Pentingnya Tetap Terhidrasi Setiap Hari, Terutama Saat Mudik

Tips Ramadhan | 28 April 2022

Bagikan:

Pentingnya Tetap Terhidrasi Setiap Hari, Terutama Saat Mudik

Lebaran segera tiba! Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, mudik termasuk bagian dari perayaan hari raya Idul Fitri yang telah menjadi tradisi setiap tahunnya. Nah selain menyiapkan kendaraan dan dokumen perjalanan, menjaga kesehatan dengan memastikan tubuh terhidrasi adalah aspek penting yang juga tak boleh Anda lewatkan.

Pasalnya, kesehatan merupakan hal terpenting untuk mendukung kelancaran persiapan mudik Anda. Maka dari itu, yuk pahami apa pentingnya terhidrasi selama perjalanan mudik dalam artikel berikut! Kali ini, AQUA juga akan membahas seputar barang bawaan mudik yang wajib Anda bawa. Jadi, simak baik-baik sampai habis, ya!

Apa itu Terhidrasi?

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, terhidrasi adalah salah satu poin penting dalam persiapan mudik. Namun sebenarnya, apa itu terhidrasi? Sederhananya, terhidrasi adalah kondisi dimana tubuh Anda cukup mendapatkan hidrasi atau cairan. 

Dengan kata lain, terhidrasi adalah kondisi dimana Anda sudah cukup minum, atau sudah memenuhi kebutuhan hidrasi harian Anda. Namun perlu diingat, kebutuhan hidrasi setiap orang berbeda karena bergantung pada beberapa faktor.

Sementara itu, arti hidrasi adalah proses di mana molekul air mengelilingi ion yang tersusun dalam keadaan tertentu. Nah seperti yang kita ketahui, lebih dari 70% atau sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air. Oleh karena itu, menjaga hidrasi adalah satu hal yang semestinya perlu Anda perhatikan dengan sungguh-sungguh.

Dilansir dari Healthline, kurangnya tingkat tubuh terhidrasi adalah faktor utama penyebab terganggunya keseimbangan tingkat energi dan fungsi otak Anda [1]. Bahkan secara lebih lanjut, banyak penelitian telah menunjukkan bahwa manfaat terhidrasi adalah dapat membantu menangani sejumlah masalah kesehatan seperti [1]:

  • Sembelit
  • Infeksi saluran kemih
  • Gangguan ginjal, produksi urin menurun, meningkatkan risiko infeksi saluran kencing dan batu ginjal
  • Turgor kulit melambat, mukosa tubuh menjadi kering
  • Dada terasa berdebar karena jantung bekerja lebih berat untuk memompa darah
  • Gangguan kognitif berupa perubahan mood

Pentingnya Terhidrasi Selama Perjalanan Mudik

Bila membahas seputar tips persiapan mudik, dalam hal ini, memastikan tubuh terhidrasi adalah poin utama yang harus diperhatikan. Alasan mengapa selama mudik Anda juga harus mengutamakan tubuh terhidrasi adalah karena kondisi dehidrasi dapat memicu timbulnya:

  • Perasaan mudah cemas dan tegang
  • Konsentrasi menurun
  • Penurunan daya ingat visual
  • Mudah lelah
  • Sakit kepala
  • Penurunan kelayakan mengemudi kendaraan dengan aman

Baca juga: Pengertian Mudik Lokal dan Tips Persiapan Mudik Lebaran 2022

Persiapan Mudik

Nah setelah memahami bahwa terhidrasi adalah salah satu poin utama dalam persiapan mudik, kini saatnya untuk mengetahui barang-barang apa sajakah yang harus Anda bawa nantinya. Jangan sampai terlewat, inilah beberapa barang bawaan mudik yang wajib Anda kemas:

1. Sertifikat vaksin

Tahun ini, pemerintah kembali mengizinkan mudik dengan syarat bahwa pemudik harus mendapatkan vaksinasi secara lengkap. Nah nantinya, hal tersebut harus bisa Anda buktikan kepada petugas setempat dengan menunjukkan sertifikat vaksin yang tertera di aplikasi Peduli Lindungi. 

Oleh karena itu, pastikan untuk menyiapkan barang bawaan mudik yang pertama ini dengan mengunduh aplikasi Peduli Lindungi terlebih dahulu sebelum berangkat dan ikuti panduannya sampai Anda berhasil memperoleh dokumen sertifikat vaksin.

2. Masker dan hand sanitizer

Meski pandemi Covid-19 telah melandai, pastikan untuk menaati protokol kesehatan yang berlaku mengingat virus Corona belum sepenuhnya hilang. Apalagi saat mudik, Anda akan berpapasan dengan banyak orang sehingga tentu perlu proteksi tambahan selain vaksin guna melindungi diri sepenuhnya dari virus.

