10 Makanan yang Mengandung Karbohidrat dan Menyehatkan

Hidup Sehat | 15 November 2022

Bagikan:

10 Makanan yang Mengandung Karbohidrat dan Menyehatkan

Mengonsumsi menu yang sesuai dengan kriteria makanan sehat kerap kali dilakukan dalam program diet. Salah satu kriterianya yaitu mengandung nutrisi cukup serta bergizi. Maka dari itu, menu sehat ini harus tetap tersedia makanan yang mengandung karbohidrat.

Yap, karbohidrat merupakan zat gizi makro yang dijadikan sebagai sumber energi di dalam tubuh. 

Biasanya, orang yang sedang diet akan mengurangi asupan karbohidrat dan menggantinya dengan makanan sehat lain.

Hal tersebut tidaklah salah. Namun, mengurangi bukan berarti tidak mengonsumsinya sama sekali, bukan?

Nah, Anda yang sedang menjalani diet bisa mendapatkan karbohidrat melalui sumber karbohidrat sehat berikut ini.

Daftar Makanan yang Mengandung Karbohidrat dan Menyehatkan

Anda sedang diet dan bingung memilih makanan yang mengandung karbohidrat namun tetap menyehatkan? Tidak perlu khawatir!

Ada banyak rekomendasi makanan yang mengandung karbohidrat serta menyehatkan untuk tubuh, di antaranya yaitu ubi jalar, kentang, singkong, buah pisang, dan masih banyak lagi.

Untuk mengetahui apa saja contoh makanan yang mengandung karbohidrat, Anda dapat menyimak penjelasan di bawah ini.

1. Ubi Jalar

Rekomendasi pertama dari makanan yang mengandung karbohidrat adalah ubi jalar.

Ubi jalar diketahui dapat membantu menjaga kadar gula darah dalam tubuh karena tergolong sebagai makanan dengan indeks glikemik rendah.

Indeks glikemik tersebut adalah suatu indikator berupa kecepatan karbohidrat dalam pangan untuk memengaruhi kadar gula darah pada tubuh.

2. Kentang

Kentang didapati mengandung karbohidrat kompleks sehingga memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh.

Nantinya, karbohidrat kompleks dalam kentang ini akan membuat tubuh merasa kenyang lebih lama sehingga bisa membantu menjaga berat badan Anda selama diet.

Baca juga: 9 Rekomendasi Makanan yang Mengandung Asam Folat Tinggi

3. Singkong 

Rekomendasi makanan dengan kandungan karbohidrat berikutnya yaitu singkong. Singkong termasuk ke dalam jenis umbi-umbian, sama seperti ubi jalar.

Namun, singkong atau juga dikenal dengan ketela pohon ini memiliki rasa yang gurih, tidak manis layaknya ubi jalar.

Kandungan karbohidratnya pun cukup banyak. Di dalam 100 gram singkong, terdapat 38 gram karbohidrat yang membuat Anda merasa kenyang namun tetap menyehatkan [1].

4. Buah Pisang

Buah pisang juga termasuk ke dalam makanan yang mengandung karbohidrat.

Pisang memiliki kandungan pati, yaitu salah satu jenis karbohidrat, yang dapat dipecah oleh tubuh menjadi glukosa dengan mudah.

Dengan begitu, tubuh bisa mendapatkan energi secara optimal.

Selain karbohidrat, pisang juga menjadi makanan tinggi serat dan baik untuk kesehatan pencernaan.

Karena itulah, pisang biasa dijadikan sebagai camilan bagi penderita asam lambung.

5. Beras Merah

Rekomendasi makanan yang mengandung karbohidrat lainnya yaitu beras merah

Beras merah kerap kali dijadikan sebagai makanan pengganti nasi putih karena selain mengandung karbohidrat, juga memiliki serat yang tinggi. 

Hal inilah yang membuat beras merah bisa menjadi pilihan Anda sebagai sumber karbohidrat di dalam menu diet sehari-hari. 

6. Jagung

Sering digunakan dalam berbagai macam jenis olahan sayuran, jagung juga bisa dijadikan sebagai makanan utama karena kaya akan karbohidrat.

Selain itu, jagung juga mengandung vitamin serta mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti beberapa vitamin B kompleks, vitamin C, magnesium, fosfor, dan lain sebagainya.

Baca juga: 9 Makanan yang Mengandung Zat Besi Tinggi & Baik bagi Tubuh!

7. Kacang Merah

Kacang merah adalah makanan yang mengandung karbohidrat dan menyehatkan berikutnya.

Kacang merah diketahui mengandung karbohidrat sebanyak 22 persen dari total kandungannya [2].

Selain itu, kacang merah juga memiliki kandungan protein, serat, dan antioksidan tinggi sehingga baik untuk kesehatan tubuh.

8. Oatmeal

Anda mungkin jarang mendengar oatmeal sebagai menu makanan sehari-hari.

Oatmeal adalah jenis gandum utuh yang kaya serat dan mengandung karbohidrat kompleks.

Oleh karena itu, makanan satu ini sering kali dijadikan sebagai menu sarapan sehat.

Apabila ingin coba mengonsumsinya, Anda dapat membeli oatmeal tersebut di swalayan terdekat.

9. Buah Apel

Siapa yang menyangka buah apel juga termasuk ke dalam makanan yang mengandung karbohidrat?

Tidak hanya kaya akan serat, buah segar satu ini ternyata juga menjadi sumber karbohidrat yang menyehatkan!

Kandungan karbohidrat di dalam apel ini kurang lebih ada sekitar 13 sampai 15 persen dari total nutrisinya.

10. Buah Mangga

Rekomendasi makanan yang mengandung karbohidrat dan menyehatkan terakhir yaitu buah mangga. Yap, mangga mengandung 25 gram karbohidrat di dalam 165 gramnya [3].

Karena itulah, mangga pun termasuk ke dalam jenis buah tinggi kalori.

Baca juga: 10 Makanan Berkalori Tinggi & Sehat untuk Tambah Berat Badan

Itulah beberapa rekomendasi makanan yang mengandung karbohidrat dan tetap menyehatkan untuk dikonsumsi sebagai menu diet.

Karbohidrat merupakan salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh karena berperan sebagai sumber energi.

Walaupun sedang diet, Anda tetap perlu mengonsumsi karbohidrat, ya.

Alih-alih tidak mengonsumsinya sama sekali, Anda lebih disarankan untuk membatasi asupan karbohidrat ketika sedang diet.

Selain itu, penting juga untuk mencukupi nutrisi lain yang dibutuhkan oleh tubuh saat sedang menjalani program diet, salah satunya yaitu air.

Air merupakan komponen yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, mulai dari membantu menjaga metabolisme hingga mempertahankan berat badan agar tetap ideal.

Nah, untuk itu Anda dapat menyediakan AQUA botol 600 ml dalam menu makanan sehari-hari.

AQUA botol 600 ml merupakan air mineral yang diambil dari sumber mata air pegunungan terbaik di Indonesia.

Bahkan, sumber mata air yang dipilih oleh AQUA ini telah diteliti oleh profesional terkait, di antaranya yaitu ahli geologi, geohidrologi, hingga universitas terkemuka di Indonesia. 

Proses pengolahannya pun memberikan perlindungan terhadap kealamian serta kesterilan air mineral AQUA botol 600 ml.

Yap, AQUA mengalirkan air dari sumbernya secara langsung ke pabrik pengolahan. Selain itu, air tersebut juga dialirkan dengan pipa pengaliran berbahan stainless steel anti karat.

Ketika sudah dikemas, AQUA botol 600 ml selanjutnya dilakukan pemeriksaan serta uji kualitas sebanyak 400 kali.

Hal ini bertujuan untuk memastikan AQUA botol 600 ml aman dan layak dikonsumsi.

Yuk, sediakan #AQUADULU di setiap menu makanan sehari-hari!

Baca juga: 12 Makanan yang Mengandung Vitamin D untuk Jadi Menu Harian

Referensi:

  1. 10 Sumber Karbohidrat Terbaik, Mana yang Paling Sehat? - Buka
  2. 16 Makanan yang Mengandung Karbohidrat Menyehatkan - Buka
  3. Cegah Diabetes, Ini Makanan yang Mengandung Karbohidrat Tinggi - Buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.