13 Vitamin untuk Tubuh Agar Tetap Fit dan Dukung Imun Kuat

Hidup Sehat | 12 April 2022

Bagikan:

13 Vitamin untuk Tubuh Agar Tetap Fit dan Dukung Imun Kuat

Konsumsi aneka vitamin untuk tubuh agar tetap fit merupakan salah satu upaya meningkatkan imun, terutama di tengah masa pandemi seperti ini. Nah sebenarnya, Anda pun bisa mencukupi kebutuhan multivitamin tersebut melalui asupan makanan sehari-hari yang tentunya bergizi seimbang. Di samping itu, jangan lupa untuk mengkonsumsi AQUA minimal 2 liter per harinya.

Akan tetapi, apa sajakah jenis vitamin untuk tubuh agar tetap fit? Dan, dari makanan apa sajakah Anda bisa mendapatkannya? Yuk simak terus artikel berikut ini hingga akhir!

13 Vitamin untuk Tubuh Agar Tetap Fit

Setiap vitamin mempunyai manfaatnya masing-masing yang tentunya dapat Anda sesuaikan kebutuhan. Namun secara umum, cukupilah kebutuhan vitamin untuk tubuh agar tetap fit seperti [1]:

1. Vitamin A

Vitamin A memegan peran penting dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan sel. Oleh karena itu, vitamin A dianggap mampu membantu meningkatkan kesehatan kulit, rambut, kuku, gusi, kelenjar, tulang dan gigi, serta mencegah rabun senja sekaligus menekan risiko terkena kanker paru-paru.

Anda bisa mendapatkan vitamin A secara alami melalui aneka jenis makanan seperti ikan salmon, kuning telur, dan berbagai produk olahan susu.

2. Vitamin K

Tahukah Anda, tubuh ternyata tubuh membutuhkan asupan vitamin K bukan hanya demi mempertahankan kesehatan tulang, namun juga untuk mendorong proses pembekuan darah yang tepat. Itulah sebabnya, mulai sekarang, perbanyaklah konsumsi bayam, brokoli, sayuran berdaun hijau lainnya, dan hati guna mencukupi kebutuhan vitamin K Anda.

3. Vitamin C

Siapa yang tak mengenal sederet kebaikan vitamin C? Dikenal identik dengan kandungannya dalam buah jeruk, vitamin C adalah salah satu vitamin yang cukup esensial dan penting bagi tubuh Anda.

Nah, tubuh sendiri memerlukan vitamin C untuk memperkuat dinding pembuluh darah, mengoptimalkan penyembuhan luka, meningkatkan penyerapan zat besi, membantu mencegah aterosklerosis, mendukung sistem kekebalan, dan berfungsi sebagai antioksidan utama.

Daftar makanan yang bisa Anda konsumsi untuk memperoleh vitamin untuk tubuh agar tetap fit ini antara lain yaitu buah jeruk, jus, melon, beri, paprika, brokoli, dan kentang.

4. Vitamin B1

Tiamin atau vitamin B1 dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan sistem metabolisme yang sehat, membantu menjaga pencernaan agar dapat bekerja sebagaimana mestinya, dan mempertahankan fungsi saraf sekaligus nafsu makan.

Untuk mencukupi kebutuhan vitamin yang satu ini, perbanyaklah makan daging merah, kacang polong, kacang-kacangan, biji-bijian, sereal yang diperkaya dengan vitamin B1, dan juga biji-bijian.

5. Vitamin B2

Mirip dengan vitamin B1, vitamin B2 juga memiliki peran yang sangat penting untuk kelangsungan metabolisme energi dalam tubuh. Di samping itu, vitamin B12  juga bermanfaat guna membantu fungsi adrenal, mendukung penglihatan normal, dan menjaga kesehatan kulit.

Vitamin untuk tubuh agar tetap fit yang juga dapat disebut dengan riboflavin ini bisa Anda peroleh melalui biji-bijian, daging tanpa lemak, daging unggas, aneka produk olahan susu, sari kedelai, dan jamur.

6. Vitamin D

Sebagai salah satu vitamin untuk tubuh lemas yang cukup esensial, vitamin D dinilai bisa membantu memaksimalkan penyerapan kalsium sekaligus membangun serta memelihara tulang dan gigi agar semakin kuat.

Untuk mendapatkannya, Anda bisa minum susu, sari kedelai, mentega, kuning telur, ikan berlemak, dan minyak hati ikan. Anda juga bisa mengoptimalkan manfaat berjemur di pagi hari untuk mendukung produksi vitamin D secara alami.

Baca juga: 12 Sumber Makanan yang Mengandung Vitamin D Tinggi, Apa Saja?

