11 Persiapan Menyambut Ramadan 2022 Agar Puasa Maksimal

Kebaikan AirTips Ramadhan | 25 Maret 2022

Bagikan:

11 Persiapan Menyambut Ramadan 2022 Agar Puasa Maksimal

Ramadan termasuk salah satu bulan suci bagi umat Islam yang kedatangannya selalu dinanti-nati setiap tahunnya. Dipercaya, Ramadan adalah bulan penuh berkah dimana seluruh pahala atas amal baik akan dilipatgandakan. Lalu, apa yang bisa Anda lakukan dalam rangka persiapan menyambut Ramadan?

Selain melakukan berbagai hal bermanfaat yang bisa dilakukan selama berpuasa di rumah, cari tahu juga yuk tips persiapan Ramadan lainnya dalam artikel berikut ini!

11 Persiapan Menyambut Ramadan

Agar bisa menunaikan ibadah puasa secara maksimal di bulan suci tahun ini, coba lakukan beberapa tips persiapan Ramadan seperti:

1. Tata ulang lemari Anda

Sebagian dari Anda mungkin merasa bingung, mengapa menata ulang lemari termasuk dalam persiapan menyambut Ramadan? Untuk memahaminya, mari kita ingat kembali bahwa sejatinya Ramadan adalah bulan penuh berkah dan kebaikan. Di saat inilah, Anda bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi dengan memberikan sebagian pakaian di lemari.

Mulai cek kondisi lemari Anda dan coba kelompokkan pakaian mana saja yang sudah jarang atau bahkan tidak pernah terpakai lagi. Setelah itu sisihkan beberapa pakaian yang masih layak dan berikan kepada mereka yang lebih membutuhkan. Terakhir, atur kembali pakaian Anda lalu tambahkan pewangi agar lemari terasa.

2. Siapkan seluruh peralatan ibadah

Selama Ramadan, Anda tentu akan disunnahkan untuk meningkatkan amal ibadah. Nah dalam rangka persiapan menyambut Ramadan, coba cuci dan bersihkanlah semua peralatan ibadah seperti sajadah, mukena, peci, hingga sarung.

3. Perhatikan area makan

Sepanjang bulan Ramadan, meja makan akan menjadi area favorit keluarga. Jadi pastikan juga untuk memperhatikan area makan ya. Apalagi jika Anda berencana untuk mengadakan acara sahur ataupun berbuka bersama keluarga, kerabat, dan teman terdekat.

Persiapan menyambut Ramadan ini bisa Anda lakukan dengan mengatur kembali ruang makan di rumah agar terasa nyaman.

4. Buat daftar menu buka puasa dan sahur 

Pada bulan Ramadan di tahun sebelumnya, apakah Anda sering merasa bingung dan kehabisan ide saat akan menyiapkan menu sahur ataupun berbuka? Jika iya, yuk coba tips persiapan Ramadan kali ini dengan merencanakan menu buka puasa dan sahur minimal seminggu sebelum Ramadan.

Awali dengan memahami apa saja hidangan yang disukai oleh setiap anggota keluarga. Bila butuh lebih banyak referensi, Anda bisa bertukar informasi dengan teman-teman dan juga orang terdekat. Hal ini akan sangat membantu Anda untuk menghemat waktu dan terhindar dari perasaan bingung.

Baca juga: 9 Menu Sahur Sehat Kaya Nutrisi untuk Keluarga Saat Puasa

5. Cek area dapur

Saat bulan Ramadan nanti, mungkin saja Anda menjadi lebih termotivasi untuk menjajal aneka resep makanan dan minuman buka puasa. Oleh karena itu, memeriksa area dapur juga termasuk persiapan menyambut Ramadan yang tak boleh Anda lewatkan. Coba mulai dengan membersihkan seluruh peralatan masak dan mengelompokkannya sesuai jenis.

Selain itu, Anda juga bisa mengecek kembali apakah ada bahan masakan yang masih layak dipakai. Jika tidak, segera buang ke tempat sampah lalu simpanlah bahan masakan dengan kondisi bagus di kulkas.

6. Bersihkan dan hiasi rumah

Mengingat bulan Ramadan hanya datang sekali dalam setahun, tak ada salahnya untuk bersuka cita menyambutnya dengan membersihkan sekaligus menghias rumah. Ciptakan suasana Ramadan yang khas seperti adanya jadwal imsakiyah dan berbuka di beberapa sudut.

Maksimalkan juga persiapan menyambut Ramadan dengan memberikan aneka aksesoris pendukung yang dapat membuat suasana khas bulan penuh kemuliaan ini lebih terasa [1].

8. Cukupi kebutuhan bahan dapur

Padatnya aktivitas sehari-hari memang kerap menjadi kendala saat ingin menyiapkan hidangan sahur dan berbuka. Nah untuk mengatasinya, Anda dapat mempersiapkan terlebih dahulu bahan-bahan dapur. Misalnya saja seperti ayam yang telah dibumbui sehingga Anda pun hanya perlu menggorengnya saat akan dihidangkan.

Dengan mencoba teknik ini, persiapan Ramadan yang kadang memakan banyak waktu bisa menjadi lebih praktis dan akan sangat membantu Anda untuk menghemat waktu.

9. Jaga kesehatan tubuh

Beberapa orang mungkin telah memiliki sejumlah agenda penuh yang akan dilakukan selama bulan Ramadan. Mulai dari menghadiri beberapa acara berbuka bersama, membagikan takjil di sore hari, hingga menjalani ibadah tarawih hingga malam. Agar tetap bisa fokus dan konsentrasi, jaga kesehatan tubuh Anda mulai sekarang juga.

Jalani budaya hidup sehat seperti rutin berolahraga, konsumsi makanan bergizi, dan #AQUADULU untuk mencukupi kebutuhan air minum harian Anda.

Baca juga: Ikuti 3 Tips Puasa Ini Agar Tubuh Tetap Bugar dan Sehat

10. Siapkan fisik dan jasmani untuk puasa

Menyambung dari poin sebelumnya, persiapan menyambut Ramadan ini mungkin sering dilewatkan. Padahal menyiapkan fisik dan jasmani merupakan hal penting yang bisa membantu Anda untuk tetap prima sehingga maksimal saat menjalani ibadah.

11. Stok AQUA di rumah

Terakhir, tak lupa juga mulai menyetok AQUA di rumah. Baik AQUA galon untuk minuman keluarga sehari-hari maupun AQUA gelas sebagai pelengkap jamuan tamu yang datang saat buka puasa bersama. Tak hanya sehat, kualitas AQUA juga terjaga sehingga kesegarannya pun tetap terasa saat Anda meminumnya.

Itu dia 11 tips persiapan menyambut Ramadan yang bisa Anda lakukan mulai sekarang. Nah bagaimana, sudah siap menjalani ibadah puasa di bulan penuh kemuliaan tahun ini? Intinya, tetap jaga kesehatan baik sebelum, sesudah, ataupun selama bulan Ramadan dengan #AQUADULU untuk mencukupi kebutuhan akan air minum ya.

Sampai jumpa dan selamat menunaikan ibadah puasa Ramadan!

Referensi:

  1. 8 Hal yang Perlu Dipersiapkan Menyambut Bulan Suci Ramadan - Buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.