Jadi, jangan lupa untuk selalu mengenakan masker, ya. Ada baiknya juga untuk menggunakan masker sesuai anjuran dari pemerintah yaitu minimal masker bedah untuk memberikan perlindungan dari virus corona dan polusi kendaraan selama mudik. Di samping itu, sediakan juga stok masker selama perjalanan serta hand sanitizer secukupnya.

3. Powerbank

Mengingat mudik sudah diperbolehkan, ada kemungkinan nantinya Anda akan terjebak di tengah kemacetan. Untuk mengantisipasinya, dalam melakukan persiapan mudik, pastikan untuk mengepak powerbank dalam tas barang bawaan mudik Anda, ya. 

Hal ini juga didukung dengan fakta bahwa hampir seluruh mobilitas kita banyak bergantung pada ponsel. Mulai dari peta rute, aplikasi Peduli Lindungi, tiket perjalanan, dan lain sebagainya. 

Barang bawaan mudik selanjutnya yang tak boleh terlewat yaitu kabel charge untuk mengisi daya baterai ponsel saat Anda menemukan stopkontak di tengah perjalanan nantinya, atau apabila kendaraan yang Anda naiki memungkinkan Anda untuk mengisi baterai ponsel saat perjalanan.

4. Obat-obatan

Tips mudik lebaran selanjutnya yaitu memastikan tersedianya obat-obatan. Sebab meski Anda merasa sehat saat melakukan persiapan mudik sebelum berangkat, tak ada salahnya lho untuk membawa obat-obatan sebagai upaya waspada. Jenis obat-obatannya ini pun dapat Anda sesuaikan dengan riwayat medis dan kondisi kesehatan masing-masing.

Siapkan juga aneka vitamin pendukung yang bisa Anda konsumsi selama perjalanan untuk menunjang performa tubuh sepanjang mudik lebaran nantinya.

5. Kotak P3K

Selanjutnya, pastikan juga untuk melengkapi barang bawaan mudik Anda dengan beberapa perlengkapan P3K guna mengantisipasi kondisi darurat selama perjalanan. Apalagi jika Anda pergi mudik bersama keluarga.

Perlengkapan P3K ini dapat Anda isi dengan beberapa barang seperti seperti ibuprofen untuk meredakan nyeri dan demam, obat mabuk perjalanan, obat anti diare, obat nyamuk, tisu, desinfektan, dan lain-lain.

6. Air mineral

Fakta bahwa tubuh terhidrasi adalah salah satu persiapan mudik yang cukup berpengaruh, tentu tak heran bukan jika Anda juga tidak boleh lupa membawa air mineral? Apalagi mengingat jarak tempuh mudik biasanya jauh dan memerlukan waktu yang cukup lama, minum AQUA untuk menjaga hidrasi adalah hal yang harus diperhatikan.

AQUA juga hadir dalam berbagai kemasan, sehingga memudahkan Anda untuk minum air putih kapanpun, dan dimanapun. Dalam perjalanan, kemasan yang pas adalah kemasan 1500ml atau kemasan 600ml. Anda juga tidak perlu takut akan kehabisan AQUA saat melakukan perjalanan mudik. 

Faktanya, AQUA sangat mudah didapatkan di minimarket terdekat! Anda bisa membelinya di Alfamart atau Indomaret, dimana 2 botol AQUA 600ml dapat diperoleh dengan harga Rp6.400 saja, selama periode promo.

Baca juga: Manfaat Air Mineral Untuk Kesehatan Tubuh, Kamu Harus Tahu!

7. Bekal makanan

Terakhir, di samping memastikan tubuh terhidrasi adalah penting, perhatikan juga asupan makanan Anda selama perjalanan mudik, ya. Apalagi di tengah puasa seperti ini, tentu Anda hanya memiliki 2 kesempatan untuk menyantap makanan, yaitu saat sahur dan berbuka.

Maka dari itu, maksimalkan kedua waktu tersebut untuk mengonsumsi makanan sehat yang tinggi protein dan kaya serat sehingga Anda pun tetap berenergi di sepanjang perjalanan.

Demikian penjelasan mengenai pentingnya terhidrasi selama perjalanan mudik. Kuncinya, jangan pernah biarkan pikiran Anda kosong begitu saja sepanjang melakukan perjalanan nantinya. Tetap jaga fokus Anda dengan minum #AQUADULU dalam jumlah cukup.

Tak hanya itu, air mineral berkualitas seperti AQUA juga mengandung sejumlah manfaat yang baik bagi tubuh Anda. Mulai dari membantu tubuh lebih berenergi, melancarkan sistem pencernaan, dan masih banyak lagi. Pada intinya, sukseskan perjalanan mudik Anda dengan menjaga kesehatan tubuh melalui minum AQUA yang cukup.

Akhir kata, semoga persiapan mudik Anda berjalan dengan lancar dan bisa sampai ke kampung halaman dengan selamat, ya. Sampai jumpa!

Referensi

1. How Much Water Should You Drink Per Day? - Buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.