Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.

Tips Agar Produktivitas Tetap Terjaga Selama WFH

Kebaikan AirHidup Aktif | 16 September 2021
Tips Agar Produktivitas Tetap Terjaga Selama WFH

Semenjak Pemerintah menganjurkan untuk beraktivitas produktif dirumah guna untuk menekan penyebaran COVID-19, banyak perusahaan yang menerapkan karyawan dan karyawatinya untuk bekerja dirumah atau Work From Home (WFH). Metode WFH dalam penerapannya membawa manfaat tersendiri, tetapi terkadang bisa menjadi hambatan karena merasa jenuh atau banyak distraksi yang dirasakan ketika kerja di rumah.

Untuk itu, setiap orang tetap perlu memotivasi diri agar senantiasa semangat bekerja dan menyelesaikan seluruh tanggung jawab meskipun bekerja dari rumah. Berikut ini beberapa tips agar tetap produktif selama Work From Home (WFH):

1. Pertahankan jam kerja kantor

Tips pertama yang bisa Anda terapkan adalah pertahankan aturan jam kerja kantor. Dengan tetap menerapkan jam kantor di rumah, Anda lebih mudah berkomunikasi dengan atasan, rekan kerja maupun kolega. Tidak mengubah jam kerja kantor juga dapat membuat Anda menyelesaikan pekerjaan sesuai waktu yang ditentukan

2. Pisahkan Waktu Kerja dan Pribadi

Terapkan jadwal konsisten kapan Anda beristirahat dan jam kerja selesai. Jangan mengambil terlalu banyak waktu untuk menyelesaikan pekerjaan. Menyeimbangkan antara jam kerja dan istirahat membuat hidup Anda lebih produktif, berfikir jernih dan badan tetap sehat.

3. Rencanakan Agenda Harian

Sebelum tidur malam, luangkan sedikit waktu untuk menulis apa-apa saja kegiatan yang akan Anda lakukan besok pagi. Tentukan prioritas utama, dan batas-batas waktu pengerjaannya.
Di esok hari Anda tinggal melaksanakan apa yang sudah direncanakan dan usahakan selesaikan setiap pekerjaan sesuai waktu yang ditentukan. Kerjakan tugas paling berat saat Anda memiliki porsi energi yang besar. Perencanaan yang baik dapat membuat Anda lebih efisien mengerjakan banyak pekerjaan.

4.Ambil Jam Istirahat di Sela-Sela Pekerjaan

Sama halnya dengan jam istirahat di kantor, Anda perlu ambil jeda istirahat ketika sedang sibuk bekerja di rumah. Gunakan waktu jeda ini untuk istirahat sejenak agar pikiran kembali fresh, mungkin dengan makan siang, minum minuman segar, maupun berjalan ke halaman mencari udara segar.
Dengan mengambil sedikit jeda, Anda dapat merelaksasikan sejenak tubuh Anda. Jika Anda kerap lupa mengambil waktu istirahat, coba gunakan alarm sebagai pengingat Anda.

5. Berpakaian Seperti Sedang di Kantor

Bekerja dari rumah memang membuat sebagian orang enggan menggunakan pakaian kantor. Meski tak berinteraksi dengan siapa-siapa, hendaknya Anda tetap mandi, menyikat gigi dan menggunakan pakaian rapi. Hal ini berguna untuk memotivasi dan mengurangi rasa kantuk saat bekerja.

6. Ciptakan Ruang Kantor di Rumah

Buatlah satu ruangan di rumah Anda serupa kantor, lengkapi dengan meja, kursi dan koneksi intenet yang baik. Bekerja dari kasur maupun sofa memang cukup menggoda, namun dapat mengurangi produktivitas Anda. Tempat dapat mempengaruhi cara kerja dan energi Anda saat berpikir.

7. Hindari kegiatan lain

Fokus pada pekerjaan kamu ketika sedang bekerja di rumah. Usahakan hindari kegiatan lain seperti kumpul bersama teman, main di luar rumah dan hal lainnya yang dapat mengganggu pekerjaan Anda. Kalau perlu, tuliskan hal-hal yang sekiranya dapat mengganggu pekerjaan kamu agar Anda mengingatnya.

Anda dapat melakukan kegiatan tersebut ketika pekerjaan Anda sudah selesai. Pasalnya, kegiatan di luar kerjaan sudah dipastikan akan membuat Anda menunda pekerjaan.

Itulah beberapa tips kerja dirumah yang bisa Anda coba. Selain itu, jangan lupa untuk mengonsumsi makanan kaya akan nutrisi agar tubuh tetap terjaga kesehatannya dan juga minum 8 gelas air putih (2 liter) perhari agar tubuh terhidrasi dengan baik. Bila tubuh kekurangan cairan, konsentrasi dapat menurun dan yang pastinya mempengaruhi produktivitas kerja Anda dirumah.
Air minum berkualitas sendiri penting bagi tubuh agar mampu menjaga hidrasi tubuh dan konsentrasi selama bekerja dari rumah. Beberapa manfaat penting air putih selama WFH adalah menjaga daya fokus, mudah berkonsentrasi, berpikir dengan jernih dan tetap terjaga.

Kegiatan yang memacu daya pikir lebih berat juga akan membuat tubuh merasa cepat lelah. Seperti saat Anda bekerja dirumah, pastinya membutuhkan lebih banyak konsentrasi. Dengan mengkonsumsi air minum yang berkualitas, akan menggantikan cairan tubuh yang hilang pasca bekerja seharian dari rumah.

Untuk itu pilihlah AQUA sebagai sumber air minum Anda selama bekerja dirumah. Karena, hanya AQUA yang terpercaya selama 48 tahun dalam menghadirkan kesehatan dari tiap tetes air mineral gunung vulkanis. Selain segar, beragam kandungan mineral baik di dalam AQUA mampu menyehatkan organ tubuh. Mineral yang terkandung di dalam AQUA juga merupakan mineral yang terlindungi, karena AQUA melindungi ekosistem di sekitar sumber air dan sumber air itu sendiri. Hal yang dilakukan AQUA ini merupakan salah satu peran penting dari menghasilkan air minum berkualitas.

Jadi, sudahkah Anda minum AQUA hari ini?

 


Sumber:
https://glints.com/id/lowongan/tips-kerja-di-rumah/
https://gaya.tempo.co/read/1459184/work-from-home-10-tips-tetap-produktif-kerja-dari-rumah
https://www.sehataqua.co.id/peran-air-minum-berkualitas-dalam-mengembalikan-cairan-tubuh/