Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.

Syarat fisik yang menentukan kebersihan air minum

Kebaikan AirHidup Sehat | 20 Maret 2021
Syarat fisik yang menentukan kebersihan air minum

Manusia memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air. Namun yang perlu Anda perhatikan adalah tidak semua air minum layak untuk dikonsumsi. Untuk menjamin keamanan untuk dikonsumsi, air harus bersih dan memenuhi syarat kualitas air yang sehat.

Umumnya air bersih diartikan sebagai air yang digunakan dalam rumah tangga untuk keperluan sehari-hari, contohnya seperti mandi, mencuci baju, minum dan memasak. Akan tetapi air yang akan dikonsumsi memiliki syarat yang harus tertuang dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 492 Tahun 2010 dan telah lulus uji Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Jenis air minum yang dikonsumsi setiap hari dapat turut menentukan kesehatan. Jika tidak akan berisiko gangguan kesehatan yang mungkin menyertai.

Air yang akan dikonsumsi setiap hari haruslah air yang bersih, syarat fisik dimana Anda bisa langsung mengetahuinya menggunakan alat indera tanpa bantuan alat lain, berikut ini beberapa diantaranya:

  • Tidak berbau, air tidak berbau apapun entah itu wangi maupun bau yang tidak sedat.
  • Tidak berwarna, air tidak berwarna dan warna menyesuaikan dengan keadaan lingkungan sekitar.
  • Jernih, air yang baik tidak keruh.
  • Tidak berasa, kecuali Anda menambahkan perasa.
  • Tidak meninggalkan endapan.

Setelah Anda mengetahui syarat-syarat air bersih kini penting juga untuk mempelajari jenis-jenis air minum berdasarkan sumber, cara pengolahan dan penyediaannya:

1. Air Dari Perusahaan Penyedia Air Minum

Pendistribusian air ini melalui pipa atau tangki dan biasanya digunakan untuk aktivitas sehari-hari. Jika, Anda akan gunakan air ini untuk diminum, umumnya air direbus terlebih dahulu.

2. Air Tanah

Umumnya air ini didapatkan melalui sumur atau pompa dan kualitas dari air tersebut ditentukan dari lingkungan sekitarnya. Ada satu hal yang perlu diperhatikan yaitu mengingat air tanah merupakan serapan dari air hujan, mungkin saja terkontaminasi bakteri atau zat lain yang dapat menyebabkan penyakit.

3. Air Minum Dalam Kemasan

Ini merupakan sumber air minum yang paling sering digunakan masyarakat Indonesia karena efisien dan mudah di dapat. Tersedia dalam gelas atau botol plastik tertutup atau kemasan galon. Untuk kualitas dari air minum ini Anda harus jeli dalam memilihnya. Apakah kemasannya rusak atau terbuka. Karena hal ini akan membuat air terpapar sinar matahari dalam waktu lama dan membuat jumlah bakteri di dalamnya.

Baca Juga:

Apapun pilihan sumber air minum Anda, tentunya harus pintar dalam memilih kualitas dan kebersihan dari air tersebut agar manfaat rutin minum air putih dapat Anda rasakan secara maksimal.

Beberapa manfaat mengonsumsi air putih secara rutin adalah:

  • Memaksimalkan performa fisik
  • Meningkatkan energi dan fungsi otak
  • Mencegah dan mengatasi sakit kepala
  • Mencegah batu ginjal
  • Dipercaya dapat menurunkan berat badan
  • Menjaga kesehatan kulit
  • Menjaga suhu tubuh
  • Membantu penyerapan nutrisi

Pilihlah AQUA yang telah melakukan ratusan pemeriksaan untuk memastikan kebaikan alami dan kandungan asli air tersimpan di dalam kemasan. AQUA juga senantiasa melakukan tiga perlindungan; melindungi ekosistem di sekitar sumber air, melindungi kealamian mineral, serta melindungi proses pengemasan.

Berkat itu, jaminan keamanan diperoleh. Kandungan mineral di dalam AQUA tidak akan hilang. Selain itu, airnya sudah pasti steril dari kontaminasi berbahaya sehingga aman untuk dikonsumsi. Kesegaran AQUA tetap terjaga, setiap tetes kemurniannya melalui lebih dari 400 cek kualitas, dan dikemas langsung dari sumbernya.

Itulah kiat untuk menentukan air minum terbaik untuk dikonsumsi. Luangkan waktu untuk melakukannya supaya bisa benar-benar mendapatkan air yang berkualitas.

Sedia selalu AQUA dimanapun Anda berada!

 

Sumber:

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3394465/kenali-ciri-ciri-air-minum-yang-layak-konsumsi
https://www.farmasi.asia/syarat-fisik-air-bersih/
https://www.alodokter.com/belum-cukup-hanya-dengan-merebus-air
https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3623228/jangan-malas-minum-air-putih-ini-manfaatnya
https://www.sehataqua.co.id/cara-memilih-air-minum-terbaik-untuk-dikonsumsi-setiap-hari/