14 Makanan Penambah Imun Tubuh untuk Jaga Kesehatan

Hidup Sehat | 11 Maret 2022

Bagikan:

14 Makanan Penambah Imun Tubuh untuk Jaga Kesehatan

Selain menjaga protokol kesehatan di luar rumah, tentu Anda juga membutuhkan aneka makanan penambah imun untuk membuat tubuh tetap fit selama pandemi berlangsung. Bahkan lebih daripada itu, mengkonsumsi asupan kaya gizi pun akan sangat membantu sistem pertahanan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

Nah jika Anda masih bingung variasi menu makanan penambah imun tubuh seperti apa yang bisa dikonsumsi setiap hari, langsung cek rekomendasi lengkapnya dalam artikel berikut ini yuk!

15 Menu Makanan Penambah Imun Tubuh

Bila selama ini banyak orang berpikir bahwa makanan sehat yang dijadikan sebagai imun booster itu cenderung pahit dan tidak enak disantap, sepertinya anggapan mereka salah. Sebab nyatanya, masih ada beberapa menu lezat kaya nutrisi yang baik untuk imun tubuh, di antaranya yaitu:

1. Semangka

Semangka memiliki kandungan antioksidan bernama glutathione yang dapat memperbaiki kerusakan sel dan jaringan tubuh sehingga bisa digunakan untuk meningkatkan sistem imunitas [1]. Agar maksimal, konsumsilah daging buah semangka yang paling dekat dengan kulit demi memperoleh antioksidan lebih tinggi.

2. Blueberry

Kaya akan vitamin, blueberry termasuk makanan penambah imun tubuh yang tak hanya berguna menjaga daya tahan namun juga dapat digunakan sebagai perawatan kulit. Bahkan blueberry pun mengandung senyawa antosianin yang dinilai mampu menurunkan risiko infeksi saluran pernapasan bagian atas.

3. Yoghurt

Dengan kandungan probiotik alami di dalamnya, tentu tak mengherankan jika yoghurt termasuk makanan penambah imun tubuh paling direkomendasikan. Untuk efek lebih maksimal, sebaiknya konsumsilah yoghurt tawar tanpa rasa dan padukan bersama sedikit madu ataupun buah-buahan segar.

4. Jeruk

Sudah sejak lama, jeruk dikenal sebagai buah dengan kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Nah saat dikonsumsi, vitamin C ini akan diproses oleh tubuh untuk menambah produksi sel darah putih. Alhasil, sistem pertahanan pun semakin kuat dalam melawan berbagai serangan infeksi dari luar.

5. Kunyit

kunyit

Bukan hanya memberikan warna kuning khas, zat kurkumin pada kunyit juga mempunyai sifat antivirus sehingga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Di samping itu, kunyit juga dikenal akan sifat anti inflamasi dan antioksidan yang dimilikinya.

6. Pepaya

Carotenoid adalah kandungan antioksidan dalam pepaya yang bermanfaat untuk menciptakan antibodi. Hal itu dapat terjadi karena tubuh merubah senyawa carotenoid menjadi vitamin A yang turut berperan dalam pembentukan imunitas [2].

Baca juga: Tips Pola Makan Sehat Selama Pandemi

7. Biji bunga matahari

Biji bunga matahari dikenal akan kandungan magnesium, fosfor selenium, vitamin B6 dan E yang cukup tinggi. Maka dari itu, biji bunga matahari pun layak dijadikan sebagai menu makanan penambah imun tubuh karena dapat memelihara fungsi sistem imunitas.

8. Delima

delima

Selain kaya akan vitamin C, delima juga mengandung berbagai nutrisi yang dapat digunakan tubuh sebagai imun booster seperti karbohidrat, protein, serat, dan multivitamin lainnya [3]. Jadi tak mengherankan lagi bila delima termasuk menu makanan penambah imun tubuh yang layak Anda coba.

9. Mangga

Sama seperti pepaya, mangga pun mengandung senyawa carotenoid yang nantinya akan diubah tubuh menjadi vitamin A. Namun selain itu, mangga juga memiliki kandungan vitamin C cukup tinggi sehingga sangat baik untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.

10. Kiwi

Dikenal baik untuk mata dan sistem pencernaan, ternyata kiwi juga termasuk makanan penambah imun tubuh. Hal tersebut berkat kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Bahkan 2 - 3 buah kiwi atau setara dengan 180 gram kiwi (rata-rata ukuran satu buah kiwi sedang yaitu 69 gram) sudah bisa memenuhi kebutuhan vitamin C harian Anda.

11. Acai berry

acai berry

Acai berry terkenal berkat kandungan antioksidan yang sangat tinggi [4]. Buah asal Amerika Selatan ini pun kerap digunakan sebagai bahan suplemen peningkat imun sekaligus kecantikan kulit.

12. Strawberry

Selain menyegarkan, strawberry juga merupakan sumber vitamin C alami yang dapat dijadikan sebagai menu penambah imun harian Anda. Tak hanya itu, tingginya kandungan air strawberry juga mampu mencegah dehidrasi sekaligus mempertahankan fungsi kognitif. Ya, dari total keseluruhan kandungan buah strawberry, sekitar 91% berasal dari kandungan air [5]. 

13. Bawang putih

Meski lebih populer sebagai bahan penyedap masakan, bawang putih ternyata juga dapat Anda manfaatkan untuk imun booster. Dalam konsentrasi tinggi, bawang putih dapat membantu memperkuat sistem daya tahan tubuh dan memberikan perlindungan terhadap flu musiman.

Baca juga: Mengenal Gejala Virus Omicron dan Tips-Tips Pencegahannya

14. Elderberry

Buah elderberry
Sumber: versus. com

Walau berukuran kecil, elderberry memiliki manfaat untuk kesehatan yang sangat melimpah. Hal itu dapat terjadi akibat tingginya kandungan antioksidan seperti antosianin, flavonol, dan flavonoid yang sangat baik dalam meningkatkan imunitas tubuh [6].

Itulah 15 menu makanan penambah imun tubuh yang bisa Anda konsumsi sehari-hari. Untuk hasil maksimal, tentu Anda pun perlu menerapkan budaya hidup sehat seperti rutin berolahraga dan mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Oleh karena itu, apapun aktivitas Anda, pastikan untuk selalu #AQUADULU sebelum memulainya. Salam sehat!

Referensi

  1. 6 Jenis Makanan Penambah Imun yang Bisa Mencegah Corona - buka
  2. 10 Buah untuk Booster Imun yang Bagus Buat Penderita Covid-19 - buka
  3. 4 Manfaat Buah Delima yang Perlu Kamu Tahu - buka
  4. Manfaat Acai Berry, Buah Asli Amerika Selatan yang Bantu Jaga Kesehatan - buka
  5. 19 Water-Rich Foods That Help You Stay Hydrated - buka
  6. Meski Berukuran Kecil, Manfaat Elderberry untuk Kesehatan Sangat Melimpah - buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Pesan AQUA, kami antar. Belanja sekarang!

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut .