5 Perbedaan Vegan dan Vegetarian yang Jarang Diketahui

Hidup Sehat | 02 Agustus 2022

Bagikan:

5 Perbedaan Vegan dan Vegetarian yang Jarang Diketahui

Banyak orang mengira bahwa vegan dan vegetarian adalah dua istilah yang sama. Sebenarnya ini tak sepenuhnya keliru, karena memang keduanya sama-sama mengonsumsi makanan dari bahan nabati. Namun, terdapat perbedaan vegan dan vegetarian yang belum banyak diketahui, lho!

Saat ini tren gaya hidup vegan dan vegetarian cukup populer. Alasan orang memilih gaya hidup ini bermacam-macam, mulai dari ingin menurunkan berat badan, mengupayakan hidup sehat, hingga alasan lainnya.

Nah, kali ini kita akan membahas seputar perbedaan vegan dan vegetarian secara umum. Namun sebelum itu, yuk pahami dulu apa itu vegan dan vegetarian.

Apa itu Vegetarian dan Vegan?

Vegetarian adalah gaya hidup yang hanya mengonsumsi tumbuh-tumbuhan dan menghindari makanan berasal dari hewan seperti daging atau unggas. Akan tetapi, pelaku vegetarian masih bisa mengonsumsi produk olahan hewan, misalnya keju, susu, atau telur.

Adapun jenis vegetarian yang paling umum di antaranya:

  • Lacto-ovo vegetarian: menghindari konsumsi semua daging hewan, kecuali produk berbahan dasar susu dan telur masih bisa dikonsumsi.
  • Lacto vegetarian: menghindari konsumsi daging hewan dan telur, namun produk olahan susu diperbolehkan.
  • Ovo vegetarian: menghindari konsumsi semua produk olahan daging hewan, kecuali telur.
  • Pescatarians: menghindari konsumsi semua daging, kecuali makanan laut.

Lantas, apa itu vegan?

Vegan adalah diet yang lebih ketat dibandingkan vegetarian. Gaya hidup seorang vegan menghindari segala bentuk pendayagunaan pada hewan, termasuk dalam proses pembuatan makanan.

Seorang vegan juga harus menghindari bahan seperti madu, protein whey, protein casein, albumin, gelatin, dan beberapa bentuk vitamin D3 karena beberapa bahan tersebut diproses dari hewan.

Lebih dari itu, orang yang menerapkan gaya hidup vegan pun menghindari produk yang secara langsung dan tidak langsung melibatkan hewan, seperti barang dari wol, sutra, kulit, lilin, produk lateks, skincare, dan kosmetik.

Perbedaan Vegan dan Vegetarian

Kini Anda sudah paham kan apa itu vegetarian dan vegan? Selanjutnya, mari kita bahas perbedaan vegan dan vegetarian secara umum yang jarang diketahui.

1. Pola Makan

Dari penjelasan sebelumnya dapat disimpulkan bahwa vegan dan vegetarian adalah orang yang sama-sama tidak mengonsumsi makanan yang berasal dari hewan. Namun, terdapat perbedaan vegan dan vegetarian dari pola makan ini.

Pola makan vegetarian berupaya menghindari konsumsi daging, unggas, ikan, kerang, serta sumber lemak dari hewan. Tapi, masih banyak vegetarian yang mengonsumsi produk olahannya seperti telur, susu, keju, yogurt, atau madu.

Hal tersebut dikarenakan produksi atau pengolahan makanan tersebut tidak melibatkan penyembelihan hewan.

Sebaliknya, pola makan vegan jauh lebih ketat sebab gaya hidup ini sama sekali menghindari segala bentuk pemanfaatan hewan. Maka dari itu seorang vegan akan menghindari seluruh produk yang diproses dari hewan, termasuk susu, telur, madu, dan sebagainya.