7. Vitamin B3

Niasin atau vitamin B3 dimanfaatkan tubuh untuk meningkatkan proses metabolisme energi sekaligus mendorong pertumbuhan sel secara normal. Dalam dosis besar, vitamin B3 juga dapat membantu menurunkan kolesterol.

Beberapa makanan yang kaya akan vitamin B3 antara lain adalah: daging tanpa lemak, daging unggas, makanan laut, susu, telur, kacang-kacangan, serta roti dan sereal dengan tambahan kandungan vitamin B3.

8. Vitamin B5

Selanjutnya, ada vitamin B5 yang juga termasuk salah satu vitamin untuk tubuh agar tetap fit. Vitamin B5 atau asam pantotenat diperlukan tubuh guna melancarkan metabolisme energi dan membantu mengontrol kadar gula darah. Nah, untuk mendapatkannya sendiri relatif mudah, karena hampir semua makanan mengandung vitamin B5.

9. Vitamin B6

Piridoksin atau yang lebih dikenal sebagai vitamin B6 adalah salah satu jenis rekomendasi vitamin untuk tubuh lemas. Pasalnya, vitamin B6 dikenal mampu meningkatkan metabolisme protein, metabolisme karbohidrat, dan pelepasan energi.

Di samping itu, vitamin B6 juga memainkan peran penting dalam mempertahankan fungsi saraf yang tepat dan sintesis sel darah merah. Deretan makanan yang mengandung vitamin B6 antara lain yaitu daging, ikan, unggas, biji-bijian, sereal, pisang, sayuran berdaun hijau, kentang, dan kedelai.

10. Vitamin B7

Vitamin B7 atau juga dikenal sebagai biotin juga termasuk salah satu vitamin esensial yang memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan metabolisme. Anda bisa mencukupi kebutuhan vitamin untuk tubuh agar tetap fit ini melalui konsumsi makanan seperti kuning telur, kedelai, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

11. Vitamin B9

Populer dengan sebutan asam folat, vitamin B9 merupakan salah satu kandungan yang sangat penting dan dibutuhkan, terutama bagi wanita hamil karena membantu mencegah risiko cacat lahir [2]. Selain itu, vitamin B9 juga diperlukan tubuh untuk membuat DNA, RNA, sel darah merah, dan mensintesis asam amino tertentu.

Tingkatkan konsumsi hati, sayuran berdaun hijau, asparagus, jus jeruk, alpukat, dan kacang-kacangan untuk dapat mencukupi kebutuhan vitamin B9 sehari-hari.

12. Vitamin E

Vitamin untuk tubuh agar tetap fit selanjutnya yaitu vitamin E yang mampu melindungi asam lemak, memelihara otot, menjaga kadar sel darah merah, dan berfungsi sebagai antioksidan guna menjaga daya tahan tubuh sekaligus mempertahankan kondisi kulit agar tidak kering dan senantiasa sehat.

Untuk mendapatkannya, cobalah perbanyak makan makanan seperti telur, minyak sayur, margarin, mayones, kacang-kacangan, biji-bijian, sereal yang diperkaya dengan vitamin E.

Baca juga: 14 Makanan Penambah Imun Tubuh untuk Jaga Kesehatan

13.Vitamin B12

Terakhir, vitamin untuk tubuh agar tetap fit yang juga Anda butuhkan yaitu cobalamin atau vitamin B12. Mengapa Anda membutuhkannya? Perlu diketahui, vitamin B12 digunakan tubuh untuk membuat sel darah merah, DNA, RNA, dan mielin untuk serabut saraf [2].

Untuk mendapatkannya sendiri cukup mudah mengingat hampir semua produk hewani mengandung vitamin B12.

Itulah 13 vitamin untuk tubuh agar tetap fit yang bisa Anda dapatkan lewat makanan sehari-hari. Intinya, jangan lupa cukupi kebutuhan setiap vitamin agar imunitas senantiasa terjaga. Pastikan juga untuk selalu minum #AQUADULU dalam jumlah cukup guna mendukung aktivitas sehari-hari, ya.

Di samping itu, minum air putih yang cukup juga dapat membantu tubuh dalam menyerap kandungan nutrisi dan vitamin. Perlu diketahui, air berperan penting dalam memisahkan vitamin, mineral, dan nutrisi lain dari makanan yang kita konsumsi untuk kemudian dikirimkan ke seluruh tubuh. Jadi, sudah minum AQUA hari ini?

Referensi:

  1. 13 Essential Vitamins Your Body Needs to Stay Healthy - Buka
  2. According to Nutritionists, These Are the 7 Ingredients Your Multivitamin Should Have - Buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.