitas olahraga di rumah maupun di sekolah tidak hanya membuat anak aktif bergerak. Momen ini sebetulnya merupakan kesempatan emas bagi para orang tua untuk mengenalkan dunia olahraga sejak dini. Selain itu, olahraga juga menyimpan segudang manfaat terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak. Berikut beberapa di antaranya.

  • Meningkatkan kebugaran anak
  • Membangun otot dan daya tahan yang kuat
  • Meningkatkan fokus dan daya ingat
  • Menjaga kesehatan jantung dan paru-paru
  • Memicu pertumbuhan dan meningkatkan kekuatan tulang
  • Melatih koordinasi gerak dan keseimbangan tubuh
  • Mencegah risiko obesitas pada anak
  • Membentuk postur tubuh anak yang ideal, baik itu berat maupun tinggi badan
  • Mencegah penyakit metabolik

Nah, di samping berbagai dampak kesehatan tersebut, ada pula manfaat olahraga untuk anak SD lainnya dari segi psikologis dan sosial, yaitu:

  • Melatih sifat kepemimpinan
  • Mengasah perkembangan sosial
  • Melatih anak bekerjasama dalam tim
  • Mendorong anak untuk mendengarkan dan mengikuti instruksi
  • Meningkatkan keterampilan akademik dengan pengulangan, penghafalan, dan sebagainya
  • Membentuk kedisiplinan
  • Melatih mental menang kalah

Jenis Olahraga untuk Anak SD 

Nah, setelah mengetahui berbagai manfaat olahraga untuk anak di atas, berikut ini terdapat sejumlah jenis olahraga yang bagus bagi si kecil.

1. Bersepeda

Bersepeda merupakan jenis olahraga untuk anak SD yang sangat digemari. Meskipun sering membuat si kecil harus terjatuh berulang kali, namun hal ini secara tidak langsung akan melatih kemandirian dan kegigihannya.

Anak juga akan belajar mempertahankan keseimbangan, fleksibilitas, serta koordinasi tubuh ketika bermain sepeda. Bila dilihat dari sisi kesehatan, bersepeda dapat menjaga kesehatan jantung sekaligus memperkuat otot kaki anak.

Apabila anak baru pertama kali bersepeda, maka sepeda yang akan dinaiki bisa memakai sepeda roda empat. Ketika anak sudah terbiasa dan sudah terlatih keseimbangannya, roda tambahan pada sepeda bisa dilepas dan mulai berlatih memakai sepeda roda dua.

2. Basket

Olahraga untuk anak SD berikutnya adalah basket. Permainan bola dengan sebuah keranjang ini merupakan cara efektif dalam membuat anak-anak aktif secara fisik. Basket juga akan mendorong si kecil bermain dan bekerja sama dalam suatu tim. 

Selain itu, anak dapat belajar mengendalikan tubuhnya melalui metode defense dan offense dalam permainan basket. Ini pada akhirnya mengembangkan kelincahan, meningkatkan kekuatan otot, sekaligus melatih pemikiran anak [1].

Baca juga: 12 Manfaat Olahraga Teratur bagi Kesehatan Fisik dan Mental

3 Sepak Bola

Sudah tak perlu ditanyakan lagi, sepak bola merupakan jenis olahraga untuk anak SD di rumah maupun sekolah yang paling populer di seluruh dunia. Bahkan, sepak bola dapat diajarkan mulai anak usia 4 tahun [1]. Tak berbeda jauh dari basket, permainan ini akan melatih anak bekerja sama dalam tim dan membentuk sikap disiplin.

Sementara, dari sisi kesehatan, sepak bola dapat membantu melatih kekuatan otot, koordinasi, fleksibilitas, ketangkasan, keseimbangan, hingga daya tahan kardiovaskular [1].

4. Beladiri

Beladiri merupakan salah satu jenis olahraga yang memiliki keunikan tersendiri di setiap negara. Di Korea misalnya, terdapat beladiri Tae Kwon Do. Sementara di Jepang menggunakan Karate, dan Indonesia memiliki Pencak Silat.

Bukan hanya sekadar latihan fisik, olahraga ini juga mendorong perkembangan anak secara menyeluruh, baik itu pertumbuhan fisik, emosional, maupun spiritualnya. Bagaimana tidak, beladiri pada dasarnya mengajarkan anak mengenai kedisiplinan, pengendalian diri, hingga fokus.

5. Renang

Berbeda dari lainnya, olahraga renang biasanya ditujukan untuk melatih kemampuan anak secara tunggal tanpa harus bersaing dengan siapa pun [1]. Renang sering kali direkomendasikan sebagai olahraga untuk anak SD karena membantu si kecil mengatasi rasa takut ketinggian dan kedalaman air. Olahraga ini juga meningkatkan kekuatan otot dan paru-paru.

6. Senam

Salah satu jenis olahraga untuk anak SD di rumah adalah senam. Adapun manfaat utama dari senam, yaitu melatih keseimbangan, koordinasi, serta fleksibiltas. Bahkan, siapa sangka jika olahraga ini mampu meningkatkan kekuatan jantung. Sementara secara sosial, senam diketahui dapat mendorong rasa percaya diri anak.

7. Bulu Tangkis

Rekomendasi olahraga untuk anak SD lainnya ialah bulu tangkis. Seperti Anda ketahui, bulu tangkis merupakan olahraga yang cukup populer di Indonesia mengingat cemerlangnya prestasi para atlet seperti Greysia Polli, Kevin Sanjaya, dan masih banyak lagi.

Selain memberikan pengalaman yang menyenangkan, bulu tangkis memiliki sederet manfaat bagi keterampilan anak, mulai dari menjaga daya tahan tubuh, meningkatkan kekuatan otot, dan tentunya melatih kelincahan.

Baca juga: 9 Olahraga untuk Membantu Menambah Tinggi Badan di Rumah

8. Lari

Jarang diketahui, lari merupakan olahraga untuk anak SD yang paling direkomendasikan. Selain praktis dan tanpa biaya, lari termasuk bentuk latihan terbaik bagi anak-anak karena memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Dengan rutin berlari, tubuh si kecil akan membentuk kekebalan, meningkatkan kekuatan paru-paru, otot, kardiovaskular, serta melatih fokus dan konsentrasinya.

Demikianlah sederet rekomendasi olahraga untuk anak SD beserta manfaatnya bagi tumbuh kembang si kecil. Selama anak aktif bergerak, pastikan kebutuhan cairan tubuhnya selalu tercukupi dengan minum air putih setidaknya 8 gelas sehari.

Pasalnya, tubuh akan kehilangan lebih banyak cairan ketika berolahraga. Padahal, cairan merupakan komponen penting yang berguna untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Sehingga bila tidak cukup minum, si kecil berisiko mengalami dehidrasi. Bukannya memberikan manfaat, kondisi ini justru membuat tubuh tidak dapat bekerja dengan baik.

Situasi di mana anak susah minum air putih kerap menjadi masalah umum yang dihadapi oleh para orang tua. Namun, mengingat pentingnya cukup minum bagi anak, Anda bisa mengatasi kondisi tersebut dengan mulai menyediakan kemasan AQUA Kids 330 ml di rumah.

AQUA Kids dilengkapi dengan bentuk botol yang unik serta berbagai karakter menarik sehingga minum lebih menyenangkan dan anak minum lebih banyak air. Di samping itu, AQUA juga menyediakan berbagai pilihan kemasan lainnya yang praktis dibawa kemanapun untuk menemani aktivitas anak di luar.

Salah satunya adalah jenis kemasan AQUA Click & Go 750ml dengan sports cap yang memudahkan Anda untuk minum air mineral terbaik saat berolahraga. Tak perlu khawatir, proses pengemasan AQUA telah melalui 400 uji klinis sebelum tiba di tangan Anda. Sehingga, kemurnian dan kualitasnya selalu terjaga dengan baik.

Yuk, dapatkan manfaat air mineral berkualitas dengan minum #AQUADULU setiap hari!

Referensi:

  1. List of Best Sports for Kids to Play - Buka
  2. Jenis Olahraga Anak SD Sesuai Usia untuk Mendukung Perkembangannya - Buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Pesan AQUA, kami antar. Belanja sekarang!

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut .