Logo AQUA

10 Tips Awet Muda Sederhana untuk Diterapkan Sehari-hari

Hidup Sehat | 08 Juli 2024

Bagikan:

10 Tips Awet Muda Sederhana untuk Diterapkan Sehari-hari

Merawat kulit untuk tampil awet muda tidak hanya bisa dilakukan dengan prosedur operasi namun juga mencakup berbagai hal atau aktivitas untuk menjaga kesehatan tubuh. Meskipun terlihat sederhana, cara agar awet muda yang dapat dilakukan sehari-hari dan konsisten dapat berdampak positif pada kondisi tubuh.

Tidak hanya kesehatan tubuh yang perlu dijaga, kebersihan wajah dan kondisi mental pun bisa berpengaruh pada penampilan Anda. Jika ingin terlihat fresh tanpa terpengaruh bertambahnya usia, simak dulu tips awet muda yang bisa Anda coba di bawah ini.

1. Merawat Kulit dari Luar

Jika ingin terlihat awet muda, langkah pertama yang bisa dilakukan adalah merawat kulit dari luar. Tips awet muda ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan jenis kulit masing-masing individu. Produk perawatan kulit boleh saja berbeda-beda, namun pastikan bahwa penggunaannya dapat membantu Anda membersihkan sisa-sisa kotoran pada kulit tanpa menimbulkan efek samping.

2. Mengonsumsi Makanan Bergizi

Tips awet muda tidak hanya meliputi perawatan dari luar namun juga dengan memperhatikan kesehatannya dari dalam tubuh. Agar kulit tetap terlihat segar dan cerah, pastikan untuk selalu mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang, termasuk buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan. Jangan lupa untuk menggunakan minyak sehat, contohnya minyak zaitun dan virgin coconut oil.

Selain makanan yang mengandung mineral, serat, dan vitamin, berbagai kandungan antioksidan, termasuk cokelat hitam dan buah dengan kandungan vitamin C tinggi, juga penting untuk dikonsumsi.

3. Berolahraga Secara Rutin

Kelenturan kulit akan berkurang secara alami seiring dengan bertambahnya usia. Pasalnya, produksi kolagen dan massa otot yang berkurang dapat memunculkan tanda-tanda penuaan. Untuk mencegahnya, Anda bisa berolahraga secara rutin sehingga jaringan otot baru dapat terbentuk dan pengenduran kulit menjadi terhambat.

Selain memperbaiki kondisi kulit, olahraga secara rutin dapat membantu menjaga kesehatan organ-organ dalam tubuh, seperti jantung, tulang, dan otak. Terlebih lagi, manfaat olahraga secara rutin bisa dirasakan ketika Anda menginjak usia senja. Dengan tubuh yang sehat, Anda dapat terhindar dari risiko penyakit usia senja, seperti gangguan jantung dan osteoporosis.

4. Menggunakan Tabir Surya

Salah satu perawatan agar awet muda yang bisa diterapkan dalam aktivitas sehari-hari adalah rajin melindungi kulit dari paparan sinar matahari dengan menggunakan tabir surya sebelum keluar rumah. Gunakan tabir surya (sunscreen) setiap hari, bahkan saat cuaca mendung atau dalam ruangan.

Dengan tabir surya, kulit tubuh dapat terlindungi dari sinar UVA dan UVB yang dapat mempercepat efek penuaan dini dan meningkatkan risiko kanker kulit. Untuk itu, gunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 agar kulit mendapatkan perlindungan optimal.

5. Mencuci Muka Dua Kali Sehari

Sebelum dan setelah beraktivitas di luar, pastikan untuk mencuci muka atau wajah. Tahap pembersihan kulit ini berlaku pada semua jenis kulit, baik untuk yang berminyak, kering, hingga berjerawat.

Agar kotoran di kulit wajah terbilas sempurna, pastikan untuk menggunakan sabun cuci wajah yang sesuai dengan jenis kulit. Cukup lakukan tips awet muda ini secukupnya, yaitu dua kali sehari. Terlalu sering mencuci muka justru dapat mengganggu keseimbangan bakteri baik pada permukaan kulit dan menghilangkan sebum (minyak alami) yang menjaga kulit.

Baca juga: 15+ Makanan yang Bagus untuk Kulit, Sehat dan Anti Kusam! 

