Bijak Berplastik

Sheryl Sheinafia Rilis Single Positif untuk Mengajak Anak Muda Atasi Masalah Sampah Plastik

Masalah sampah plastik sudah sedemikian besar. Untuk mengatasinya, kolaborasi berbagai pihak melalui beragam cara diperlukan. Ini akhirnya mendorong penyanyi Sheryl Sheinafia yang didukung Danone-AQUA untuk merilis single bertajuk Positif.

Lagu Positif merupakan hasil aransemen ulang dari single Possesif yang pernah dibawakan oleh grup musik Naif. Di dalamnya terdapat perubahan lirik serta gubahan musik yang berbeda. Ini disengaja dengan tujuan memberikan kesan dan napas yang lebih positif pada lagu legendaris tersebut.

Lewat lagu Positif itu pula Sherly ingin mengajak semua pihak untuk peduli dan ambil bagian dalam mengatasi masalah sampah plastik. Ajakannya tercermin dari salah satu lirik baru dalam lagu Positif, yaitu, “Bila kau mati, kau hidup lagi.” 

Lirik tersebut dapat dimaknai sebagai pengingat bahwa segala hal bisa memiliki kesempatan kedua, termasuk plastik bekas. Nanti sampah plastik bisa dimanfaatkan kembali supaya masuk ke siklus sirkuler. 

Langkah yang dilakukan oleh Danone-AQUA bisa menjadi contoh nyata. Salah satu komitmen AQUA melalui gerakan #BijakBerplastik yaitu mendorong pemanfaatan ulang sampah plastik. 

“Transformasi dan kesempatan kedua adalah dua hal yang ingin aku fokuskan di sini. Aku harap, dengan karya, lewat sesuatu yang aku cintai, melalui musik, aku bisa mengajak orang lain untuk ikut #BijakBerplastik. Itu nanti bisa membawa perubahan positif ke lingkungan kita semua,” ujar Sheryl.

Ajakan Shery didasari atas kesadaran bahwa masalah sampah plastik begitu kompleks. Perlu cara untuk mengatasinya melalui pemakaian yang bijak. Jika tidak, sampah plastik bisa mencemari lingkungan yang dapat berujung buruk bagi kesehatan manusia.

“Plastik memang salah satu material yang paling berguna dalam keseharian. Tetapi jika kita tidak bijak dalam pemakaian dan pengelolaannya, dampaknya sangat buruk bagi lingkungan,” kata Sheryl. “Aku merasa untuk memiliki tubuh yang sehat, tidak cukup hanya memperhatikan pemenuhan gizi dan hidrasi yang sehat saja, tapi juga harus memperhatikan kesehatan lingkungan kita. Jadi, aku bersama dengan Danone-AQUA ingin mengajak lebih banyak orang bisa memperhatikan gaya hidup sehat, sekaligus ikut terlibat dalam Gerakan #BijakBerplastik.”

Selain menyajikan musik serta lirik yang inspiratif, single Positif juga dibuatkan video klip dengan konsep yang unik. Dengan pengambilan gambar di daerah Yogyakarta, video yang diarahkan sutradara Bramsky ini memperlihatkan bahwa plastik bisa dimanfaatkan ulang.

Kini publik sudah bisa menikmati lagu maupun video klip Positif. Sejak 29 November 2019, semuanya telah ada di seluruh platform musik digital serta YouTube channel Musica Studio’s.

 

EFEKTIF MENYASAR KAUM MUDA

Masalah sampah plastik memang menuntut kepedulian dari semua pihak termasuk kaum muda. Danone-AQUA menilai musik dan lagu bisa menjadi salah satu cara efektif untuk mengajak anak-anak muda lebih peduli.

“Oleh karena itu, kami bekerja sama dengan Sheryl selaku Brand Partner kami, untuk membantu kami reach out dan meningkatkan kesadaran generasi muda mengenai arti penting 3R (reduce, reuse, recycle) dan pengelolaan sampah yang bertanggung jawab,” ujar Marketing Manager Danone-AQUA, Jeffri Ricardo.

Ia menambahkan Sheryl merupakan representasi anak muda yang peduli terhadap lingkungan. Itu menjadikannya sebagai orang yang tepat untuk menggaungkan Gerakan #BijakBerplastik. 

“Lewat talenta bernyanyinya, kami yakin Sheryl dapat menjangkau banyak orang untuk ikut #BijakBerplastik lewat lagu Positif ini,” tutur Jeffri. “Kami juga melihat bahwa Sheryl secara konsisten aktif mengampanyekan pengelolaan sampah yang bertanggung jawab. Kami merasa ia akan mampu menginspirasi generasi muda untuk melakukan hal yang sama.”

 Diluncurkan sejak 2018, Gerakan #BijakBerplastik bertujuan mengajak orang-orang untuk turut bertanggung jawab terhadap pengelolaan sampah, terutama sampah plastik. Ini diperlukan karena Danone-AQUA meyakini permasalahan sampah plastik bisa diselesaikan melalui kolaborasi multipihak.

“Terkait #BijakBerplastik, kita bisa mulai dari hal yang paling sederhana. Dari memilah sampah untuk membantu proses daur ulang, sampai memanfaatkannya atau mengubahnya menjadi sesuatu yang lebih berguna,” ajak Sherly.