Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.

Tips Berolahraga Di sela-sela Kesibukan Kerja Dari Rumah

Kebaikan AirHidup Sehat | 07 Desember 2020
Tips Berolahraga Di sela-sela Kesibukan Kerja Dari Rumah

Di masa pandemi ini sebagian perusahaan mewajibkan para karyawannya untuk kerja dirumah. Banyak masyarakat yang merasa perubahan baru ini membuat pekerjaannya menjadi lebih padat. Tidak heran banyak kegiatan tidak sempat dilakukan karena sibuknya pekerjaan tersebut contohnya waktu untuk berolahraga.

Mengatur jadwal olahraga secara rutin sangat penting dilakukan meskipun bekerja di rumah. Karena dengan berolahraga dapat menjadi solusi yang tepat dalam menyegarkan pikiran ataupun mampu mengubah suasana hati menjadi lebih baik.

Saat berolahraga, terjadi peningkatan produksi hormon endorfin yang mampu mengurangi rasa cemas dan stres, sehingga efeknya membuat Anda lebih rileks dan bahagia.

Berikut ini ada beberapa tips berolahraga selama bekerja dirumah yang bisa Anda coba.

1. Lakukan Durasi Pendek

Bagi Anda yang tidak memiliki waktu luang yang banyak karena padatnya jadwal kerja dirumah. Cobalah untuk memilih olahraga dengan durasi yang lebih pendek dari biasanya. Normalnya olahraga dilakukan mulai dari 1-2 jam per sesi. Anda dapat menggantinya dengan olahraga HIIT yang hanya memerlukan waktu 10-15 menit. Walaupun olahraga ini hanya memakan waktu sebentar tetapi tetap efektif kalau Anda lakukan setiap hari [2].

2. Goal 30 hari

Cobalah membuat target berolahraga rutin selama 30 hari. Contohnya, pada minggu pertama Anda dapat melakukan Full Body Workout. Pada minggu berikutnya ganti dengan leg day, lalu arm and chest, kemudian secara bergantian sampai dengan 30 hari. Setelah 30 hari dilewati. Anda akan lebih terbiasa mengatur jadwal tersebut [2].

3. Buat Menjadi Kebiasaan

Untuk Anda yang memiliki jadwal yang sangat padat. Mungkin setiap harinya Anda harus melaksanakan meeting meski bekerja di rumah. Anda dapat menentukan waktu-waktu tertentu untuk melakukan olahraga. Pilihlah hari yang cukup longgar contohnya. [2].

Selain berolahraga ada beberapa kegiatan sehari-hari yang ternyata efektif dapat membakar kalori. Anda tidak perlu takut lagi pekerjaan Anda akan berantakan selama bekerja di rumah karena kegiatan ini sering Anda lakukan setiap harinya.

4. Menyapu dan Mengepel Lantai

Kegiatan ini sangat sering dan rutin dilakukan untuk menjaga rumah agar selalu bersih. Walaupun kegiatan ini cukup melelahkan faktanya dengan menyapu dan mengepel lantai ternyata Anda dapat membakar sekitar 500-536 kalori. Untuk itu kegiatan ini sangat ampuh dijadikan sebagai pengganti olahraga [3].

5. Membersihkan Kamar Mandi

Meskipun terlihat sederhana kegiatan ini dapat membakar sekitar 180 kalori. Anda dapat menyikat lantai, kloset, hingga menguras air dalam bak mandi sebelum Anda mandi [3].

6. Mencuci Pakaian

Untuk Anda para wanita dan ibu rumah tangga yang juga bekerja. Tentu kegiatan ini rutin dilakukan. Perlu Anda ketahui, ternyata mencuci pakaian menggunakan tangan dapat membakar sekitar 280 kalori dalam sekali sesinya. Ditambah lagi dengan menjemur pakaian, mengangkat jemuran, melipat, menyetrika, dan memasukkannya ke dalam lemari juga membuat kalori Anda berkurang lebih banyak [3].

Setelah Anda mengetahui tips berolahraga dikala kesibukan bekerja di rumah beserta kegiatannya. Anda juga tidak boleh melupakan poin penting selama kegiatan berolahraga itu berlangsung. Yaitu mengkonsumsi air mineral. Mengapa demikian karena air mineral dibutuhkan siapa saja dalam berbagai kegiatan. Tubuh harus mengkonsumsi air dalam jumlah cukup. Hal ini diperlukan agar bisa meraih tingkat hidrasi yang baik. Peran air memang sangat penting. Oleh tubuh, air digunakan untuk melumasi otot dan sendi, mengatur suhu tubuh, membawa nutrisi, serta membuang kotoran dari sel-sel tubuh [4].

Untuk melengkapi jadwal padat Anda selama bekerja di rumah. AQUA dapat menjadi pilihan terbaik. Tersedia dalam kemasan praktis 600 ml, AQUA dapat menjadi patokan simpel dalam menjaga tingkat hidrasi tubuh. Oleh karena itu, tidak perlu ragu dalam memilih AQUA. Selain praktis dan ekonomis, AQUA merupakan perusahaan yang bertanggung jawab. Mereka pun mampu menjamin air mineral berkualitas tinggi yang akan didapat ketika meminum AQUA[4].

Air mineral AQUA yang alami berasal dari sumber air terpilih pegunungan di Indonesia, yang dipilih melalui 9 kriteria, 5 tahapan dan 1 tahun penelitian. AQUA selalu melindungi sumber airnya, sehingga kandungan mineral alaminya terjaga.

Jangan lupa sedia AQUA kapanpun Anda berada.

 

Referensi:

https://hellosehat.com/hidup-sehat/kebugaran/tips-mengatur-jadwal-olahraga/#gref
https://www.fimela.com/lifestyle-relationship/read/3490627/sibuk-kerja-3-cara-atur-waktu-buat-olahraga
https://doktersehat.com/5-kegiatan-di-rumah-sebagai-pengganti-olahraga-yang-terbukti-bisa-membakar-kalori/
https://www.sehataqua.co.id/aqua-gelas-air-mineral-berkualitas-yang-praktis-dan-ekonomis/