Relawan Danone-AQUA Mempromosikan Plogging Dalam Clean-Up Jakarta Day 2019

Bijak Berplastik | 25 Agustus 2019

Bagikan:

Relawan Danone-AQUA Mempromosikan Plogging Dalam Clean-Up Jakarta Day 2019

Danone-AQUA bersama relawan, karyawan, dan berbagai komunitas mempromosikan plogging di ajang Clean-Up Jakarta Day (CUJD) 2019. Mereka mengumpulkan botol plastik bekas area Car Free Day (CFD) untuk dibawa ke Recycling Business Unit (RBU) Danone-AQUA di Tangerang Selatan untuk didaur ulang.

Plogging merupakan aktivitas yang mengombinasikan jogging dan pengumpulan sampah yang mulai populer di Swedia pada tahun 2016. Kegiatan ini mendorong orang untuk tetap sehat sembari menjaga lingkungan.

Selama ini plogging telah menyebar ke seluruh dunia, tetapi belum begitu populer di Indonesia. Sebagai merek asli Indonesia, Danone-AQUA ingin mengadopsi dan memopulerkannya karena dinilai sesuai dengan tren gaya hidup sehat yang tengah diminati di berbagai lapisan masyarakat.

“Kami lihat saat ini orang Indonesia sangat peduli terhadap kesehatan. Semakin banyak orang pergi ke gym, jogging, lari pagi atau sore, dan mengikuti berbagai kegiatan olahraga. Sekarang, kami ingin menginspirasi mereka untuk berolahraga sambil menjaga lingkungan melalui plogging. Kami percaya CFD yang sangat diminati banyak orang adalah salah satu kesempatan paling cocok untuk mempromosikan kegiatan ini,” kata Senior Sustainable Packaging Manager Danone-AQUA Ratih Anggraeni.

Selama aktivitas berlangsung, relawan Danone-AQUA menyebar dan mengumpulkan botol plastik bekas dengan alat bersih-bersih. Mereka kemudian mengumpulkannya di truk sampah yang telah disediakan oleh RBU Danone-AQUA.

Selain itu, Danone-AQUA juga menyediakan 16 dropbox untuk publik yang ingin mengumpulkan botol plastik bekas mereka selama acara berlangsung. Sebagai penunjang, disediakan pula 16 hydration stations untuk memastikan kebutuhan hidrasi para relawan terpenuhi selama melakukan plogging.

Dalam pelaksanaan, Brand Partner AQUA LIFE, Kelly Tandiono, ikut berpartisipasi. Ia bersemangat mengikuti plogging karena berkaitan dengan aktivitas pengelolaan sampah bertanggung jawab yang selama ini dikampanyekannya bersama Danone-AQUA.

“Selain itu, saya juga sangat antusias membantu Danone-AQUA mempromosikan plogging sebagai tren baru di Indonesia. Plogging merupakan olahraga yang menuntut kita untuk menambah gerakan saat berlari atau berjalan. Mulai dari membungkuk, berjongkok, sampai meregangkan badan. Kegiatan ini merupakan cara yang cocok dan efektif untuk menjaga kesehatan fisik dan lingkungan,” ujar Kelly.

APRESIASI PEMERINTAH

Sebagai pelopor air putih dalam kemasan di Indonesia, Danone-AQUA percaya bahwa kesehatan fisik seseorang datang dari hidrasi dan lingkungan yang bersih. Oleh karena itu, Danone-AQUA secara konsisten mencari cara untuk mempromosikan hidrasi sehat dan mendorong publik untuk ambil bagian dalam upaya menjaga lingkungan. Plogging kemudian dipilih menjadi salah satu caranya.

Upaya tersebut mendapat apresiasi dari pemerintah. Secara khusus, Pemerintah DKI Jakarta merasa terbantu dengan plogging yang dilaksanakan oleh Danone-AQUA.

“Provinsi DKI Jakarta telah melakukan berbagai proyek dan menerbitkan berbagai peraturan untuk memastikan kebersihan Jakarta. Namun, kami tidak bisa hanya mengandalkan pemerintah. Sebagai individual, kita juga memiliki tanggung jawab untuk berbenah mulai dari diri sendiri, komunitas. Pembenahan bisa dilakukan melalui acara-acara besar seperti kegiatan hari ini untuk memberikan dampak yang lebih besar,” kata Pelaksana Tugas Wakil Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Yusiono A. Supalal.

Plogging yang dilakukan Danone-AQUA di CUJD 2019 merupakan kelanjutan gerakan #BijakBerplastik yang telah dicanangkan pada 2018. Aktivitas ini mengajak banyak orang untuk ikut mengambil bagian dalam menyelesaikan persoalan sampah plastik di Indonesia. Adapun aneka kegiatannya meliputi kegiatan pengumpulan sampah, edukasi tentang arti penting 3R (reduce, reuse, recycle), dan inovasi kemasan.

Danone-AQUA berharap #BijakBerplastik memungkinkan mereka untuk mengumpulkan lebih banyak botol plastik daripada yang digunakannya pada tahun 2025. Saat ini, Danone-AQUA memiliki enam RBU yang tersebar di Pulau Jawa, Bali dan Lombok. Setiap tahun, keenam RBU itu berhasil mengumpulkan rata-rata 12.000 ton sampah botol plastik.

Sementara itu, sesuai dengan komitmen perusahaan untuk terus berinovasi, Danone-AQUA juga telah meluncurkan AQUA LIFE. Ini adalah kemasan botol spesial yang 100% terbuat dari plastik daur ulang dan 100% dapat didaur ulang.

AQUA LIFE telah diluncurkan di Bali pada 2018 dan di Jakarta pada 2019. AQUA LIFE merupakan kemasan botol plastik pertama di Indonesia yang membuktikan bahwa plastik bekas dapat diolah menjadi sesuatu yang berguna dan menjadi bagian dari ekonomi sirkuler. Berbagai pencapaian itu membuat Danone-AQUA selalu menjadi pelopor praktik bisnis yang berkelanjutan.

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Enzy mengajak Anda untuk beli AQUA sekarang!

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut .