10 Tips Traveling yang Aman dan Menyenangkan, Wajib Catat!

Hidup Sehat | 20 Juli 2022

Bagikan:

10 Tips Traveling yang Aman dan Menyenangkan, Wajib Catat!

Sudah tahu tips traveling yang aman dan nyaman belum? Yup, liburan biasanya menjadi salah satu cara menghilangkan stres dari rutinitas pekerjaan yang menjenuhkan.

Sehingga, Anda pasti mengharapkan perjalanan yang mampu memberikan pengalaman menyenangkan dan membuat pikiran semakin fresh.

Maka dari itu, penting untuk Anda mempersiapkan liburan tersebut secara matang, terutama bila Anda merencanakan solo traveling.

Nah, berikut ini terdapat sejumlah tips traveling yang aman dan nyaman agar perjalanan berlibur Anda tidak mengecewakan. Yuk simak!

Tips Traveling yang Aman agar Tidak Mengecewakan

Jika Anda merencanakan liburan dalam waktu dekat, ada berbagai hal yang patut Anda perhatikan agar perjalanan Anda dapat berjalan dengan lancar tanpa kendala.

Jangan sampai traveling Anda malah menjadi hal paling menyebalkan hanya karena kurangnya persiapan dan perencanaan.

Yuk langsung saja simak berbagai tips traveling yang aman di bawah ini!

1. Buat Daftar Barang Bawaan

Tips traveling yang pertama adalah membuat daftar barang bawaan. Ya, Anda wajib menuliskan hal-hal apa saja yang sekiranya akan dibutuhkan dan perlu dipersiapkan jauh-jauh hari.

Anda bisa merencanakan daftar ini sekitar satu minggu sebelum perjalanan, sehingga Anda pun tidak perlu tergesa-tesa menjelang keberangkatan sampai akhirnya melupakan sesuatu.

2. Susun Rencana Perjalanan

Selain barang barang, tips traveling berikutnya yang tak kalah penting adalah menyusun rencana perjalanan.

Jika Anda akan pergi berlibur ke suatu tempat baru yang belum pernah Anda kunjungi, cobalah buat jadwal dan rute perjalanan terlebih dahulu.

Anda bisa melakukan riset mengenai lokasi mana saja yang akan didatangi beserta detail rentang waktunya.

Dengan demikian, Anda pun tidak perlu membuang-buang waktu hanya untuk memutuskan kegiatan setiap hari, sehingga perjalanan Anda jauh lebih terarah dan efisien.

3. Pastikan Budget Liburan

Budget merupakan salah satu hal penting yang harus Anda perhitungkan sebaik mungkin ketika Anda merencanakan perjalanan selama beberapa hari.

Anda sebaiknya mempersiapkan anggaran selama berlibur dan memastikan Anda masih memiliki biaya mulai dari sebelum hingga sesudahnya.

Dengan menghitung budget, Anda pun bisa mengatur pengeluaran dengan bijak. Anda juga dapat mempersiapkan dana darurat untuk hal-hal tidak terduga.

4. Beli Asuransi Perjalanan

Tips traveling lainnya adalah membeli asuransi. Well, tidak ada salahnya memiliki asuransi perjalanan sebagai antisipasi terhadap keadaan darurat medis atau hal tak diinginkan lainnya.

Dengan asuransi perjalanan, Anda pun bisa pergi berlibur tanpa perlu mengkhawatirkan tagihan-tagihan bila semisal mengalami kejadian kurang menyenangkan seperti kecelakaan atau dirampok.

5. Bawa Fotokopi Berkas-Berkas Penting

Mempersiapkan syarat perjalanan seperti KTP, paspor, visa, kartu ATM, dan semacamnya merupakan sebuah keharusan.

Namun, salah satu hal yang kerap dilupakan ialah membawa salinan berkas-berkas tersebut di dalam tas terpisah.

Sehingga, jika sewaktu-waktu Anda kehilangan tas beserta perlengkapan berkas untuk perjalanan, Anda masih bisa menggunakan salinannya sebagai alternatif.

Jangan sampai setelah jauh-jauh pergi, Anda malah tidak bisa berjalan-jalan lantaran tak memiliki izin paspor, KTP, dan sebagainya.

Baca juga: Pentingnya Tetap Terhidrasi Setiap Hari, Terutama Saat Mudik

6. Rencanakan Pakaian

Tips traveling selanjutnya ialah merencanakan pakaian. Meski terdengar sepele, namun nyatanya hal ini bisa membantu perjalanan berlibur Anda jauh lebih efisien, lho.