6. Mengurangi Konsumsi Makanan Siap Saji

Tips awet muda yang cukup efektif untuk dicoba adalah mengurangi konsumsi makanan siap saji dan menambah gizi dengan mengatur pola makan sehat. Makanan siap saji cenderung mengandung kalori, gula, garam, dan lemak trans tinggi. Konsumsi yang berlebihan dapat menumpuk kolesterol dalam darah. Tidak hanya itu, kadar radikal bebas dalam tubuh pun dapat meningkat dan menyebabkan kerusakan pada sel kulit.

7. Berhenti Merokok dan Kurangi Minuman Keras

Secara garis besar, gaya hidup sehat merupakan tips awet muda yang paling bisa diandalkan. Selain memperbaiki pola makan, Anda perlu mengurangi kebiasaan-kebiasan yang dapat mengganggu kesehatan, seperti merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol.

Rokok dan minuman beralkohol dapat mengurangi produksi kolagen yang membuat kulit mudah kendur dan muncul keriput. Terlebih lagi, kebiasaan merokok dan minum minuman keras berlebihan dapat membuat aliran darah terganggu dan mengakibatkan kulit  kekurangan nutrisi.

8. Mengatasi Stres

Perawatan agar awet muda tidak hanya dimulai dari luar, namun juga dari dalam diri. Ketika diri Anda merasa tertekan akibat stres, maka sel-sel tubuh pun akan mengalami reaksi negatif. Saat stres, hormon kortisol yang diproduksi tubuh akan bertambah. Hal tersebut akan berujung pada kerusakan sel-sel yang memicu proses penuaan. Maka dari itu, upayakan untuk mengatasi stres melalui meditasi dan relaksasi agar terlihat awet muda.

9. Beristirahat Secukupnya

Hindari aktivitas berlebih dan pastikan tubuh mendapat cukup istirahat. Tubuh yang lelah membutuhkan istirahat cukup agar bisa kembali berfungsi dengan optimal di lain waktu. Waktu tidur yang baik adalah sekitar 7 hingga 9 jam setiap harinya. Untuk itu, cobalah tidur cantik di malam hari dengan mengatur jadwal yang konsisten setiap harinya. 

10. Mencukupi Kebutuhan Cairan dalam Tubuh

Tips awet muda yang tidak kalah pentingnya dari konsumsi makanan sehat adalah minum air sesuai dengan kebutuhan tubuh. Minum air tidak hanya mencegah dehidrasi, namun juga menjaga kebutuhan hidrasi kulit. Dengan begitu, kulit tidak mudah kering dan berkerut. Adapun konsumsi air yang disarankan setiap harinya adalah sebanyak 2 liter.

Itulah beberapa tips awet muda yang sederhana dan bisa diterapkan dalam aktivitas sehari-hari. Cukup mudah, bukan? Kebutuhan perawatan kulit dapat dipenuhi dengan memastikan gizi dari konsumsi makanan, waktu tidur cukup, kebiasaan membersihkan muka, hingga pengelolaan stres yang baik.

Salah satu cara agar awet muda adalah minum air sesuai dengan kebutuhan tubuh. Agar dapat mencukupi kebutuhan air tersebut, Anda bisa menyiapkan #AQUADULU.

AQUA mengandung mineral alami dan berasal dari 19 sumber pegunungan terpilih di Indonesia. AQUA terasa dingin alami sehingga bisa menyegarkan tenggorokan ketika Anda beraktivitas di siang hari. Keamanan AQUA terjamin karena diambil dari sumber pegunungan terdalam yang memiliki lapisan pelindung alami sehingga bebas dari pencemaran dan aman dikonsumsi.

AQUA produk asli Indonesia bersertifikat Halal, BPOM, dan SNI. AQUA 100% Indonesia, 100% Halal, dan 100% Murni. Jadi, mari minum AQUA DULU untuk memastikan kulit terhidrasi dengan baik.

Baca juga: 9 Cara Menghilangkan Kerutan di Wajah secara Alami, Efektif!

Referensi:

  1. 9 Cara Awet Muda yang Mudah untuk Dilakukan - Buka
  2. 8 Tips Awet Muda yang Sederhana dan Mudah Dilakukan - Buka
  3. Catat, Ini Tips Mudah Untuk Selalu Tampil Awet Muda - Buka
  4. 11 Tips Memiliki Wajah Awet Muda Tanpa Operasi - Buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Pesan AQUA, kami antar. Belanja sekarang!

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut .