Tips Ramadhan

Tips Mudik: Persiapan Selama di Perjalanan

By Tips Ramadhan | May 15, 2019 No Comments
tips mudik

Mudik sudah menjadi bagian dari tradisi di Indonesia saat menjelang Hari Raya Idul Fitri. Selain untuk bersilaturahmi di hari yang fitri, libur lebaran merupakan salah satu libur terpanjang dalam satu tahun sehingga para pendatang di kota besar memanfaatkan waktu ini untuk pulang ke kampung halaman atau mengunjungi sanak saudara.

Merayakan momen spesial, artinya Anda perlu melakukan berbagai persiapan. Begitu juga dengan mudik lebaran yang memerlukan waktu lebih panjang berada di perjalanan karena  jalanan akan lebih padat dibandingkan dengan hari-hari biasa.

Memenuhi kebutuhan tubuh dengan makanan dan minuman tentu adalah hal utama yang harus diperhatikan untuk menjaga stamina selama di perjalanan hingga tiba di tempat tujuan. Tentu Anda juga ingin selalu sehat di acara berkumpul bersama sanak saudara dan keluarga, kan?

Ingat! Bukan hanya makanan dan makanan ringan yang Anda butuhkan selama perjalanan. Untuk lengkapnya, simak tips mudik mengenai bekal yang harus Anda persiapkan untuk dikonsumsi selama perjalanan dalam ulasan berikut ini:

1. Pilih bekal makanan yang tahan lama

Seperti yang kita tahu, perjalanan mudik akan menyita waktu yang cukup lama. Oleh karena itu ada baiknya jika Anda menyiapkan jenis makanan yang tahan lama, tidak mudah basi dan mudah untuk dikonsumsi pada saat perjalanan.

Biasanya, bekal yang awet dan mudah untuk disantap adalah makanan-makanan yang kering. Tempe, tahu, abon, sosis, dan nugget selain mudah untuk dikemas di dalam kotak bekal kedap udara, juga lebih tahan lama hingga sehari semalam. Sebaliknya, hindari makanan berkuah dan bersantan seperti nasi uduk, opor, atau rendang karena mudah basi dan membutuhkan usaha ekstra untuk menghangatkannya.

Selain makanan berat, cemilan bergizi seperti coklat, permen, biskuit, atau wafer juga perlu Anda siapkan. Hindari terlalu banyak makanan asin seperti potato chips karena mudah menimbulkan gas di perut yang mungkin akan mengganggu kesehatan perut selama perjalanan.

2. Kendalikan emosi dan perbanyak hiburan

Memilih mudik melalui jalur darat, butuh lebih banyak persiapan daripada jalur udara. Namun bukan berarti Anda yang mudik melalui jalur udara dapat mengabaikan berbagai persiapan. Padatnya ruang tunggu dan ramainya jalanan menuju airport juga patut untuk diperhitungkan.

Selain menyiapkan makanan dan minuman, emosi juga harus ditata selama perjalanan mudik. Terutama jika Anda turut serta membawa keluarga dalam perjalanan ini. Jangan sampai lamanya perjalanan membuat emosi Anda dan keluarga mudah tersulut.

Sebagai antisipasi, Anda bisa membawa bekal makanan dan minuman yang cukup, serta berbagai perlengkapan yang dibutuhkan agar perjalanan mudik tak terasa membosankan. Misalnya powerbank untuk Anda yang akan sibuk dengan gadget, dan mainan atau peralatan menggambar jika bepergian bersama anak.

3. Jaga kecukupan hidrasi dengan konsumsi air mineral

Jarak tempuh tujuan Anda dan lamanya waktu yang dibutuhkan selama mudik perlu diperhatikan seiring dengan tingkat hidrasi yang harus dipenuhi. Jika Anda sedang menjalankan ibadah puasa, mencukupi kebutuhan hidrasi tubuh saat puasa memang sedikit berbeda karena Anda tidak bisa begitu saja makan dan minum selama perjalanan. Padahal tubuh yang terdiri dari 50-70% air, membutuhkan asupan air mineral yang cukup.

Terlebih, air mineral memiliki manfaat penting bagi tubuh. Mulai dari memperlancar sistem pencernaan, memberikan booster agar lebih berenergi, mengurangi risiko penyakit, misalnya batu ginjal, dan masih banyak lagi. (1, 3, 4, 5)

Kuncinya, jaga kebutuhan air di dalam tubuh sesuai jumlah yang dianjurkan, yakni setidaknya 2 liter per hari atau setara dengan 8 gelas untuk orang dewasa sehat. Gunakan pola minum air mineral 2-4-2, yaitu minum 2 gelas saat berbuka puasa, 4 gelas sampai malam hari sebelum tidur, dan 2 gelas saat sahur.

Jika Anda melalui jalur darat yang biasanya memakan waktu lebih lama hingga lebih dari sehari semalam, kenali medan perjalanan. Salah satunya dengan mencari tahu titik posko mudik yang menyediakan air mineral seperti posko mudik AQUA.

Selain memiliki posko mudik yang menyediakan air mineral di berbagai jalur mudik, #HanyaAQUA air mineral berkualitas yang dapat memenuhi kebutuhan hidrasi Anda selama lebih dari 45 tahun murni langsung dari sumbernya. Kesegarannya tetap terjaga di setiap tetes kemurniannya melewati lebih dari 400 cek kualitas.

 

Referensi:

  1. https://www.alodokter.com/jangan-remehkan-manfaat-air-putih
  2. http://beautynesia.id/12968
  3. Zelman, K (2008). WebMD. 6 Reasons to Drink Water. 
  4. Laskey, J (2015). EverydayHealth. The Health Benefit of Water.
  5. Turk C., et al. (2017). EAU Guidelines on Urolithiasis.