Anda bisa mengemas pakaian dalam sejumlah set outfit, di mana masing-masingnya ditujukan untuk satu hari.

Sehingga, Anda pun tidak perlu repot-repot memikirkan harus memakai baju atau celana apa pada menit-menit terakhir. Hal ini juga akan membantu meminimalkan barang bawaan Anda.

Selain itu, Anda juga butuh menentukan pakaian yang dibawa sesuai dengan lokasi perjalanan Anda. Semisal, Anda pergi ke daerah dingin, maka pasti Anda perlu membawa baju hangat. Sebaliknya, apabila Anda pergi ke daerah panas, maka pakaian yang Anda bawa tentu akan menyesuaikan sehingga Anda tidak kegerahan saat berlibur.

7. Bawa Baterai Tambahan

Salah satu tips traveling yang tak boleh dilewatkan adalah membawa baterai tambahan, entah itu untuk kamera atau handphone Anda.

Anda sebaiknya membawa powerbank atau semacamnya sebagai antisipasi di tengah perjalanan. Jangan sampai saat sedang asyik berfoto, kamera atau hp Anda justru mati dan tak bisa digunakan.

8. Pelajari Beberapa Kata Asing

Jika Anda akan pergi ke luar negeri atau lokasi yang memiliki bahasa berbeda, cobalah tips traveling satu ini.

Tak harus fasih, Anda hanya perlu mempelajari sejumlah kata atau frasa dalam bahasa lokal terkait, seperti halo, maaf, terima kasih, permisi, atau meminta izin.

Hal ini bukan cuma sekadar untuk mempermudah komunikasi, tetapi juga akan meningkatkan pengalaman perjalanan Anda menjadi lebih menarik dan tak terlupakan.

9. Bangun Pagi Untuk Hindari Keramaian

Tips traveling lainnya adalah bangun pagi. Sering kali perjalanan jauh membuat Anda bermalas-malasan dan hanya ingin tidur di kamar penginapan karena suasananya begitu nyaman dan memanjakan.

Sehingga, Anda pun baru mulai berjalan keluar saat sudah siang atau sore hari. Akan tetapi, cobalah hindari kebiasaan ini.

Anda bisa awali perjalanan dari pagi untuk menghindari keramaian ataupun kemacetan. Pagi hari juga sangat bagus untuk diabadikan mengingat cahaya lembut matahari yang masih hangat dan menyegarkan.

10. Bawa Air Putih

Last but not least, tips traveling yang tak boleh terlupakan adalah membawa air putih kapanpun dan kemanapun Anda pergi.

Pasalnya, berjalan jauh akan cukup menguras tenaga dan membuat tubuh Anda dehidrasi akibat kehilangan lebih banyak cairan. Hal ini akan menjadikan tubuh kehilangan fokus dan kurang berenergi.

Anda tentu tidak ingin bila perjalanan berlibur Anda terhambat lantaran kesehatan dan kebugaran tubuh menurun, bukan?

Oleh karena itu, penting untuk tetap memastikan kebutuhan cairan tubuh terpenuhi dengan selalu mengonsumsi air putih sesering mungkin.

Nah, agar lebih mudah, Anda bisa membawa air minum terbaik seperti AQUA yang memiliki berbagai pilihan kemasan.

Salah satunya adalah jenis kemasan AQUA Click & Go 750ml dengan sports cap yang sangat traveling friendly karena mudah dibawa kemanapun.

Bukan cuma itu, AQUA juga merupakan air mineral berkualitas dengan berbagai kandungan bermanfaat dan baik bagi tubuh.

Sebab, air minum AQUA dikemas langsung dari sumber air pegunungan pilihan, lalu diproses melalui ratusan uji kualitas tanpa tersentuh tangan manusia.

Sehingga, setiap tetes kesegaran air mineral AQUA mampu memberikan manfaat terbaik bagi konsumen.

Itu dia berbagai tips traveling yang patut Anda coba. Jangan lupa untuk selalu jaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan bergizi dan istirahat cukup ya.

Akhir kata, semoga perjalanan berlibur Anda lancar tanpa kendala serta kembali dengan selamat.

Yuk, tetap jaga fokus Anda dengan minum #AQUADULU setiap hari!

Baca juga: 12 Tips Nonton Konser Musik Biar Seru, Pemula Wajib Tahu!

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Pesan AQUA, kami antar. Belanja sekarang!

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut .