Tips diet sehat untuk pemula yang sederhana dan mudah diterapkan

Kebaikan AirHidup Sehat | 24 Maret 2022

Bagikan:

Tips diet sehat untuk pemula yang sederhana dan mudah diterapkan

Terkadang, terasa sulit ketika baru mau memulai diet sehat, seperti selalu ada tantangan setiap kali Anda memulai sesuatu yang baru. Namun, dengan cara yang bertahap Anda dapat memenuhi tujuan Anda menjalankan diet sehat.

Makanan yang dikonsumsi setiap hari memiliki efek besar pada kesehatan dan kualitas hidup seseorang. Banyak penelitian yang menghubungkan peningkatan risiko dari penyakit serius akibat pola makan yang buruk. Dengan mengikuti pola diet sehat yang baik, risiko kamu untuk menghindari penyakit serius tentu lebih rendah dibandingkan yang tidak melakukannya. Dengan penerapan diet yang baik diharapkan Anda dapat meningkatkan kesehatan tubuh Anda, mulai dari fungsi otak, hingga kinerja tubuh secara fisik dan mental.

Ada beberapa strategi yang telah terbukti secara saintifik dapat membantu menurunkan berat badan. Berikut tips diet alami yang bisa Anda perhatikan dan ikuti.

1. Makan perlahan

Jika perut lebih cepat kenyang, kita pun akan terhindar dari perilaku makan berlebih. Pernyataan tersebut berdasarkan Everyday Health, pekerja sosial klinis dan psikoterapis berlisensi dari New York City, Janet Zinn, makan perlahan memungkinkan kita untuk lebih menikmati makanan dan membuat kita lebih cepat kenyang [1].

Selain itu ada beberapa praktik mindful eating yang dipercaya juga dapat membantu Anda dalam menjalankan program diet sehat tersebut yaitu, makan di meja makan, menghindari distraksi seperti menonton televisi, dan memilih makanan padat nutrisi.

2. Konsumsi banyak serat

Cara berikutnya adalah menambahkan memasukkan banyak serat dalam menu makanan sehingga dapat meningkatkan rasa kenyang yang berpotensi membantu penurunan berat badan. Contoh makanan tinggi serat adalah gandum, oatmeal, buah dan sayur [2].

3. Imbangi dengan banyak bergerak

Mengonsumsi makanan sehat ketika diet tidak akan lengkap jika tidak diimbangi dengan rutin berolahraga. Beberapa orang masih banyak terbebani dengan olahraga berat padahal berolahraga tidak selalu seperti pergi gym, Anda bisa hanya dengan berjalan di pagi hari atau olahragaolahaga dirumah[1].

4. Mengonsumsi protein saat sarapan

Mungkin Anda termasuk orang yang masih percaya bahwa dengan melewatkan sarapan maka berat badan akan lebih cepat turun. Padahal, dengan tetap bersarapan justru nafsu makan Anda akan lebih terkontrol. Apalagi dengan mengonsumsi protein untuk sarapan.

Studi menemukan, efek hormonal dari konsumsi protein saat sarapan dapat berlangsung selama beberapa jam. Anda bisa mengonsumsi telur, gandum, selai kacang, sarden, dan biji chia sebagai menu sarapan yang sehat.

5. Istirahat yang cukup

Selain harus diimbangi dengan berolahraga, diet sehat juga tidak luput dengan tidur yang berkualitas. Hal iniKarena hal tersebut akan meningkatkan proses metabolisme pada tubuh. Saat proses metabolisme tak berjalan dengan baik, tubuh akan menyimpan energi yang tidak terpakai sebagai lemak.

Selain itu, kurang tidur juga dapat meningkatkan produksi insulin dan kortisol, yang mendorong penyimpanan lemak dan mempengaruhi hormon pengatur nafsu makan [2].

6. Hidrasi yang cukup

Menurut penasehat konselor gizi dan pendiri Nourished Bite, Megan Casper, RDN, penelitian membuktikan bahwa orang-orang yang minum dua gelas sebelum makan dapat menurunkan berat badan lebih banyak daripada yang tidak.

Minum sekitar 500ml air dapat meningkatkan pembakaran kalori hingga 24-30 persen. Minum air sebelum makan juga dapat membantu mengurangi asupan kalori [2].

Seperti yang sudah dijelaskan pada poin sebelumnya bahwa dalam diet sehat Anda juga harus memperhatikan kebutuhan cairan dalam tubuh. Penuhi kebutuhan cairan Anda dengan air mineral AQUA karena kesegarannya tetap terjaga, setiap tetes kemurniannya melalui lebih dari 400 parameter cek kualitas, dan dikemas langsung dari sumbernya. AQUA juga terpercaya lebih dari 48 tahun menghadirkan kebaikan air mineral pegunungan dari tiap tetes airnya.kesehatan dari tiap tetes air mineral gunung vulkanik.

AQUA juga memiliki Tiga Perlindungan, yaitu; melindungi ekosistem sumber airnya, menjaga kealamian mineralnya, serta diproses secara saksama untuk menjaga keasliannya sampai ke tangan Anda.
Memang selama menjalankan diet sehat ini akan terasa berat akan tetapi percayalah bahwa hasil tidak akan menghianati usaha.

 

Sumber:

  • 12 Tips Diet Alami, Cara Sehat Turunkan Berat Badan - buka
  • 11 Cara Diet Sehat, Sepele tapi Efektif - buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.