5 Gerakan Senam Rematik, Kenali Manfaatnya dalam Atasi Nyeri!

Hidup Aktif | 31 Agustus 2022

Bagikan:

5 Gerakan Senam Rematik, Kenali Manfaatnya dalam Atasi Nyeri!

Sesuai namanya, senam rematik adalah jenis olahraga yang berfokus memberikan penanganan pada penderita rematik.

Ya, manfaat senam rematik diketahui dapat meringankan keluhan nyeri, kaku, pembengkakan sendi, hingga kelainan bentuk tubuh seseorang yang menderita rematik.

Pilates adalah salah satu contoh gerakan yang umum dilakukan. Untuk mengetahui lebih lengkap, yuk simak berbagai manfaat dan jenis-jenisnya berikut.

Mengenal Senam Rematik

Secara mendasar, senam rematik adalah sebuah latihan fisik atau gerakan ringan yang berfokus menangani permasalahan penderita rematik.

Dalam kata lain, tujuan senam rematik adalah untuk mengurangi nyeri ataupun kaku pada sendi yang dialami penderita rematik sekaligus menjaga kesehatan dan kekuatan tubuh.

Senam rematik sendiri terdiri dari delapan komponen gerak, yaitu menjaga postur tubuh, peregangan otot, latihan lingkup gerak sendi, latihan penguatan otot, penguatan kerja jantung dan paru, latihan keseimbangan, koordinasi, serta ketahanan otot.

Adapun langkah-langkah senam rematik adalah sebagai berikut.

a) pemanasan

  1. Gerakan kepala dari arah kanan kiri , atas bawah 8x hitungan
  2. Angkat kedua tangan dari samping ke arah atas 8x hitungan
  3. Kaitkan tangan lalu angkat ke arah atas dan bawah

b) gerakan inti

  1. Putar bahu kanan kiri ke depan dan ke belakang
  2. Kepalkan kedua tangan lalu dibuka dalam hitungan 8 kali
  3. Renggangkan tangan dan tekuk siku dengan gerakan ke kiri dan ke kanan
  4. Angkat tangan kiri ke atas dan kanan dibawah lalu ayunkan secara bergantian

Manfaat Senam Rematik

Menurut penelitian, penderita rematik dianjurkan melakukan olahraga ringan seperti senam karena berbagai manfaat yang diberikan. Berikut beberapa di antaranya.

  • Meningkatkan kelenturan dan fungsi sendi.
  • Meringankan gejala rematik, seperti sendi kaku atau nyeri.
  • Meningkatkan rentang gerak sendi.
  • Mencegah penurunan kemampuan dan massa otot.
  • Meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang.
  • Meningkatkan fleksibilitas tubuh dalam bergerak.
  • Memperbaiki suasana hati.
  • Meningkatkan kebugaran tubuh secara menyeluruh, termasuk jantung dan otot.
  • Meningkatkan kualitas hidup penderita rematik dan menurunkan risiko komplikasi.

Jenis-Jenis Senam Rematik

Nah, selain gerakan senam rematik di atas, Anda bisa mencoba sejumlah latihan berikut yang memiliki manfaat serupa dengan senam rematik..

1. Yoga

Tahukah Anda, salah satu manfaat yoga adalah untuk meningkatkan kelenturan dan rentang gerak tubuh.

Maka dari itu, yoga termasuk jenis olahraga senam yang memberikan dampak baik bagi penderita rematik.

Di sisi lain, teknik relaksasi dalam gerakan yoga juga melatih pernapasan. Hal tersebut diketahui dapat meringankan nyeri dan memperbaiki suasana hati.

2. Pilates

Pilates adalah jenis olahraga senam lainnya yang juga baik untuk meringankan permasalahan rematik.

Tak berbeda jauh dari yoga, pilates diketahui dapat meningkatkan keseimbangan serta kekuatan sendi dan otot di sekitarnya.

Adapun tujuan utama dari gerakan pilates adalah untuk memiliki tubuh kuat, fleksibel, dan seimbang.

Inilah alasan mengapa pilates merupakan salah satu olahraga yang cocok untuk pengidap rematik.

Baca juga: 8 Olahraga untuk Meredakan Sakit Punggung, Patut Coba!

3. Tai Chi

Gerakan senam rematik berikutnya adalah tai chi. Ini merupakan latihan kebugaran yang terdiri atas rangkaian gerakan secara perlahan, teknik pernapasan dalam, dan penuh konsentrasi. 

Tai chi termasuk olahraga yang bersifat low impact, di mana hanya menggunakan beban minimal pada otot maupun persendian tubuh.

Oleh karena itu, gerakan tai chi kerap dijadikan sebagai olahraga pilihan bagi lansia dan pengidap rematik.

4. Senam Peregangan

Senam peregangan juga direkomendasikan jika Anda menderita rematik. Sebab, peregangan seperti gerakan pemanasan merupakan latihan yang bersifat ringan dan tidak menyakitkan.

Selain itu, peregangan juga dapat membantu meningkatkan rentak gerak dan fleksibilitas sendi.

Dalam hal ini, Anda bisa lakukan gerakan peregangan pada otot pinggul, punggung, pinggang, paha, betin, serta lengan.

5. Latihan Kekuatan Otot

Gerakan senam rematik yang terakhir adalah senam untuk kekuatan otot, seperti push up, squat, sit up, senam aerobik, atau latihan naik turun tangga.

Jenis olahraga kardio seperti berjalan kaki atau berenang juga cocok untuk membantu meningkatkan kekuatan otot tubuh dan meringankan gejala.

Berbagai latihan yang melibatkan kekuatan otot tersebut bisa Anda lakukan sebanyak 2 sampai 4 kali dalam seminggu.

Jika masih pemula, Anda disarankan berlatih selama 10 menit saja. Sementara, bila sudah terbiasa, Anda bisa melakukannya selama 30 menit.

Tips Senam bagi Penderita Rematik

Nah, setelah mengetahui berbagai gerakannya di atas, berikut ini terdapat sejumlah tips senam rematik yang perlu Anda ketahui.

  • Pastikan Anda telah berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter mengenai jenis senam atau olahraga yang akan dilakukan.
  • Gunakan peralatan yang aman dan nyaman, baik itu pakaian, sepatu, dan juga matras.
  • Lakukan latihan senam secara bertahap, mulai dari tingkat yang ringan atau pemula jika memang baru pertama kali melakukannya.
  • Kurangi intensitas atau hentikan latihan bila Anda merasa lelah, kurang nyaman, atau nyeri.
  • Lakukan variasi dalam olahraga, misalkan latihan peregangan setiap pagi dikombinasikan dengan pilates 3 hari sekali.
  • Lakukan olahraga secara rutin dan konsisten.

Itu dia berbagai hal yang perlu Anda ketahui mengenai senam rematik. Selain mudah dilakukan, latihan ini juga memiliki banyak manfaat, khususnya kepada pengidap rematik.

Namun, tetap saja Anda harus memerhatikan sejumlah hal di atas dna tak boleh sembarang melakukannya.

Jangan lupa pastikan Anda istirahat dan minum air putih yang cukup setidaknya 8 gelas atau 2 liter setiap hari agar terhindar dari dehidrasi.

Pasalnya, dehidrasi dapat berdampak buruk terhadap kesehatan tubuh, sehingga penting untuk Anda selalu menjaga kebutuhan cairan tubuh.

Mengingat pentingnya minum air, Anda juga harus memastikan air minum harian terjaga kualitasnya, seperti AQUA.

AQUA merupakan air mineral berkualitas yang memberikan berbagai perlindungan terhadap sumber airnya sehingga kealamian mineral terjamin aman.

AQUA bahkan sudah dipercaya lebih dari 49 tahun memproduksi air minum yang bagus karena berasal dari proses alami.

Demi menjaga kualitasnya, pengemasan AQUA dilakukan melalui 400 uji kelayakan sebelum akhirnya didistribusikan.

Jadi, Anda tak perlu ragu lagi untuk #AQUADULU setiap hari. Yuk rasakan manfaat dari setiap tetes kesegaran air mineral AQUA!

Baca juga: 7 Penyebab Sakit Pinggang, Kenali Gejala dan Pencegahannya!

Referensi:

  1. Manfaat dan Jenis Senam Rematik untuk Kesehatan Anda - Buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.