2. Manfaat untuk Kesehatan

Perbedaan vegan dan vegetarian berikutnya adalah dari manfaatnya untuk kesehatan. Sebenarnya kedua diet ini memberikan dampak positif sama bagi kesehatan. Pasalnya, Anda jadi lebih banyak mengonsumsi buah dan sayur yang kaya akan antioksidan dan gizi.

Pada jenis diet lacto vegetarian, Anda bisa memperoleh lebih banyak mineral dan vitamin, termasuk kalsium, fosfor, dan vitamin D lantaran mengonsumsi produk susu. Lalu, gaya hidup vegan dapat membantu Anda mengontrol tingkat kolesterol tetap rendah.

Baca juga: Apa Itu Flexitarian? Panduan Pola Makan dan Manfaat

3. Risiko Kesehatan

Seperti penjelasan sebelumnya, diet vegan maupun vegetarian memang memberikan manfaat baik bagi kesehatan. Namun, ada beberapa hal yang perlu digaris bawahi, ya.

Mengingat gaya hidup ini hanya mengonsumsi sedikit produk hewani bahkan tidak sama sekali bagi vegan, tentunya kebutuhan tubuh akan kandungan gizi hewani menjadi berkurang atau tidak terpenuhi.

Jadi, bagi Anda yang sedang menerapkan diet serupa, penting untuk Anda agar tetap berupaya memenuhi semua kebutuhan nutrisi tubuh. Anda pun bisa berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi terlebih dahulu seputar hal ini.

4. Jenis

Seperti telah dijelaskan di atas, jenis vegetarian dibedakan menjadi beberapa tipe, yaitu lacto-ovo vegetarian, lacto vegetarian, ovo vegetarian, dan pescatarians. Sementara pada vegan tak terlalu banyak perbedaan, karena secara umum gaya hidup ini dikenal menghindari segala bentuk pendayagunaan hewan.

5. Penurunan Berat Badan

Bedanya vegan dan vegetarian adalah menurut beberapa penelitian, seorang vegan umumnya mempunyai indeks massa tubuh (BMI) lebih rendah dibandingkan vegetarian dan pemakan daging. Hal tersebut mengingat jika dengan gaya hidup vegan memang tidak memakan telur maupun susu.

Penelitian lain menemukan bahwa berat badan vegan bertambah lebih sedikit daripada vegetarian dan pemakan daging selama 5 tahun. Ini berarti bahwa kelompok vegan lebih banyak menurunkan berat badan ketimbang vegetarian dan non vegetarian.

Demikian beberapa penjelasan perbedaan vegan dan vegetarian. Baik vegan maupun vegetarian sama-sama merupakan upaya untuk hidup sehat. Namun, Anda harus memperhatikan juga perencanaan diet yang baik.

Jangan sampai nutrisi tubuh Anda tidak tercukupi sehingga malah memicu timbulnya masalah kesehatan.

Hal penting lain ketika menjadi vegetarian atau vegan adalah jangan lupakan minum air putih cukup. Pasalnya air putih memiliki peranan penting bagi kesehatan tubuh dan mendukung penurunan berat badan Anda.

Minum air putih juga menghindarkan Anda dari dehidrasi yang menyebabkan pusing, sulit konsentrasi, serta lemas. Untuk itu, yuk selalu sedia #AQUADULU di setiap aktivitas Anda. AQUA adalah air mineral berkualitas yang kemurniannya terjaga sampai ke tangan Anda.

AQUA juga memiliki tiga perlindungan utama untuk sumber airnya, yakni melindungi ekosistem sumber air, menjaga kealamian mineralnya, serta diproses secara saksama guna menjaga keasliannya. Segera rasakan kesegaran air mineral terbaik AQUA di setiap tetesnya!

Baca juga: 10 Cemilan untuk Diet yang Sehat, Bantu Menjaga Berat Badan!

Referensi:

  1. Vegetarian dan Vegan, Apa Bedanya? - Buka
  2. Vegan dan Vegetarian, Ini 5 Hal yang Membedakan Keduanya - Buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.