Push up, olahraga yang bantu jaga kesehatan jantung

Kebaikan AirHidup Sehat | 25 Maret 2022

Bagikan:

Push up, olahraga yang bantu jaga kesehatan jantung

Memiliki tubuh yang sehat pastinya impian semua orang. Berbagai macam cara dapat dilakukan untuk mewujudkan hal tersebut, pola makan sehat dan rutin berolahraga. Jantung merupakan salah satu organ tubuh manusia yang memegang peranan penting dalam menyalurkan darah ke seluruh tubuh, untuk itu menjaga kesehatannya sangatlah penting untuk dilakukan.

Semakin kuat jantung Anda, maka semakin baik ia menjaga fungsi organ tubuh lainnya. Data dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengindikasikan bahwa terdapat 17,9 kematian tiap tahunnya karena penyakit kardiovaskular, dan tercatat mengakibatkan 31 persen kematian global. Selain pola hidup sehat dan pemeriksaan jantung rutin, ternyata cek kesehatan jantung juga bisa lewat olahraga push-up [1].

Tips pertama sebelum olahraga seperti push up, Anda wajib mengawalinya dengan pemanasan. Pemanasan dapat membantu menyesuaikan tubuh secara perlahan sebelum mulai berolahraga. Lakukan pemanasan dengan meniru gerakan yang sama seperti rencana olahraga yang akan dijalani, tetapi dalam gerakan yang lebih lambat. Jangan lupa ditutup dengan pendinginan atau pelemasan otot. Gerakan ini dilakukan perlahan dengan memperlambat gerakan.

Manfaat apa saja sih yang bisa jantung Anda dapatkan dari rutin melakukan olahraga push up?

Menguatkan Kontraksi dan Kemampuan Otot

Manfaat push up yang pertama adalah Anda bisa merasakan kekuatan pada otot dan bagian tonusnya. Tonus sendiri adalah kontraksi otot yang di pertahankan oleh otot itu sendiri [2]
Jaga Kesehatan Jantung dengan Push Up 40 Kali Sehari

Apabila Anda rutin melakukan push up juga dapat meningkatkan kesehatan jantung oleh karenanya dapat mengurangi risiko dari penyakit kardiovaskular. Dalam sebuah penelitian, ditemukan ada perbedaan signifikan pada pria yang mampu melakukan push up lebih dari 40 kali dengan yang melakukannya kurang dari 10 kali. Kategori pertama memiliki jantung yang lebih sehat sehingga memiliki risiko 96 persen lebih kecil untuk mengalami masalah kardiovaskular [2].

Menjaga Keseimbangan Tubuh

Push-up juga bermanfaat dalam melatih kekuatan otot tubuh. Dengan memiliki kekuatan otot yang baik, kekuatan dan keseimbangan tubuh akan lebih terjaga. Bila ini diterapkan kepada lansia, efeknya bisa mengurangi risiko terjadinya cedera akibat terjatuh [2].

Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang sedang menjalani program diet, push-up yang dilakukan secara rutin dapat membantu menurunkan berat badan. Caranya adalah dengan membakar kalori tubuh. Kalori yang terbakar dari latihan kekuatan ini adalah sekitar 7 kalori dalam setiap menitnya [2].

Perlu Anda perhatikan juga untuk mencukupi hidrasi tubuh selama berolahraga. Olahraga dapat menyebabkan cairan tubuh akan lebih banyak berkurang, mengingat ketika berolahraga ada kemungkinan bahwa keringat dari dalam tubuh akan lebih banyak keluar dibandingkan ketika kita sedang melakukan aktivitas lain. Selain keluarnya keringat, olahraga juga dapat menyebabkan Anda lebih banyak mengeluarkan cairan karena melalui nafas yang lebih banyak [3].

Dengan hidrasi yang cukup, Anda dapat merasa lebih bugar ketika berolahraga dan kegiatan tersebut pun dapat dilakukan secara lebih efektif. Hidrasi yang cukup dapat menyebabkan jantung dapat bekerja dengan optimal sehingga darah dapat mengalir ke tubuh dengan baik, oksigen dan nutrisi yang diangkut pun juga dapat lebih efisien tersebar pada dalam tubuh.

Untuk memenuhi kebutuhan air ketika berolahraga seperti yang dianjurkan, pilihlah AQUA yang memiliki 3 perlindungan yaitu melindungi ekosistem sumber airnya, sehingga mineral nya terjaga dan juga di proses secara seksama sehingga keaslian nya terjaga hingga ke tangan kita. Praktis banget, kita perlu untuk selalu sedia AQUA botol di dimanapun dan kapanpun biar tidak lupa untuk mendapatkan hidrasi, khususnya untuk membantu jaga kesehatan tubuh.

Jadikan AQUA teman setia Anda berolahraga

 

Sumber:

  • Cek Kesehatan Jantung Lewat Olahraga Push-Up - buka
  • Push Up Olahraga Murah yang Bisa Tingkatkan Kesehatan Jantung - buka
  • Repositori UNNES

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.