Logo AQUA

10 Contoh Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Serta Manfaatnya

Hidup Sehat | 26 Agustus 2022

Bagikan:

10 Contoh Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Serta Manfaatnya

Sudahkah Anda selama ini membiasakan perilaku hidup bersih dan sehat? Tak hanya di rumah, tapi juga di tempat umum.

 Meski terkesan sederhana, namun kebiasaan ini penting untuk diterapkan demi menjaga kesehatan diri sendiri, keluarga, maupun lingkungan sekitar.

Lantas apa saja yang termasuk perilaku pola hidup sehat dan bersih tersebut? Yuk simak penjelasannya pada artikel berikut!

Apa itu Perilaku Hidup Bersih dan Sehat?

PHBS atau perilaku hidup bersih dan sehat adalah suatu gerakan untuk menjaga kesehatan serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Gerakan ini mencakup semua perilaku yang dilakukan dengan kesadaran pribadi demi mencapai kehidupan yang sehat.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dalam situsnya menjelaskan bahwa perilaku hidup bersih dan sehat adalah kebiasaan yang dapat diterapkan di beberapa tempat, dimulai dari rumah tangga, institusi pendidikan, tempat kerja, tempat umum, hingga fasilitas kesehatan.

Akan tetapi, secara umum PHBS bisa dimulai dari diri sendiri, yaitu bagaimana Anda menjalani kebiasaan di rumah.

Maka dari itu, penting bagi Anda mengetahui apa saja indikator perilaku hidup bersih dan sehat di lingkup rumah tangga.

Indikator Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Rumah

Tujuan utama dari gerakan perilaku hidup bersih dan sehat adalah meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat. 

Dan hal tersebut bisa dimulai dari diri sendiri. Berikut merupakan 10 contoh perilaku hidup bersih dan sehat di rumah yang dapat Anda terapkan.

1. Mencuci Tangan dengan Sabun dan Air Mengalir

Contoh perilaku hidup bersih dan sehat di rumah yang pertama adalah mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. 

Menurut Centers for Disease Control and Prevention, mencuci tangan secara rutin merupakan cara terbaik untuk:

  • Menghindarkan diri dari penyakit
  • Menghilangkan kuman pada tangan
  • Mencegah kuman di tangan agar tidak menyebar ke orang lain

Namun apabila Anda berada di suatu kondisi di mana tidak memungkinkan untuk cuci tangan, Anda bisa menggunakan hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60% agar kuman-kuman mati.

2. Menggunakan Air Bersih

Perilaku hidup bersih dan sehat tentunya didukung oleh terpenuhinya kebutuhan akan air bersih di rumah. Seperti apa kriteria air bersih? Anda dapat menyimaknya pada artikel 5 Ciri-Ciri Air Bersih Layak Konsumsi dan Aman Bagi Tubuh.

Air bersih tak hanya digunakan untuk makan dan minum, melainkan juga mandi, buang air, serta mencuci baju.

3. Memastikan Kebersihan Toilet

Indikator PHBS selanjutnya adalah berkaitan dengan kebersihan toilet. Rumah yang bersih wajib memiliki sanitasi yang berfungsi dengan baik serta kebersihannya selalu terjaga.

Ini dikarenakan toilet merupakan salah satu tempat bersarangnya bakteri dan virus penyebab penyakit. Maka penting untuk selalu memelihara kebersihannya.

4. Mengonsumsi Makanan Sehat dan Bergizi

Contoh perilaku hidup bersih dan sehat di rumah juga tercermin dari apa yang Anda konsumsi. Pastikan Anda selalu makan makanan bergizi seperti buah, sayur, dan lainnya untuk memenuhi kebutuhan gizi harian Anda.

Selain itu, penting juga bagi Anda memperhatikan cara mengolah serta memasak makanan guna mencegah kontaminasi bakteri yang berpotensi menimbulkan penyakit.

Baca juga: 5 Kriteria Makanan Sehat dan Bergizi, Ini Tips Menerapkannya!

5. Olahraga secara Rutin

Berikutnya yang termasuk perilaku hidup bersih dan sehat adalah berolahraga secara rutin. 

