Hidup Aktif

Pusing Tanpa Sebab, Jangan-Jangan Kurang Cairan!

By Hidup Aktif | January 30, 2019 No Comments

Pernah sakit kepala mendadak tanpa sebab yang jelas? Mungkin sakit kepala ini sering muncul dan kurangteratasi dengan obat. Jangan-jangan penyebabnya kurang cairan!

Tubuh manusia terdiri dari air, yakni sebanyak 50-60% dari berat tubuh. Salah satu organ vital yang dipengaruhi oleh keadaan cairan dalam tubuh adalah otak.

Tak heran bila kekurangan cairan dapat menimbulkan sakit kepala. Sayangnya, sering kali orang tidak waspada bahwa tubuh mereka sedang kekurangan cairan.

Sakit kepala akibat kekurangan cairan dapat dirasakan dimana saja, seperti pada kepala bagian depan, belakang, satu sisi kepala, bahkan diseluruh kepala. Sakit kepala dapat bertambah parah jika kepala digerakkan ke depan belakang atau ke samping.

Baca Juga: Masalah Kesehatan Jika Tubuh Kurang Cairan

Bagaimana hal itu bisa terjadi? Saat kekurangan cairan, pembuluh darah tubuh akan menyempit sehingga mengakibatkan darah yang kaya oksigen sedikit mencapai otak. Akibatnya, otak kekurangan oksigen dan setelah beberapa lama otak akan mengatur pembuluh darah agar melebar. Pelebaran ini dapat menimbulkan sakit kepala.

Karena penyebabnya adalah kekurangan cairan, maka untuk mengatasinya diperlukan asupan cairan yang cukup. Cobalah minum air kurang lebih empat gelas. Agar tidak kembung, Anda dapat minum setiap sepuluh menit sekali.

Selain itu, buah-buahan yang berair –yaitu jeruk, semangka, dll– juga dapat menjadi sumber cairan bagi tubuh.  Jika benar disebabkan oleh kekurangan cairan, maka sakit kepala akan hilang dalam 1-2 jam.

Oleh sebab itu, jagalah agar tubuh tidak kekurangan cairan. Pada orang dewasa pria, disarankan untuk minum 11-12 gelas dan wanita 7 gelas per hari. Asupan cairan juga bisa didapat dari makanan, seperti buah-buahan atau makanan berkuah.

Cara mudah lainnya adalah dengan memantau warna urin (air seni) saat berkemih. Urin yang berwarna kuning jernih menandakan tubuh memiliki cairan yang cukup. Sedangkan, urin yang berwarna kuning gelap menandakan tubuh kekurangan cairan.

Marilah pelihara kesehatan tubuh dengan minum secara cukup!

[RS/RH]

Sumber:
http://www.thepaincenter.com/news/headaches-and-dehydration
universityhealthnews.com/daily/pain/dehydration-headache/
Mahan K, Stump SE. Krause’s Food and The Nutrition Care Process. 14th edition. Saunders Elsevier, 2017; 6: 89