Pentingnya Minum Air Putih Saat Sakit

Kebaikan AirHidup Sehat | 25 Maret 2022

Bagikan:

Pentingnya Minum Air Putih Saat Sakit

Saat terserang demam, seseorang biasanya dianjurkan untuk banyak mengonsumsi air putih. Beberapa dari Anda mungkin bertanya-tanya, apa manfaat air putih? Apa hubungan antara sakit dan banyak minum air putih?

Tubuh orang dewasa terdiri dari air sebanyak 60%. Pada bayi hingga usia 1 tahun, air dalam tubuh mereka lebih banyak yaitu 75-80%. Jumlah kebutuhan air putih pada orang dewasa adalah sekitar 2 liter atau 8 gelas per hari. Jumlah cairan yang dibutuhkan per harinya dihitung secara kasar menurut jumlah cairan yang keluar dari tubuh.

Cairan dapat keluar dari tubuh melalui beberapa proses yakni keringat, feses, dan urine. Tubuh Anda juga dapat mengeluarkan cairan tanpa Anda sadari yang disebut sebagai insensible water loss (penguapan melalui kulit dan saluran napas). Cairan dapat keluar lebih banyak daripada normalnya apabila Anda sedang berolahraga, stres, maupun sakit.

Baca Juga: Berapa Kebutuhan Cairan Tubuh Manusia?

Ketika sakit, Anda lebih membutuhkan banyak air karena pengeluaran cairan juga lebih banyak. Hal ini dapat dilihat secara mudah pada sakit seperti demam, muntah, dan diare. Pada demam, insensible water loss Anda akan meningkat hingga 2.5 ml/kg/hari per derajat kenaikan suhu. Pada muntah dan diare, jumlah cairan yang dikeluarkan tubuh juga lebih banyak lagi.

Banyaknya air putih yang dibutuhkan saat sakit adalah sesuai dengan banyak cairan yang hilang. Saat demam, kebutuhan cairan diperkirakan meningkat sebanyak 10% setiap suhunya. Sedangkan saat muntah dan diare, tambahkan cairan sesuai dengan banyaknya cairan yang dikeluarkan pada muntah dan diare.

Pada dasarnya, tubuh memiliki sistem yang memberikan rasa haus saat tubuh kekurangan cairan. Pada saat sedang sakit pun, sistem ini masih berfungsi dengan baik. Namun, jika tubuh sudah kehilangan terlalu banyak cairan dan tidak segera diganti, tubuh dapat lemas dan rasa haus pun sudah tidak ada lagi.

Cairan sangat penting untuk tubuh Anda apalagi ketika sedang sakit. Jadi, minumlah lebih banyak air ketika Anda sakit!

[RS/RH]

Sumber

  • Fluid Psychology - buka
  • Chapter 9. Fluids and Electrolytes - buka
  • Fluids & Electrolytes, UTMB Health
  • How Much Should Your Water Intake Increase While Sick? - buka

 

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.