Tentu Anda sudah tahu bahwa manfaat olahraga bagi tubuh sangatlah banyak, mulai dari meningkatkan kebugaran, menjaga berat badan agar tetap ideal, dan masih banyak lagi. 

Oleh karena itu, usahakan selalu berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari, ya.

6. Memberantas Sarang Nyamuk

Memberantas sarang nyamuk juga termasuk dalam salah satu indikator perilaku hidup bersih dan sehat di rumah. Pasalnya, ada banyak penyakit yang bisa ditularkan melalui gigitan nyamuk, seperti DBD hingga chikungunya.

Sebagai langkah pencegahan, Anda dapat berupaya untuk menjaga kebersihan lingkungan rumah, termasuk menguras dan menutup penampungan air serta membersihkan tempat-tempat yang sekiranya disukai nyamuk.

7. Menggunakan Masker Saat Berada di Luar Rumah

Semenjak pandemi, memakai masker saat keluar rumah sudah menjadi kebiasaan banyak masyarakat. 

Nyatanya hal ini merupakan salah satu manfaat perilaku hidup bersih dan sehat, yaitu dapat menurunkan risiko Anda tertular penyakit.

Dengan mengenakan masker, bisa mencegah droplets menyebar di udara dan masuk ke saluran pernapasan orang lain. Jadi, selain melindungi diri sendiri, pemakaian masker juga bermanfaat melindungi kesehatan orang lain di sekitar.

8. Memelihara Kesehatan Gigi dan Mulut

Memelihara kesehatan gigi dan mulut adalah contoh PHBS yang tak boleh dilupakan. Yup, mulut merupakan salah satu akses masuknya kuman, virus, maupun bakteri ke dalam tubuh. Sehingga penting memastikan kesehatannya terjaga.

Tapi menyikat gigi secara rutin saja tidak cukup. Anda sebaiknya juga membilas mulut dengan obat kumur yang efektif mengurangi penumpukan plak.

9. Kesejahteraan Ibu dan Anak

Selain menjaga kebersihan diri serta lingkungan sekitar rumah, PHBS juga mencakup kesejahteraan ibu dan anak, seperti berikut:

  • Melakukan persalinan dengan bantuan bidan ataupun dokter.
  • Memberikan ASI eksklusif pada bayi.
  • Senantiasa memantau tumbuh kembang bayi di layanan kesehatan terdekat.
  • Memberikan anak imunisasi sesuai jadwal.

10. Minum Air Putih dengan Cukup

Terakhir, hal yang harus diperhatikan dalam menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat adalah tak lupa minum air putih dengan cukup, yaitu minimal delapan gelas per hari.

Mungkin ini terkesan sederhana, namun jangan salah, manfaat minum air putih bagi kesehatan sangatlah banyak, di antaranya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memperlancar saluran pencernaan, mempercepat proses metabolisme, dan masih banyak lagi.

Maka dari itu, buatlah jadwal minum air putih setiap hari agar Anda bisa mendapatkan manfaat air putih secara optimal.

Dalam menentukan air minum yang akan dikonsumsi pastinya Anda harus ekstra pilih-pilih. Pasalnya, tak semua produk air minum kemasan memiliki kemurnian 100% seperti AQUA. 

AQUA telah dipercaya lebih dari 49 tahun menghadirkan air mineral berkualitas untuk keluarga Indonesia.

Kesegaran air AQUA selalu terjaga di setiap tetes kemurniannya yang telah melewati lebih dari 400 uji kualitas. Jadi, jangan ragu lagi memilih AQUA sebagai teman di setiap aktivitas Anda. Yuk awali hidup sehatmu dengan minum #AQUADULU setiap hari!

Nah, itulah informasi seputar pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat beserta contohnya. Mulai dari sekarang, biasakan menerapkan 10 tips di atas ya demi menjaga kesehatan diri sendiri, keluarga, serta lingkungan.

Baca juga: 10 Cara Merawat Tubuh Agar Tetap Sehat, Bersih, dan Bugar

Referensi:

  1. PHBS - Buka
  2. 10 Tips Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Sehari-hari untuk Lindungi Diri dan Keluarga - Buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Pesan AQUA, kami antar. Belanja sekarang!

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut .