Logo AQUA

7 Cara Hidup Sehat yang Mudah & Sederhana untuk Diterapkan

Hidup Sehat | 02 September 2021

Bagikan:

7 Cara Hidup Sehat yang Mudah & Sederhana untuk Diterapkan

Menerapkan cara hidup sehat adalah definisi dari bagaimana rasanya menjalani hidup yang aktif dan bersemangat dengan tubuh dan juga pikiran sehat.

Terlebih di masa pandemi, penting bagi setiap orang untuk mulai menerapkan pola hidup sehat agar kekebalan tubuh tetap terjaga dan tidak mudah terserang penyakit.

Pada dasarnya, menerapkan cara hidup sehat tidak harus berarti merubah semuanya secara drastis, Anda bisa memulainya dari membuat perubahan kecil secara bertahap pada rutinitas harian Anda.

Lantas, apa yang bisa dilakukan untuk memulai cara hidup sehat? Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Cara Hidup Sehat yang Mudah dan Sederhana

Berikut adalah cara hidup sehat untuk Anda praktikan supaya dapat menjalani kehidupan yang lebih baik.

1. Konsumsi Makanan Bergizi

Kita semua tahu bahwa makanan sehat dan bergizi adalah inti dari cara hidup sehat.

Maka dari itu, untuk memulai cara hidup sehat, konsumsilah berbagai makanan dari semua kelompok makanan untuk mendapatkan berbagai nutrisi untuk memberi energi sepanjang hari. 

Pilihlah buah dan sayuran segar, terutama sayuran hijau dan brokoli yang padat nutrisi, serta sayuran oranye, termasuk wortel dan ubi jalar.

Ada banyak jenis ikan dan kacang-kacangan untuk dipilih sebagai makanan berprotein tinggi yang sehat. Usahakan juga untuk makan 3 ons sereal gandum, roti, nasi atau pilihan makanan dengan kandungan karbohidrat sehat lainnya setiap hari. (1)

2. Tidur yang Cukup

Cara hidup sehat lainnya yang tak kalah penting adalah memenuhi waktu tidur yang baik, yakni selama tujuh sampai delapan jam sehari.

Ya, tidur cukup tampaknya menjadi kebiasaan sehat yang perlu ditingkatkan oleh banyak orang. Sebab, masih banyak diantara kita yang mengalami gangguan sulit tidur saat malam.

Perlu diketahui, kurang tidur dapat menyebabkan kondisi kesehatan Anda menurun, serta secara negatif mempengaruhi suasana hati, motivasi, dan tingkat energi Anda.

Sehingga, memprioritaskan tidur adalah salah satu cara hidup terbaik yang dapat Anda lakukan untuk mempersiapkan diri penuh energi (1).

Baca juga: 15 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Agar tak Mudah Tertular Penyakit

3. Berteman dengan yang Membuat Anda Nyaman

Cara hidup sehat berikutnya ialah dengan memaksimalkan jumlah waktu yang Anda habiskan bersama orang-orang yang Anda rasa mempunyai satu frekuensi.

Terhubung dengan orang lain yang memancarkan kepositifan dan memiliki minat yang sama akan menggairahkan dan memberi energi pada Anda.

Di sisi lain, orang yang tidak berhubungan dengan Anda atau yang memiliki pandangan negatif, sering mengeluh atau membuat pilihan buruk hanya akan menguras energi Anda.

Selektif dalam menentukan pertemanan adalah cara hidup sehat yang dapat Anda jadikan pertimbangan.

4. Hindari Penggunaan Media Sosial Berlebihan

Berita yang Anda dapatkan dari media sosial adalah cara penting untuk tetap terhubung dengan apa yang terjadi di dunia.

Itu bisa mendidik, menghibur, dan bahkan membangkitkan semangat. Sayangnya, apa yang ada di media sosial tidak selalu berisikan hal-hal yang positif, Anda juga bisa menemukan konten yang justru membuat Anda berpikir negatif. 

Oleh sebab itu, cobalah untuk mengatur apa yang Anda konsumsi di media sosial, dan hindari mengonsumsi media sosial secara berlebihan sebagai cara hidup sehat.

5. Berolahraga Secara Teratur

Apakah Anda merasa lesu di tengah hari? Pernahkah Anda merasa lelah dengan tugas sehari-hari yang sederhana, seperti berbelanja bahan makanan atau pekerjaan rumah tangga? Hal ini bisa jadi dikarenakan pola hidup yang kurang sehat akibat jarang berolahraga.

Maka dari itu, salah cara hidup sehat yang bisa Anda lakukan adalah rutin berolahraga.

Melakukan 150 menit aktivitas olahraga selama seminggu adalah waktu yang direkomendasikan oleh para ahli untuk dapat menambah energi Anda.

Jangan salah, manfaat olahraga dapat mengurangi stres dan ketegangan, memperkuat otot dan meningkatkan daya tahan, yang membantu tubuh Anda bekerja lebih efisien selama tugas atau aktivitas fisik lainnya (1)

Baca juga: 14 Makanan Penambah Imun Tubuh untuk Jaga Kesehatan

6. Minum air putih

Cara hidup sehat yang terakhir adalah minum air putih yang cukup. Air membuat setiap sistem dalam tubuh berfungsi dengan baik.

Laporan Kesehatan Khusus Harvard Medical School 6-Week Plan for Health Eating mencatat bahwa air memiliki banyak pekerjaan penting, seperti:

  • membawa nutrisi dan oksigen ke sel-sel Anda
  • membilas bakteri dari kandung kemih Anda
  • membantu pencernaan
  • mencegah sembelit
  • menormalkan tekanan darah
  • menstabilkan detak jantung
  • menjaga ukuran bantalan sendi
  • melindungi organ dan jaringan
  • mengatur suhu tubuh
  • menjaga keseimbangan elektrolit (natrium).

Jika Anda tidak minum cukup air setiap hari, Anda berisiko mengalami dehidrasi. Beberapa gejala dehidrasi yang biasa terjadi adalah merasa letih, tekanan darah rendah, pusing, mudah bingung, kebingungan, atau urin yang berwarna gelap.

Jadi berapa banyak air yang harus Anda minum? Kebanyakan orang membutuhkan sekitar dua liter air setiap hari.

Namun ada banyak faktor yang mempengaruhi berapa banyak asupan air putih yang perlu Anda konsumsi, seperti cuaca, berat badan, kondisi kesehatan, dan lain-lain. (3)

Itulah tadi cara hidup sehat yang Anda bisa coba lakukan untuk mewujudkan kehidupan yang terasa lebih nyaman.

Agar dapat mewujudkan hidup sehat secara lebih efektif, selalu sedia AQUA yang telah lebih dari 49 tahun murni langsung dari sumbernya dan melewati lebih dari 400 cek kualitas sehingga kesegarannya tetap terjaga di setiap tetes kemurniannya. 

Dalam prosesnya, AQUA juga tak lupa melakukan tiga perlindungan, yaitu; melindungi ekosistem sumber airnya, menjaga kealamian mineralnya, serta diproses secara seksama untuk menjaga keasliannya hingga ke tangan Anda. 

Jadi, #AQUADULU apapun aktivitas Anda!

Baca juga: 10 Contoh Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Serta Manfaatnya

Referensi

  1. 7 Tips to Live a Healthier Life - Buka
  2. 20 Health Tips for 2020 - Buka
  3. How much water should you drink? - Buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Pesan AQUA, kami antar. Belanja sekarang!

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut .