10 Jenis Olahraga Pagi yang Ringan dan Mudah Dilakukan

Hidup Sehat | 29 Desember 2022

Bagikan:

10 Jenis Olahraga Pagi yang Ringan dan Mudah Dilakukan

 Olahraga pagi merupakan salah satu aktivitas terbaik yang bisa Anda coba lakukan sebelum memulai hari.

Selain karena udara yang masih terasa begitu sejuk, kebiasaan olahraga di pagi hari juga memiliki sejumlah manfaat bagi tubuh, seperti meningkatkan konsentrasi dan menjaga suasana hati. 

Nah, jika Anda berencana melakukannya, berikut ini terdapat macam-macam olahraga pagi yang cukup mudah dan ringan untuk dicoba. Yuk, simak rekomendasinya!

Manfaat Olahraga Pagi

Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa pagi hari merupakan salah satu pilihan waktu olahraga yang baik. Adapun sejumlah manfaatnya ialah sebagai berikut.

  • Menurunkan stres
  • Menjaga suasana hati
  • Meningkatkan fokus
  • Mengontrol nafsu makan
  • Menjaga berat badan tetap ideal
  • Meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh
  • Membuat tidur lebih nyenyak

10 Jenis Olahraga Pagi yang Ringan dan Mudah Dilakukan

Ada begitu banyak jenis olahraga pagi yang bisa Anda coba untuk mengawali hari. Berikut beberapa di antaranya.

1. Push Up

Push up adalah salah satu jenis olahraga yang cocok dilakukan di pagi hari. Selain karena cukup ringan dan mudah, olahraga ini juga tak memerlukan alat ataupun tempat khusus.

Anda bahkan bisa melakukannya di dalam kamar. Manfaat push up sendiri diketahui dapat membantu membentuk otot-otot tubuh bagian atas, seperti tangan dan dada.

Di sisi lain, push up juga bisa melatih kekuatan dan kesehatan otot jantung.

2. Jogging

Rekomendasi olahraga pagi berikutnya adalah jogging. Sama seperti push up, aktivitas ini tak memerlukan alat apapun.

Tak perlu pergi ke sebuah lapangan, Anda bisa jogging mengelilingi komplek perumahan sambil menikmati udara pagi yang sejuk atau bahkan menggunakan treadmill di dalam rumah.

Terlebih lagi, ada begitu banyak manfaat jogging bagi tubuh, mulai dari mengurangi stres, menjaga sistem kekebalan tubuh, hingga meningkatkan kebugaran jantung-paru serta otot.

Jogging juga cocok dilakukan di pagi hari karena olahraga ini akan membuat tubuh Anda melepaskan hormon endorfin yang bisa meningkatkan semangat serta menciptakan perasaan positif.

Baca juga: 8 Tips Sehat di Pagi Hari agar Lebih Semangat dan Produktif

3. Stretching

Jika ingin melakukan olahraga pagi yang ringan dan mudah, peregangan otot atau juga dikenal dengan istilah stretching adalah pilihan tepat.  

Berbagai gerakan stretching setelah bangun tidur diketahui dapat membantu memperlancar peredaran darah, meningkatkan laju metabolisme, sekaligus menciptakan rasa tenang dan rileks. 

Maka dari itu, latihan ini termasuk sebagai salah satu olahraga yang cocok dilakukan saat pagi sebelum memulai aktivitas sehari-hari.

4. Lompat Tali atau Skipping

Tahukah Anda, manfaat lompat tali diketahui dapat meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh secara efektif.

Sebab, olahraga ini melibatkan hampir seluruh otot tubuh dan meningkatkan aktivitas jantung. 

Lompat tali juga cukup menyenangkan sehingga bisa membuat Anda mengawali hari dengan penuh semangat.

5. Bersepeda

Bersepeda adalah salah satu jenis olahraga yang digemari banyak orang dari berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Menurut Physical Therapist dari Harvard University bernama Dr. Clare Safran-Norton, manfaat bersepeda pun tidak pada aspek kesehatan semata.

Saat Anda bersepeda, tubuh diketahui akan memproduksi hormon dopamin yang mampu meningkatkan perasaan bahagia serta menurunkan tingkat stres atau bahkan depresi.

Baca juga: 7 Manfaat Berjemur di Pagi Hari untuk Kesehatan, Yuk Terapkan!

6. Plank

Jika Anda menginginkan melakukan jenis olahraga di rumah, plank bisa jadi salah satu alternatifnya.

Hampir mirip dengan push up, gerakan plank juga bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan otot-otot lengan dan perut sekaligus menjaga daya tahan tubuh.

Bedanya, plank dilakukan dengan menggunakan lengan sebagai tumpuan utama. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa simak 5 Gerakan Plank, Manfaat, dan Cara Melakukannya yang Benar.

7. Yoga

Last but not least, jenis olahraga pagi yang bisa Anda lakukan untuk memulai hari adalah yoga. Seperti Anda ketahui, manfaat yoga bisa melatih Anda mengendalikan tubuh dan pikira

Olahraga ini sangat cocok dilakukan saat pagi guna membantu Anda mengelola pikiran. Untuk pemula, Anda bisa mencoba sejumlah gerakan yoga yang mudah dan ringan terlebih dahulu.

Itu dia beberapa rekomendasi olahraga yang bisa Anda coba di pagi hari. Ada baiknya Anda lakukan secara rutin agar memperoleh manfaatnya secara maksimal.

8. Senam

Senam temasuk aktivitas fisik yang digemari banyak orang. Olahraga ini bisa dilakukan dimana saja, termasuk dimana saja. 

Senam juga bisa dilakukan sendiri, bersama keluarga ataupun ramai-ramai. Beberapa senam yang bisa dilakukan di rumah antara lain adalah senam aerobik, dan senam Zumba.

9. Squat Jump

Squat jump berfungsi untuk meningkatkan otot kaki. Gerakan ini dimulai dengan sikap berdiri, lalu menurunkan pinggul seperti jongkok, kemudian berdiri kembali.

Otot kaki yang dilatih dalam squat jump adalah otot betis dan lutut. Olahraga ini juga mudah dilakukan di rumah. Cukup lakukan squat jump selama 2-3 menit. Dan jangan lupa untuk pemanasan terlebih dahulu untuk menghindari cedera.

Baca juga : 9 Macam-Macam Senam yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

10. Naik Turun Tangga

Yang terakhir juga amat simple dilakukan. Anda bisa melakukan naik turun tangga sebagai olahraga di pagi hari. 

Eitss, jangan salah, meski simple, aktivitas ini memiliki banyak manfaat. Naik turun tangga bisa berguna untuk melatih otot kaki, mengecilkan perut, serta menguatkan jantung dan paru-paru.

Nah itulah 10 olahraga ringan yang bisa dilakukan di rumah. Lalu, setelah olahraga, jangan lupa minum air putih untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang.

Agar tidak lupa, selalu siapkan #AQUADULU di setiap aktivitas Anda. Tersedia kemasan AQUA 600 ml yang sangat praktis dibawa ke mana saja, termasuk saat berolahraga. 

Jadi, yuk siapkan AQUA botol di tas olahraga Anda sekarang juga!

Baca juga: Cara Olahraga yang Benar agar Dapatkan Hasil Optimal

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Pesan AQUA, kami antar. Belanja sekarang!

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut .