Kemurnian Air

Organ-Organ Ini Tak Bisa Hidup Tanpa Air

By Kemurnian Air | January 30, 2019 No Comments
manfaat berbuka puasa

Tanpa Anda sadari, beberapa organ dalam tubuh Anda sangat bergantung pada air.

Air bukan hanya untuk diminum dan dikeluarkan melalui urine. Tahukah Anda, ternyata ada beberapa organ tubuh yang sangat bergantung dengan air? Berikut adalah organ-organ tersebut:

1. Darah dan Ginjal

Darah dan ginjal merupakan organ dengan kadar air tertinggi pada tubuh. Kadar air kedua organ tersebut dapat mencapai 83%. Darah adalah sistem transportasi dalam tubuh dan penting untuk menghantarkan oksigen dan nutrien penting ke seluruh tubuh. Selain itu, darah juga membawa sisa-sisa metabolisme sehingga tidak menumpuk di dalam tubuh. Ginjal merupakan organ penting untuk menyaring darah dan esensial untuk pengaturan elektrolit.

2. Jantung dan Paru-Paru

Kadar air pada kedua organ di atas mencapai 79%. Jantung merupakan salah satu organ vital pada manusia. Fungsinya adalah untuk memompakan darah ke seluruh bagian tubuh. Sementara itu, paru-paru bertugas untuk pertukaran udara pada pernapasan. Oksigen yang penting bagi tubuh akan masuk dan karbon dioksida (CO2) akan dikeluarkan.

3. Limpa dan Otot

Limpa dan otot masing-masing memiliki kadar air hingga 79%. Limpa merupakan organ yang berperan dalam pembentukan sel darah merah dan sistem imunitas. Otot membantu kita bergerak dan melakukan kegiatan sehari-hari.

4. Otak dan Usus

Kadar air otak mencapai 75%, begitu juga dengan usus. Di dalam otak pun terdapat cairan yang dikenal dengan nama liquor cerebrospinalis, yang berfungsi untuk memberikan perlindungan pada otak. Otak merupakan organ yang mengatur seluruh kerja tubuh. Jika otak mati maka tubuh tidak dapat bekerja secara mandiri. Sedangkan usus berperan dalam proses pencernaan, terutama untuk masuknya nutrisi ke dalam tubuh.

5. Cairan Pembentuk Berbagai Organ

Organ lainnya ternyata memiliki cairan pembentuk. Contohnya adalah cairan bola mata. Cairan bola mata berfungsi untuk menjaga tekanan dan bentuk bola mata serta memberi nutrisi bagi mata. Contoh lainnya adalah sendi yang memiliki cairan sendi untuk mempermudah pergerakan. Berdasarkan penjelasan di atas, dapat dilihat bahwa air merupakan komponen utama dari banyak organ-organ vital. Organ-organ tersebut penting untuk menjaga kehidupan Anda.

Sumber :
http://www.h4hinitiative.com/h4h-academy/hydration-lab/water-and-hydration-physiological-basis-adults/water-body