7 Tips Pola Makan Sehat dan Bergizi, Tubuh Tetap Bugar

Hidup Sehat | 10 Mei 2024

Bagikan:

7 Tips Pola Makan Sehat dan Bergizi, Tubuh Tetap Bugar

Menerapkan pola makan sehat, bergizi, dan seimbang merupakan salah satu langkah penting untuk tetap menjaga tubuh tetap bugar.

Tetapi sebetulnya bukan hanya sekedar menjaga kesehatan, pola makan sehat juga memberikan banyak manfaat bagi tubuh.

Berbicara mengenai pola makan, kini kita tidak akan membahas terkait  4 sehat 5 sempurna, melainkan mengacu pada pedoman gizi seimbang sebagai prinsip baru.

Lantas, apa itu pola makan sehat? Dan bagaimana cara mengaturnya? Yuk langsung saja simak pembahasan lengkapnya di artikel berikut!

Apa itu Pola Makan Sehat?

Pola makan sehat adalah kebiasaan makan sehari-hari yang meliputi susunan pangan dengan berbagai jenis nutrisi tinggi dan seimbang.

Dengan pola makan yang sehat, tubuh Anda akan menerima energi serta zat gizi secara optimal sehingga mampu bekerja sebagaimana mestinya.

Adapun manfaat pola makan sehat lainnya, yaitu:

  • Menurunkan berat badan
  • Meningkatkan kesehatan usus
  • Meningkatkan memori
  • Menjaga kadar gula darah
  • Menurunkan risiko kanker
  • Menjaga kesehatan secara menyeluruh

Sebaliknya, pola makan yang kurang baik justru akan menimbulkan sejumlah masalah kesehatan, seperti gangguan pencernaan, berat badan tidak ideal, hingga meningkatkan risiko berbagai penyakit.

Tips Mengatur Pola Makan Sehat

Menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, 4 sehat 5 sempurna sudah tidak relevan lagi dalam mengatur pola makan yang sehat.

Sebab, pola makan tidak berdasar pada makanan semata, tetapi haruslah dibarengi dengan kebiasaan hidup secara keseluruhan.

Lalu, bagaimanakah cara yang benar? Well, Anda bisa coba berbagai tips pola makan sehat di bawah ini. Simak sampai habis ya!

1. Mengonsumsi Makanan yang Beragam

Tips pola makan sehat, bergizi, dan seimbang yang pertama adalah mengonsumsi beragam jenis makanan.

Seperti Anda ketahui, tak ada satu jenis makanan yang mengandung seluruh zat gizi secara sekaligus. Sementara, dalam menjalankan fungsinya, tubuh memerlukan berbagai macam nutrisi.

Nah, untuk menyokong fungsi tubuh secara optimal, maka Anda perlu memenuhi segala kebutuhan nutrisi tersebut dengan mengonsumsi beragam makanan, terutama yang mengandungan makronutrien dan mikronutrien.

2. Konsumsi Makanan Tinggi Serat dan Protein

Cara mengatur pola makan sehat berikutnya ialah dengan mengonsumsi makanan tinggi serat dan protein.

Seperti disebutkan di atas, Anda disarankan mengonsumsi jenis makanan dengan kandungan makronutrien.

Makronutrien sendiri meliputi karbohidrat, lemak, serta serat dan juga protein. Keduanya berfungsi membuat kenyang lebih lama, menjaga kesehatan usus, mencegah diabetes, dan menurunkan risiko sejumlah penyakit.

Baca juga: 5 Kriteria Makanan Sehat dan Bergizi, Ini Tips Menerapkannya!

3. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayuran

Anda juga disarankan memperbanyak konsumsi buah dan sayuran sebagai tips pola makan sehat bergizi dan seimbang lainnya.

Tak dapat dipungkiri, kedua bahan pangan ini merupakan sumber serat, vitamin, dan juga mineral terbaik yang dapat memenuhi asupan nutrisi bagi tubuh.

Buah dan sayuran bahkan kaya akan antioksidan yang membantu mencegah risiko berbagai penyakit.

Yang perlu diperhatikan dalam penyajian buah dan sayur adalah lebih baik jika dimakan dalam keadaan segar dan tanpa dihaluskan.

4. Tidak Melewatkan Sarapan

Membiasakan sarapan pagi merupakan salah satu cara mengatur pola makan sehat. Kebiasaan ini memberikan energi kepada tubuh agar mampu beraktivitas dengan baik.

Jarang diketahui, sarapan ternyata juga memegang peran penting dalam menjaga kesehatan secara menyeluruh, termasuk menurunkan risiko diabetes tipe 2.

5. Hindari Makan Berlebihan

Tips pola makan sehat selanjutnya adalah menghindari kebiasaan makan berlebih. Walaupun menu makan yang Anda konsumsi merupakan makanan sehat, namun tetap saja harus dalam porsi cukup dan tak berlebihan.

Pasalnya, makan berlebihan memiliki dampak negatif terhadap tubuh, mulai dari membuat berat badan tidak terkontrol, mengganggu kinerja pencernaan, hingga meningkatkan risiko gangguan kesehatan serius lainnya.

Anda disarankan menyesuaikan porsi dengan aktivitas dan kebutuhan kalori harian untuk mencegah obesitas.

6. Makan dengan Pola Teratur dan Tepat Waktu

Pola makan sehat tidak hanya berdasar makan makanan yang Anda konsumsi saja, tetapi juga terkait kebiasaan jam makan sehari-hari.

Sebab, laju metabolisme akan berbeda-beda pada setiap waktunya. Saat Anda beristirahat di malam hari misalnya, sistem metabolisme tubuh menjadi lebih lambat sehingga Anda disarankan beberapa jam sebelum waktu istirahat.

Jam makan yang dianjurkan adalah 30 menit setelah bangun tidur. Lalu, 4 hingga 5 jam kemudian makan siang. Sementara, makan malam usahakan maksimal 2 jam sebelum tidur.

Membiasakan pola makan yang teratur dan tepat waktu diketahui sangat baik bagi kesehatan tubuh, bahkan hingga mampu mengontrol kolesterol dan mengurangi risiko obesitas.

7. Minum Air Putih yang Cukup

Terakhir yang tak kalah penting dari lainnya adalah minum air putih dalam jumlah cukup.

Selain berbagai nutrisi dari makanan, air merupakan salah satu kebutuhan utama lainnya yang harus Anda perhatikan.

Anda disarankan minum air putih minimal 2 liter atau 8 gelas dalam sehari untuk menjaga kebutuhan cairan tubuh tetap terpenuhi.

Hal ini bukan hanya sekedar mencegah dehidrasi, melainkan membantu tubuh melarutkan zat-zat tertentu, mengatur suhu tubuh, hingga sebagai media pembuang racun dan sisa-sisa metabolisme.

Kementerian Kesehatan menyarankan untuk memilih air putih yang aman dalam memenuhi kebutuhan cairan tersebut.

Berdasarkan hal ini, AQUA bisa jadi salah satu pilihan air mineral berkualitas Anda setiap hari.

Selama lebih dari 49 tahun, AQUA dikenal sebagai pelopor air minum terbaik di Indonesia karena mengandung mineral yang baik dari sumber air pegunungan pilihan.

Bahkan, air minum AQUA diproses melalui 400 pemeriksaan dan uji kualitas sebelum didistribusikan kepada konsumen.

AQUA juga secara aktif memberikan berbagai perlindungan terhadap sumber air maupun ekosistem di sekitarnya.

Hal ini dilakukan untuk menjaga keberlangsungan sumber air sekaligus mempertahankan kualitas dan kealamian mineral. Sehingga kualitasnya sudah pasti terjamin.

Itu dia cara mengatur pola makan sehat yang perlu Anda ketahui. Agar dapat merasakan manfaatnya, cobalah terapkan kebiasaan di atas secara konsisten.

Jangan lupa imbangi dengan gaya hidup sehat lainnya, seperti olahraga rutin dan istirahat cukup. Lalu, pastikan pula kebutuhan cairan tubuh selalu terpenuhi dengan minum #AQUADULU setiap hari.

Baca juga: Pengertian dan Macam-Macam Kesehatan Manusia, Wajib Tahu!

Referensi:

  1. 9 Tips Pola Makan Sehat untuk Orang Sibuk - Buka
  2. Cara Mengatur Pola Makan Sehat yang Tepat - Buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Pesan AQUA, kami antar. Belanja sekarang!

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut .